BerandaGaya HidupManfaat Buah Manggis untuk Kesehatan Tubuh, Bisa Menurunkan Berat Badan

Manfaat Buah Manggis untuk Kesehatan Tubuh, Bisa Menurunkan Berat Badan

Terbit:

advertisement

Kabar Trenggalek Manfaat buah manggis untuk kesehatan tubuh, ternyata sangat beragam. Buah manggis ini bisa ditemukan di Trenggalek tepatnya di seputaran Kecamatan Watulimo, dan Munjungan.

Buah manggis bisa tumbuh di Asia, seperti Negara Malaysia, Indonesia, dan India. Jenis buah dengan nama latin Garcinia mangostana ini memiliki rasa manis dan asam yang khas, sehingga disukai dan cukup populer di kalangan masyarakat.

advertisement

Buah manggis memiliki ragam manfaat untuk kesehatan tubuh, salah satunya dapat menurunkan berat badan.

Kandungan Gizi Dari Buah Manggis

Beberapa tahun belakangan, manfaat kulit buah manggis menjadi populer karena penggunaannya sebagai obat herbal.
Tak hanya kulit manggis, seluruh bagian dari buah manggis juga mengandung nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh Anda.

Dilansir dari Data Komposisi Pangan Indonesia, Kandungan gizi atau nutrisi dari 100 gram buah manggis mentah adalah:

  • Air: 83 gram
  • Energi : 63 kal
  • Protein: 0,6 gram
  • Lemak: 0,6 gram
  • Karbohidrat: 15,6 gram
  • Serat: 1,5 gram
  • Abu: 0,2 gram
  • Kalsium: 8 mg
  • Fosfor: 12 mg
  • Zat besi: 0,8 mg
  • Natrium: 10 mg
  • Kalium: 61,9 mg
  • Tembaga: 0,10 mg
  • Seng: 0,1 mg
  • Vitamin B1: 0,03 mg
  • Vitamin B2: 0,03 mg
  • Niasin: 0,3 mg
  • Vitamin C: 5 mg
advertisement

Selain vitamin, mineral, dan nutrisi lainnya, buah manggis juga mengandung xanthones, yaitu senyawa bioaktif dalam tanaman yang memiliki sifat antioksidan.

Adapun salah satu jenis senyawa xanthones yang tersimpan di dalam buah manggis adalah gartanin.

Selain efek antioksidan, senyawa gartanin ini juga memiliki efek antiinflamasi, antijamur, dan bahkan antikanker yang kuat.

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat buah manggis lainnya untuk menjaga kesehatan jantung. Hal ini dibuktikan melalui beberapa penelitian yang dilakukan pada hewan. Salah satunya adalah penelitian yang dipublikasikan di jurnal BMC complementary and alternative medicine pada 2016.

advertisement

Menurut penelitian tersebut, polifenol pada buah manggis dapat menurunkan kadar trigliserida dan kolesterol jahat serta meningkatkan kolesterol baik pada tikus. Oleh karena itu, buah ini diyakini bisa mengurangi risiko penyakit jantung. Meski demikian, dibutuhkan penelitian lanjutan untuk membuktikannya pada manusia.

2. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Buah manggis adalah salah satu makanan tinggi serat yang perlu Anda konsumsi. Pasalnya, dengan mengonsumsi serat, kesehatan pencernaan Anda akan terjaga dan Anda pun terhindar dari berbagai penyakit di sistem pencernaan.

Institute of Medicine (IOM) merekomendasikan, sebaiknya Anda mengonsumsi sekitar 19-38 gram serat per hari untuk dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan. Selain dari manggis, Anda juga bisa memenuhi kebutuhan serat dari makanan lainnya, seperti sayuran.

3. Menjaga Kesehatan Kulit

Tak hanya melawan penyakit, efek antioksidan dan antibakteri pada buah manggis juga dapat membantu menjaga kesehatan kulit. Hal ini dibuktikan melalui sebuah penelitian kecil yang dipublikasikan di journal of clinical biochemistry and nutrition.

Penelitian tersebut menemukan fakta bahwa, seseorang yang mengonsumsi ekstrak manggis 100 mg setiap hari memiliki elastisitas kulit yang lebih baik. Ia juga mengalami pengurangan senyawa yang menyebabkan penuaan kulit setelah mengonsumsi ekstrak buah tersebut.

4. Mencegah Penyakit Kanker

Selain khasiat-khasiat di atas, manfaat buah manggis lainnya adalah untuk mencegah penyakit kanker. Pasalnya, senyawa xanthones dalam buah manggis diyakini memiliki sifat antikanker, antioksidan, dan antiinflamasi yang dapat membantu melawan perkembangan dan penyebaran sel kanker.

Meski telah dilakukan sejumlah penelitian mengenai khasiat buah manggis ini, tetapi hasilnya pada manusia masih sangat terbatas. Oleh karena itu, dibutuhkan penelitian lebih lanjut mengenai efek buah manggis sebagai pencegah kanker pada manusia.

5. Membantu Menurunkan Berat Badan

Manfaat yang paling terkenal dari buah manggis adalah membantu menurunkan berat badan. Studi yang dipublikasikan di Journal of medicinal food pada 2016 menemukan bahwa, tikus yang mengonsumsi ekstrak manggis mengalami penurunan berat badan secara signifikan dibandingkan yang tidak mengonsumsinya.

Namun, penelitian sebelumnya pada manusia juga menyebutkan, orang yang mengonsumsi 90-270 ml jus manggis dua kali sehari cenderung memiliki indeks massa tubuh (BMI) yang lebih rendah. Para peneliti meyakini efek antiinflamasi dari senyawa xanthone mampu mengurangi peradangan pada individu yang mengalami kelebihan berat badan, sehingga manfaat ini bisa muncul.

Hal-hal yang Harus Diperhatikan saat Mengonsumsi Buah Manggis

Buah manggis termasuk buah mudah didapatkan di Indonesia. Oleh karena itu, Anda bisa memperoleh manfaat buah manggis di atas dengan mengonsumsi buahnya langsung. Selain itu, buah ini pun dinilai aman untuk dikonsumsi oleh siapapun. Oleh karena itu buah manggis juga baik dikonsumsi ibu hamil dan menyusui.

Namun, sebaiknya Anda menghindari konsumsi buah manggis dalam bentuk jus atau kalengan, terutama bila Anda menderita diabetes. Pasalnya, buah manggis dalam bentuk tersebut mengandung gula tambahan yang justru tak baik bagi kondisi Anda.

Selain itu, mengonsumsi buah manggis untuk mengobati penyakit tetap berhati-hati. Sebaiknya tanyakan langsung pada dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat atas kondisi Anda. Sebaiknya bertanya pada dokter apakah mengonsumsi buah manggis ini boleh dilakukan sebagai pengobatan tambahan.

advertisement

Berita Baru

Mengenang Perjuangan Rakyat Bersenjata dalam Peringatan HUT Ke-77 TNI di Trenggalek

Kabar Trenggalek - Kodim 0806 Trenggalek bersama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Trenggalek dan pihak...

Spoiler One Piece 1062: Petualangan di Pulau Ilmu Pengetahuan

Kabar Trenggalek - Setelah pada chapter 1061 yang terbit dua pekan yang lalu kita...

Ketua PCNU Trenggalek Tutup Usia, Mas Ipin: Tokoh yang Dicintai Masyarakat 

Kabar Trenggalek - Masyarakat Trenggalek dilanda duka atas wafatnya Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama...

Viral Hari ini

Hari Jadi Trenggalek ke-828, Bupati Napak Tilas Perjalanan Sejarah

Kabar Trenggalek - Hari Jadi Trenggalek Ke-828 Bumi Menak Sopal diwarnai dengan beberapa agenda...

Berita Terkait