Kabar TrenggalekKabar Trenggalek

Press ESC to close

Dua Tahun Meramaikan Literasi Digital di Trenggalek

Kubah Migunani

Catatan: Tulisan ini merupakan kumpulan tulisan untuk merayakan Ulang Tahun Kabar Trenggalek yang ke 2 tahunpada 5 Mei 2023.

Ulang tahun bagi manusia adalah hal yang paling menyenangkan dan dirayakan. Pada hari ulang tahun, semua orang akan berbahagia.

Apapun alasannya, akan ada beberapa kalimat yang menguatkan bahwa ulang tahun adalah suatu hal yang layak untuk dirayakan. Semisal semakin bertambah usia atau pada hari itu ia berbahagia karena dilahirkan di dunia.

Namun berbeda jika yang berulang tahun itu bukan manusia. Yang secara fisik ada dan memiliki kesadaran jika dia hidup.

Jika yang berulang tahun itu bukan manusia atau mahkluk hidup, maka perlu perlu sebuah konsep berbeda untuk mengungkapkannya tersendiri. Seperti ulang tahun media Kabar Trenggalek.

Pada tanggal 5 Mei adalah hari ulang tahun Kabar Trenggalek. Sebuah media lokal yang lahir dari gagasan masyarakat yang bergerak di jalan mulia, yakni di dunia literasi digital.

Ya seperti yang kita tahu, literasi merupakan salah satu hal yang bisa dikatakan cukup penting. Literasi bukan hanya tentang menguasai teknik membaca dan menulis, tetapi juga memahami dan menggunakan informasi secara efektif. Oleh karena itu, literasi sangat penting dalam kehidupan kita, baik secara personal maupun profesional.

Sinau Jurnalistik Lingkungan yang permah digelar di basecamp Kabar Trenggalek dan Nggalek.co. Bekerja sama juga dengan Walhi Jatim/Foto: Alvina Nur 'Azmy

Bagi saya, Kabar Trenggalek telah berjasa dan turut andil dalam memberikan literasi digital pada masyarakat. Melalui tulisan-tulisannya seperti berita yang bersumber dari suara-suara masyarakat, artikel tentang sejarah Trenggalek, tempat wisata, dan lain-lain.

Selain itu, Kabar Trenggalek juga konsisten dalam menyuarakan isu-isu yang ada di masyarakat lewat tulisan. Salah satunya adalah tambang emas di Trenggalek yang mencaplok 9 kecamatan dan luasnya 12.000 hektare lebih. Tentu ini adalah persoalan yang besar. Mayoritas masyarakat menolak adanya tambang emas ini karena berpotensi besar merusak alam.

Kabar Trenggalek selalu hadir di tengah masyarakat untuk menyuarakan persoalan-persoalan itu. Bahkan tak hanya persoalan kecil, persoalan besar seperti tambang emas ini Kabar Trenggalek juga telah turut hadir.

Terima Kasih

Sebelumnya, saya sekarang menjadi penulis kontributor di Kabar Trenggalek-saya lebih senang menyebut sebagai penulis freelance karena keren. Sebelum menjadi penulis freelance di Kabar Trenggalek, saya belum terlalu bisa menulis. Hingga akhirnya saya ikut pelatihan menulis dan Kabar Trenggalek adalah salah satu penyelenggaranya.

Pertama-tama saya ucapkan terima kasih pada orang-orang di Kabar Trenggalek yang telah memberi kesempatan untuk belajar. Tentu selama proses belajar itu ada suka maupun duka.

Suka saat tulisan diterbitkan dan menjangkau banyak pembaca. Duka karena sering dimarahi, tulisan dikritik, dan lain-lain. Tapi sampai sekarang saya belajar untuk menerima itu semua. Bukankah itu termasuk bagian pembelajaran kan?

Yang kedua, saya merasa Kabar Trenggalek di isi oleh orang-orang hebat. Orang-orang yang peduli dengan sesama dan mau mengajari. Ada harapan besar bagi saya kepada Kabar Trenggalek di hari ulang tahunnya.

Yakni ilmu, pengetahuan, dan kebaikan-kebaikan di Kabar Trenggalek bisa menyebar luas kepada masyarakat. Sehingga masyarakat lain bisa turut serta belajar dan berkarya di Kabar Trenggalek.

Terakhir, saya sampaikan selamat ulang tahun. Sekali lagi saya ucapkan terima kasih karena telah diberi ruang untuk belajar dan membuat karya.

Terima kasih telah memberikan informasi yang telah disajikan selama ini dan semoga terus menjadi sumber informasi yang bermanfaat bagi masyarakat Trenggalek dan sekitarnya.

Semoga terus mengalami kemajuan dan kesuksesan di masa depan dan semakin meramaikan literasi digital di Trenggalek. Selamat merayakan hari ulang tahun yang ke 2!

Kopi Jimat

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi ditandai dengan *

This site is protected by Honeypot.