Kabar TrenggalekKabar Trenggalek

Press ESC to close

9 Tips Diet Sehat Turunkan Berat Badan, Tidak Asal Kurangi Makan

Berat badan yang berlebih terkadang membuat tidak nyaman. Karena busa menghambat aktivitas fisik dan mengurangi penampilan. Sehingga perlu melakukan diet untuk menurunkan berat badan.

Biasanya, masyarakat umum tahunya diet dengan asal mengurangi porsi makan dan berolahraga. Cara itu tidak salah, tapi ada tips diet sehat yang aman dan bisa menurunkan berat badan secara optimal.

Diet yang sehat tidak hanya menurunkan berat badan secara optimal. Melainkan tetap memperhatikan kenyamanan dan kesehatan tubuh. Karena tak sedikit orang yang sakit karena diet berlebihan.

Contoh diet berlebihan itu salah satu contohnya berhenti mengkonsumsi daging merah dan produk turunannya. Karena tubuh masih memerlukan asupan protein dari daging. Sekalipun bisa diganti dengan kacang-kacangan.

Selain itu, diet yang berlebihan juga kurang menyenangkan. Sehingga bisa menurunkan semangat untuk diet dan tidak bisa konsisten. Alhasil badan ideal yang diidam-idamkan tak kunjung terealisasi.

Tips Diet Sehat

Sebelumnya, untuk diet Anda bisa terlebih dahulu mengukur indeks massa tubuh atau Body Mass Index (BMI). Untuk mengukurnya, Anda bisa menggunakan aplikasi yang bisa diunduh di ponsel pintar.

Secara umum, pengukuran BMI ini menggunakan perbandingan berat badan, tinggi badan, dan usia. Anda akan diberi tahu apakah sudah terlalu gendut atau terlalu kurus.

Sehingga bisa dijadikan tolok ukur dan pertimbangan menggunakan metode diet yang mana. Sekaligus berapa target berat badan yang hendak dicapai.

Ada beragam diet yang sehat dan aman untuk menurunkan berat badan. Dengan mengutip laman Rumah Sakit Siloam, berikut tips diet sehat untuk menurunkan berat badan.

1. Rutin Minum Air Putih

Minum air putih secara rutin adalah tips diet sehat yang pertama. Dengan melakukan itu, pembakaran lemak dalam tubuh bisa optimal dan seiring waktu berat badan bisa turun.

Selain itu, selama diet juga perlu memenuhi cairan dalam tubuh untuk menghindari dehidrasi. Setidaknya, Anda mengkonsumsi air putih dua liter sehari. Tapi, bagi beberapa orang bisa lebih dua liter. Tergantung kebutuhan dan kondisi masing-masing.

2. Makan Secukupnya dan Teratur

Kemudian untuk menurunkan berat badan yang sehat Anda juga bisa dilakukan dengan makan secukupnya dan teratur. Tidak ada salahnya untuk makan sebanyak 3 atau 5 kali sehari.

Akan tetapi, yang perlu dipertimbangkan adalah membuat metabolisme tubuh tetap seimbang. Makanlah sesuai kebutuhan kalori harian. Untuk wanita dewasa sekitar 1.600 kalori hingga 2.400 kalori. Sedangkan untuk pria dewasa antara 2.200 hingga 3.200 kalori perhari.

3. Rajin Konsumsi Serat

Cara yang selanjutnya adalah dengan rutin mengkonsumsi serat. Makanan berserat tinggi dapat membantu menyerap gizi lebih baik. Serta memperlambat proses pencernaan sehingga perut tidak cepat kosong.

Untuk mendapatkan asupan serat, Anda bisa mendapatkan dari berbagai buah-buahan, sayuran, sereal gandum, dan biji-bijian seperti kacang.

4. Sarapan Pagi

Sarapan pagi merupakan langkah awal yang penting dalam menjalankan diet yang sehat. Pastikan untuk memilih makanan yang bergizi dan seimbang, seperti roti gandum, telur, dan nasi merah yang kaya akan protein dan karbohidrat kompleks.

Sarapan pagi dapat membantu mengontrol nafsu makan di siang hari dan memastikan Anda tidak merasa lapar berlebihan sehingga dapat mengambil porsi makan siang secukupnya. Porsi sarapan yang ideal adalah 1/4 porsi untuk karbohidrat, 1/4 porsi untuk lauk, dan 1/2 porsi untuk buah dan sayuran.

5. Konsumsi Buah dan Sayuran

Buah-buahan dan sayuran sangat penting dalam diet untuk menurunkan berat badan karena kandungan seratnya yang tinggi.

Konsumsi buah dan sayur dapat menjadi penyeimbang dalam diet karena cenderung lebih mengenyangkan dan memiliki jumlah kalori yang lebih rendah dibandingkan dengan nasi, tepung, dan daging.

6. Hindari Stress Eating dan Mulai Membuat Catatan Diet

Hindari kebiasaan stress eating saat menjalani program diet untuk menurunkan berat badan. Kerap kali, individu yang menjalani diet merasa frustasi apabila hasil tidak sesuai dengan harapan. Untuk itu, hindari kebiasaan stress eating agar program diet dapat berjalan dengan sukses.

Kemudian, membuat catatan diet sangat penting dalam aktivitas diet untuk menurunkan berat badan. Seperti buku harian, tulislah apa saja yang dikonsumsi setiap harinya untuk mengawasi progres penurunan berat badan.

7. Pilih Makanan yang Cocok

Pilih menu diet yang tidak membosankan dan sesuai selera Anda. Carilah makanan yang cocok dengan lidah Anda agar proses penurunan berat badan tidak menjadi suatu beban. Dengan begitu, perasaan frustasi atau stres di tengah program diet dapat dihindari. Dampingi program diet Anda dengan olahraga untuk hasil yang lebih optimal.

8. Imbangi Olahraga

Selain menjaga pola makan, Anda juga perlu mengimbanginya dengan olahraga. Hal ini berguna untuk menjaga metabolisme tubuh. Serta membuat tubuh semakin kuat secara fisik.

Anda bisa melakukan olahraga yang ringan. Tak perlu risau memikirkan olahraga yang berat-berat. Bahkan, jika tidak punya waktu olahraga, Anda bisa melakukannya dengan aktivitas fisik. Misalnya berjalan kaki ke tempat kerja yang tidak terlalu jauh.

9. Tidur Cukup

Lalu, tidur yang berkualitas dapat membantu mengatur nafsu makan seseorang. Kadar neurotransmitter bernama ghrelin dan leptin, yang bertanggung jawab dalam memberikan sinyal asupan kalori dalam tubuh, akan lebih terkendali jika seseorang tidur cukup.

Dengan kadar kedua neurotransmitter yang seimbang, seseorang dapat mengurangi bahkan menghilangkan keinginan untuk makan di malam hari.

Demikian tips diet sehat yang aman dan nyaman untuk menurunkan berat badan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca.

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi ditandai dengan *