Kabar TrenggalekKabar Trenggalek

Press ESC to close

Waspada, Ini Bahaya Makan Seblak bagi Kesehatan Tubuh

Oleh: Wulan Agma Pratiwi*

Siapa yang tidak tahu makanan lezat berkuah seperti seblak? Kata seblak berasal dari Bahasa Sunda yaitu nyeblak yang berarti mengagetkan.

Seblak adalah makanan yang memiliki rasa gurih dan pedas, yang terbuat dari kerupuk kemudian dicampur dengan berbagai topping. Bumbu seblak terdiri dari bawang merah, bawang putih, cabe rawit, kencur, serai, kemiri, garam, gula, merica. penyedap, dan sebagainya.

Selain itu, ada tambahan berbagai topping menarik seperti aneka frozen food stik ikan, chikuwa, fishroll, crab stick, dumpling, sayap ayam, kepala ayam, ceker ayam, kerupuk warna-warni, mie, bakso ikan sayur goreng, baso cumi, sosis, cuanki lidah, berbagai sayuran, jamur enoki, dan lain-lain.  

Topping ini dipilih bebas oleh para penikmat seblak apabila mereka memilih prasmanan. Sebagian besar warung seblak selalu ramai pengunjung, kebanyakan diisi anak muda yang sangat menyukai rasa pedas.  

Namun siapa sangka di balik rasa lezatnya, seblak menjadi penyebab berbagai penyakit yang berbahaya. Karena seblak mengandung kalori, karbohidrat, lemak, dan protein.  

Lalu apa saja akibat jika makan seblak terlalu sering? Menurut hasil penelitian terbaru dari jurnal yang berjudul “Pengaruh Makanan Seblak terhadap Kesehatan Tubuh” yang dibuat oleh Dhimas Wahyudi, dkk dari Universitas Pamulang menunjukkan bahwa seblak dapat membawa tiga dampak negatif yaitu”  

1. Gangguan Pencernaan 

Bahan pedas pada seblak dapat mengiritasi lambung dan menyebabkan masalah pencernaan seperti mulas, diare, dan sakit perut.  

Rasa pedas yang tinggi pada bumbu pedas pada seblak menyebabkan sakit perut  dan sakit maag pada  orang yang sangat sensitif terhadap makanan pedas.  

 

2. Hipertensi 

Asupan natrium yang tinggi pada Seblak dapat meningkatkan tekanan darah dan meningkatkan risiko hipertensi. Tekanan darah tinggi dapat merusak pembuluh darah dan jantung,  meningkatkan risiko stroke dan serangan jantung.  

3. Risiko Obesitas

Seblak memiliki kalori, lemak, dan natrium yang  dapat meningkatkan risiko obesitas, penyakit jantung, dan tekanan darah tinggi. Sering mengonsumsi makanan berkalori tinggi dapat meningkatkan risiko obesitas, diabetes, dan penyakit jantung.  

Kandungan MSG (monosodium glutamate) yang biasa digunakan pada bumbu seblak berkontribusi terhadap peningkatan risiko penyakit hipertensi atau  darah tinggi.  

Konsumsi makanan olahan yang tinggi kalori dan natrium juga merupakan faktor risiko utama obesitas, penyakit jantung, dan hipertensi.  

Sebaik-sebaiknya meminimalisir penyakit dalam tubuh adalah menghindari mengonsumsi makanan atau minuman yang tidak menyehatkan.  

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi ditandai dengan *