Kabar TrenggalekKabar Trenggalek

Press ESC to close

5 Cara Merawat Ikan Glofish yang Mudah dan Menyenangkan

Arena Parfum

Memelihara ikan menjadi salah satu cara ampuh untuk mengurangi stres. Bahkan, aktivitas merawat ikan juga bisa memperbaiki kualitas tidur, menurunkan tekanan darah dan detak jantung.

Oleh karena itu, artikel ini membahas cara merawat ikan glofish yang mudah dan menyenangkan. Kenapa ikan glofish? Karena ikan ini sangat populer dengan warna-warni neon yang berkilau. Bahasa kekiniannya itu glowing.

Perlu diketahui, ikan glofish yang cantik lahir dari meja laboratorium. Awalnya, ikan glofish merupakan ikan zebra dimodifikasi genetiknya oleh seorang ilmuwan bernama Dr. Zhiyuan Gong pada tahun 1999 di Singapura.

Dr. Gong melakukan transfer gen dengan memasukkan gen jellyfish ke dalam embrio ikan zebra yang menghasilkan efek fluorescent pada ikan tersebut. Kemudian tahun 2003, perusahaan bioteknologi bernama Yorktown Technologies memperoleh hak paten atas teknologi transfer gen itu.

Harga ikan glofis cukup murah, sekitar Rp. 2000 hingga Rp. 5000 per ekor. Cara merawat ikan glofish tidak terlalu sulit karena hampir sama dengan merawat ikan hias air tawar lainnya.

Perbedaan perawatan ikan glofish dan ikan lainnya terletak pada penggunaan lampu. Sebab, nyala lampu juga mengubah warna ikan glofish. Perlu lampu khusus supaya warna ikan glofish lebih cantik bahkan menyala.

Perbedaan lainnya, ikan glofish tidak punya alat pernafasan labirin seperti cupang dan channa. Sehingga, ikan glofish sangat membutuhkan filtrasi yang baik supaya bisa bertahan hidup.

1. Aquarium Ikan Glofish

Aquarium ikan glofish/Foto: @jeemy_media (Instagram)

Karena ikan glofish berukuran kecil, sehingga tidak membutuhkan aquarium yang besar. Ukuran aquarium atau tank untuk ikan glofish sekitar 60-80 cm.

Penggantian air aquarium untuk ikan glofish bisa dilakukan setiap satu atau dua minggu sekali. Jumlah air yang diganti sekitar 20-30% dari volume total akuarium.

Jangan lupa membersihkan filter aquarium, supaya kualitas air tetap terjaga. Selain itu, bersihkan juga makanan, kotoran, dinding aquarium, dengan menggunakan saringan maupun spons atau sikat khusus.

2. Kualitas Air Ikan Glofish

Kualitas air ikan glofish/Foto: @jeemy_media (Instagram)

Selain membersihkan aquarium, kualitas air untuk ikan glofish juga perlu dijaga dengan memperhatikan beberapa hal. Seperti pH 6,5 sampai 8,0, lalu suhu 22° C hingga 28° C.

Supaya mendukung kualitas air, pastikan aquarium ikan glofish memiliki filter yang berfungsi dengan baik untuk mengalirkan udara segar secara teratur.

Suhu air di dalam aquarium juga perlu stabil. Sebab, ikan glofish menyukai air dengan temperatur yang hangat. Bisa menggunakan pemanas air atau kipas angin untuk menjaga suhu.

Jangan lupa untuk memastikan air di aquarium ikan glofish bersih dan terbebas dari bahan kimia maupun zat beracun lain. Deklorinator atau bakteri pengurai juga bisa digunakan untuk menjaga kualitas air.

3. Makanan Ikan Glofish

Makanan ikan glofish/Foto: @derpferguson (Instagram)

Supaya keindahan warna-warni glowing ikan glofish terjaga, makanan yang tepat perlu diperhatikan. Ikan glofish bisa diberi makanan kering, makanan hidup, ataupun makanan beku.

Pelet dan serbuk ikan bisa menjadi makanan kering yang mengandung nutrisi, protein, lemak, dan serat. Kemudian, makanan hidup bisa cacing darah, udang kecil, serta plankton. Sedangkan makanan beku bisa berupa cacing darah beku.

Ikan glofish bisa diberi makanan cukup 2 kali dalam sehari, pada pagi dan sore. Beri makanan secukupnya saja. Sebab, makanan yang berlebih tentunya bisa membuat aquarium cepat kotor.

4. Dekorasi Ikan Glofish

Dekorasi ikan glofish/Foto: @jeemy_media (Instagram)

Sebenarnya, ikan glofish sudah cantik tanpa dekorasi dan pencahayaan. Hal itu tentunya dikarenakan warna-warni glowing ikan glofish yang mencolok. Tapi, jika ingin mempercantik ikan glofish, disarankan memperhatikan dekorasi dan lampunya (pencahayaan).

Di sisi lain, mengatur dekorasi aquarium begitu menyenangkan dan memiliki keseruan tersendiri. Setiap detail dekorasi memancing kreativitas pemelihara ikan glofish. Isi aquarium bisa menjadi lebih keren dengan menambahkan dekorasi tanaman, bebatuan, dan kayu yang menarik.

5. Pencahayaan Lampu Ikan Glofish

Pencahayaan lampu ikan glofish/Foto: @ramses93 (Instagram)

Sementara itu, pencahayaan aquarium untuk ikan glofish bisa menggunakan lampu LED atau lampu UV warna biru atau ungu. Dijamin, ikan glofish akan semakin menyala glowing, cantik, dan keren.

Perlu diperhatikan, pencahayaan untuk ikan glofish jangan terlalu terang, tapi sedang-sedang saja. Hal ini supaya tidak memengaruhi reproduksi dan pertumbuhan ikan glofish. Pencahayaan cukup 8 hingga 10 jam per hari, supaya memberi waktu yang cukup untuk ikan glofish melakukan fotosintesis.

Jika punya kesempatan, silakan menambahkan Anemon dan koral laut di dalam aquarium. Sebab, protein dari Anemon dan koral laut itu mendukung ikan glofish untuk menyala terang.

Kopi Jimat

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi ditandai dengan *

This site is protected by Honeypot.