Kabar TrenggalekKabar Trenggalek

Press ESC to close

7 Cara Sederhana Mencegah Diabetes, Mulai Periksa Darah Secara Rutin

Diabetes adalah salah satu penyakit berbahaya, bahkan penyakit ini bisa menular pada keturunan. Meski tidak menular secara langsung seperti kontak fisik dan memakai busana yang sama.

Namun bagi Anda yang memiliki keluarga dengan riwayat diabetes tidak perlu khawatir. Karena, ada 7 cara sederhana mencegah diabetes. Dengan mengetahuinya, Anda bisa segera mempraktekkan agar memiliki hidup sehat dan terhindar dari penyakit ini.

Perlu diketahui, melansir laman Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, diabetes dibedakan menjadi dua jenis, yaitu diabetes tipe 1 dan tipe 2. Diabetes tipe 1 terjadi ketika tubuh tidak mampu memproduksi insulin dalam jumlah yang cukup, sehingga glukosa atau gula yang dikonsumsi tidak dapat diolah.

Sementara, diabetes tipe 2 adalah kondisi saat tubuh tidak dapat menggunakan insulin sebagaimana mestinya. Di luar itu, diabetes juga dapat terjadi di masa kehamilan atau diabetes gestasional.

Kedua tipe diabetes ini menyebabkan kadar gula darah tinggi. Jika dibiarkan saja gula darah jadi tak terkontrol menimbulkan penyakit komplikasi berbahaya. Seperti serangan jantung dan stroke, infeksi kaki yang berat (menyebabkan gangren, dapat mengakibatkan amputasi) atau kaki diabetes, gagal ginjal stadium akhir dan disfungsi seksual.

7 Cara Sederhana Mencegah Diabetes

Adapun cara sederhana mencegah penyakit diabetes sebagai berikut:

1. Periksakan Gula Darah Secara Rutin

Pemeriksaan gula darah secara teratur diperlukan untuk pemantauan diabetes, apalagi jika berisiko tinggi. Tes gula darah harus dilakukan setiap tahun, atau lebih sering jika memiliki faktor risiko seperti usia, riwayat keluarga, obesitas, penyakit jantung, atau stroke.

2. Menjaga Berat Badan

Menjaga berat badan yang ideal adalah salah satu cara sederhana untuk mencegah diabetes. Karena obesitas, kelebihan berat badan, yang menjadi salah satu penyebab utama diabetes.

Hal ini disebabkan obesitas dapat mengganggu metabolisme tubuh dan menghambat respons insulin oleh sel-sel tubuh. Akibatnya, tubuh dapat menjadi kurang sensitif terhadap insulin, yang pada akhirnya dapat berujung pada resistensi insulin dan diabetes.

Hasil uji klinis yang dilakukan oleh National Institutes of Health (NIH) juga merekomendasikan hal ini sebagai tindakan pencegahan diabetes. Menurunkan berat badan dapat mengurangi risiko diabetes hingga 58 persen.

3. Menerapkan Pola Makan yang Sehat

Mengkonsumsi Banyak orang terbiasa mengonsumsi makanan cepat saji yang tinggi lemak dan gula. Namun, untuk mencegah diabetes, diperlukan perubahan dalam pilihan makanan.

Untuk mencegah diabetes, pastikan bahwa makanan Anda kaya akan nutrisi yang seimbang, termasuk karbohidrat, protein, serat, lemak sehat, serta vitamin dan mineral. Diperlukan penghindaran terhadap jenis makanan tertentu dan peningkatan konsumsi makanan yang sehat.

Makanan yang Perlu Dihindari:

  • Makanan tinggi lemak jenuh seperti susu berlemak, keju, es krim, sosis, nugget, kue, dan gorengan.
  • Makanan dan minuman kemasan.
  • Makanan tinggi natrium seperti garam, bumbu instan, dan mi instan.
  • Makanan tinggi karbohidrat sederhana seperti permen, kue kering, minuman manis, dan jajanan manis (martabak).

Makanan yang Baik untuk Kesehatan:

  • Karbohidrat kompleks seperti nasi merah, buah, sayur, dan biji-bijian.
  • Makanan tinggi serat seperti kacang merah, kacang polong, buah, dan sayur.
  • Sumber lemak baik seperti ikan tanpa kulit dan tidak digoreng, alpukat, zaitun, dan kacang almond.

4. Mengatur Porsi Makan

Langkah pencegahan diabetes selanjutnya adalah mengatur ukuran porsi makan sehari-hari, terutama jika Anda gemar makan dalam porsi besar. Mengonsumsi makanan dalam jumlah berlebih dapat meningkatkan asupan kalori dan berisiko meningkatkan berat badan serta risiko diabetes.

Menggunakan piring yang lebih kecil dapat membantu mengurangi porsi makan tanpa disadari. Lebih baik makan dalam porsi kecil namun sering daripada dalam jumlah besar sekaligus.

5. Berolahraga Secara Teratur

Aktivitas fisik termasuk olahraga yang dapat mengendalikan gula darah, yang dilakukan secara teratur, adalah cara efektif untuk mencegah diabetes.

Aktivitas olahraga membantu membakar kalori, mengubah glukosa menjadi cadangan energi di otot, dan meningkatkan sensitivitas tubuh terhadap insulin, yang dapat mengurangi risiko resistensi insulin. Untuk pencegahan diabetes, luangkan minimal 30 menit setiap hari untuk berolahraga.

6. Berhenti Merokok

Berhenti merokok juga dapat membantu mencegah diabetes, terutama diabetes tipe 2, yang lebih umum dialami oleh perokok. Nikotin dalam rokok dapat merusak sel pankreas yang menghasilkan insulin, meningkatkan risiko diabetes.

7. Minum Air Putih Cukup dan Kelola Stres

Minum air putih secara teratur membantu mengontrol gula darah dan insulin, mengurangi risiko diabetes. Hindari minuman manis seperti soda, sirup, dan minuman tinggi gula. Studi menunjukkan bahwa mengonsumsi minuman manis tinggi gula dapat meningkatkan risiko diabetes sebesar 20%.

Selain itu, stres tinggi dapat memicu produksi hormon stres yang berhubungan dengan resistensi insulin. Untuk mencegah diabetes, penting untuk mengelola stres dengan istirahat yang cukup, aktivitas yang menyenangkan, dan interaksi sosial.

Terima kasih sudah membaca artikel di Kabar Trenggalek. Semoga ulasan tentang "7 Cara Sederhana Mencegah Diabetes" ini bisa bermanfaat untuk Anda semua.

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi ditandai dengan *