TRENDING

Gejala PMK, Enam Sapi Warga Trenggalek Masuk Uji Laboratorium

Terbit:

Kabar Trenggalek Terindikasi gejala Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) sebanyak enam sapi warga Trenggalek diambil sampel untuk uji laboratorium, Kamis (02/06/2022).

Pelaksana tugas (plt) Kepala Dinas Peternakan (Disnak) Nur Kholik, mengatakan bahwa laboratorium itu dari BBVet Yogyakarta.

advertisement

“Sampel sudah masuk sejal 30 Mei yang lalu, ada dua kecamatan yaitu pule dan karangan yang kami sampel untuk uji lab,” katanya.

Saat ini, Disnak Trenggalek masih menunggu hasil uji laboratorium yang menurutnya akan keluar hari ini (02/06/2022) sore nanti.

“Keluar nanti sore, apapun hasilnya kami harus waspada tentang gejala sapi yang terindikasi PMK,” ungkapnya.

Sebanyak 11 sapi yang terindikasi gejala PMK tersebut dari 5 pedagang asal Trenggalek, yang tersebar di 4 Kecamatan. Yaitu, Desa Krandegan, Kecamatan Gandusari.

Kemudian, gejala PMK juga ditemukan di Desa Kedunglurah (Kecamatan Pogalan), Desa Tanggaran (Kecamatan Pule), dan Desa Ngepeh (Kecamatan Tugu).

Usai menemukan 11 ekor sapi gejala PMK itu, Kholik menegaskan bahwa langsung menurunkan timnya untuk memberikan tindakan dini.

ā€œLangsung kami berikan tindakan dini, dengan mendatangi kandangnya dan memberikan antibiotik pada sapi yang terindikasi PMK itu,ā€ katanya.

advertisement

Kholik menyebutkan, proses penemuan gejala PMK itu berlandaskan Surat Edaran Menteri Pertanian Republik Indonesia Nomor 01/SE/PK.300/M/5/2022 tentang Pengendalian dan Penanggulangan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada Ternak.

advertisement

TERBARU

SIM Bentuknya Kartu tapi Disebut Surat, KK Bentuknya Surat tapi Disebut Kartu, Kenapa Bisa Gitu?

Kabar Trenggalek - Bukan karena kurang kerjaan, tetapi bagi kita sebagai masyarakat yang teliti,...

Pemilu 2024, PKS dan NasDem Pasang Badan Soal Dapil Trenggalek Berubah

Kabar Trenggalek - Perhelatan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 mendatang sudah mendapat perhatian dari partai...

7 Bunga yang Mengeluarkan Aroma Harum saat Malam Hari, Salah Satunya Sering Dijumpai di Pemakaman

Kabar Trenggalek - Untuk menghiasi rumah, kebanyakan orang akan menanam tumbuhan. Entah di depan...

TOPIK TERKAIT