Berita Terkait

Inilah Resep Sate Kambing untuk Cheating Day Diet Anda

Kemarin Kabar Trenggalek telah membagikan pengolahan dan resep masak daging panggang rendah kalori. Nah, kali ini kami akan membagikan resep makanan yang ada lemak-lemaknya dan cocok untuk cheating day diet Anda. Apa lagi kalau bukan resep sate kambing.

Daripada bingung daging kurban nanti mau dimasak apa, mending disatein saja. Selain mudah dan praktis tak perlu menggunakan santan dan masaknya pun relatif mudah. Berikut cara membuatnya.

- Advertisement -

Persiapkan daging kambing yang akan Anda sate dan jangan lupa untuk dibersihkan dulu. Berat dagingnya bisa menyesuaikan kebutuhan Anda.

Lalu, siapkan bumbu kacang siap pakai yang biasanya Anda beli dari pasar, atau bisa anda buat sendiri dengan mengulek kacang goreng, gula merah, kencur dan sedikit garam untuk perasa.

Bahan selanjutnya, yaitu 2 buah jeruk nipis, 3 butir kemiri, 3 siung bawang merah, 3 siung bawang putih, 1 sendok teh merica merica (bisa bubuk, bisa yang masih utuh), 1 sendok teh ketumbar, garam secukupnya, gula gula secukupnya, 1 botol kecap manis, dan margarin. Dan jangan lupa tusuk satenya.

- Advertisement -

Langkah pertama, potong daging kecil-kecil sesuai selera, kemudian lumuri dengan perasan jeruk nipis dan biarkan 10 menit.

Sembari menunggu dagingnya, siapkan bumbu olesnya. Ulek bawang putih, bawang merah, kemiri, merica butir dan ketumbar. Kemudian tumis sampai mengeluarkan aroma harum, setelah itu tiriskan dari minyak.

Selanjutnya, campurkan hasil tumisan dengan kecap manis secukupnya, saos tiram secukupnya, garam secukupnya, kaldu bubuk dan gula secukupnya. Aduk sampai merata.

Anda bisa memasaknya di atas arang atau teplon. Namun jika menggunakan teplon oleskan margarin terlebih dahulu.

Daging yang sudah Anda rendam tadi angkat dan tiriskan kemudian tusuk dengan tusuk sate. Bakar tanpa bumbu terlebih dahulu sekitar 20 detik, kemudian angkat dan olesi dengan bumbu yang sudah Anda siapkan. Lakukan proses pembumbuan sebanyak dua kali untuk hasil yang lebih mantap. Membakarnya jangan sampai hangus.

Setelah matang, sajikan dengan bumbu kacang ditambah irisan daun jeruk dan bawang merah. Bagi Anda yang suka pedas bisa ditambahkan dengan irisan cabe rawit. Selamat mencoba.

- Advertisement -

Berita Baru

sponsor