Kabar TrenggalekKabar Trenggalek

Press ESC to close

10 Manfaat Minum Air Putih Setelah Bangun Pagi, Sudah Tahu?

Ada banyak kebiasaan hidup sehat yang jarang kita ketahui manfaatnya secara menyeluruh. Seperti manfaat minum air putih setelah bangun pagi. Saat bangun pagi, perut dalam keadaan kosong, sehingga sangat tepat untuk minum air putih.

Manfaat minum air putih saat perut kosong didasarkan pada penelitian ilmiah yang muncul. Lantas, apa manfaat minum air putih saat perut kosong?

Manfaat minum air putih saat perut kosong antara lain efek positif untuk membuang racun dari dalam tubuh, meningkatkan energi dan kekebalan tubuh, menurunkan berat badan dan meningkatkan metabolisme, serta mencegah sakit kepala dan batu ginjal.

Minum air putih saat perut kosong membantu dalam pembersihan usus dan meningkatkan kesehatan rambut dan kulit. Banyak orang yang merasa lebih baik setelah menanamkan kebiasaan minum air putih saat perut kosong, terutama di pagi hari saat tubuh mengalami dehidrasi.

Studi secara umum belum dilakukan mengenai manfaat khusus minum air putih saat perut kosong, namun telah ada penelitian mengenai manfaat minum air putih di pagi hari, sebelum makan, dan sebelum berolahraga saat perut umumnya kosong.

Berapa gelas minum air putih setelah bangun tidur? Minum 1 gelas air putih, antara 250ml dan 500ml, di pagi hari atau sebelum makan biasanya disarankan, dengan tidak lebih dari 1 liter per jam. Jumlah air ini paling baik karena merupakan proses maksimum yang dapat diproses oleh ginjal.

Manfaat tetap terhidrasi sepanjang hari juga telah terbukti secara ilmiah dan menunjukkan bahwa meminum segala jenis air minum penting untuk menjaga homeostasis atau proses mempertahankan atau melepaskan panas untuk menjaga kestabilan tubuh manusia.

10 Manfaat Minum Air Putih Setelah Bangun Pagi

1. Meningkatkan Tingkat Energi

Air meningkatkan jumlah sel darah merah kita, dan juga meningkatkan oksigen yang kita terima ke otak. Peningkatan oksigen akan menciptakan lebih banyak kewaspadaan dan energi sehingga Anda dapat memulai pagi dengan baik.

Memulai pagi Anda dengan air putih, Anda juga menyelamatkan perut dari penumpukan asam atau refluks. Dianjurkan untuk minum air putih sebelum makan dan minum kopi atau teh.

2. Meningkatkan Kecerahan Kulit untuk Kulit Sempurna

Dengan meminum air, tubuh Anda dapat melepaskan racun lebih cepat, yang karenanya akan membuat kulit Anda bercahaya dan bersinar seperti yang Anda beli produknya.

Faktanya, 500 mL air terbukti meningkatkan aliran darah dan membuat kulit bercahaya sekaligus meningkatkan produksi sel darah baru. Kekurangan air dalam tubuh Anda juga dapat menyebabkan keriput dini dan pori-pori yang lebih dalam.

3. Membantu Menurunkan Berat Badan

Selain mengurangi rasa lapar dan mengurangi nafsu makan, dengan meminum air segera setelah bangun tidur, tubuh Anda melepaskan racun, yang mulai bergerak di usus Anda. Proses ini akan memulihkan dan memperbaiki sistem pencernaan Anda.

4. Meningkatkan Metabolisme

Jika Anda sedang berdiet, Anda tahu bahwa hanya dengan meminum air saat perut kosong, Anda dapat meningkatkan laju metabolisme sebesar 24%!

Dengan meningkatkan tingkat metabolisme Anda, Anda mencerna lebih cepat dan karenanya meningkatkan sistem pencernaan Anda. Air juga memurnikan usus besar Anda, membiarkan organ menyerap nutrisi lebih cepat secara alami.

5. Meningkatkan Kilau dan Tekstur Rambut

Tahukah Anda bahwa air merupakan 25% dari berat sehelai rambut? Dengan mengurangi asupan air, Anda sebenarnya menyebabkan rambut menjadi tipis dan halus. Alasan lain mengapa minum air saat perut kosong akan meningkatkan pertumbuhan rambut dan karakteristik rambut.

6. Membantu Meredakan Sakit dan Nyeri

Minum air putih membantu melumasi dan melindungi sendi. Minum cukup air setiap hari juga dapat membantu menghilangkan limbah asam yang dapat menumpuk di dalam tubuh.

Minum air di pagi hari dapat membantu mengatasi nyeri punggung, nyeri sendi, dan bahkan radang sendi sehingga Anda merasa lebih baik sepanjang hari. Air membantu mengatasi sakit kepala kronis.

Biasanya sakit kepala disebabkan oleh dehidrasi yang tidak disengaja. Bisa juga karena ketidakseimbangan elektrolit. Dengan meminum air dalam jumlah yang tepat, Anda dapat membantu menyeimbangkan cairan dan membantu meredakan sakit kepala dan nyeri lainnya.

7. Meredakan Mulas

Mulas dapat disebabkan oleh peningkatan keasaman di perut dan refluks asam di kerongkongan. Saat Anda minum air di pagi hari, air mendorong keasaman turun dan mengencerkan lambung. Air akan mengurangi keasaman di perut Anda sehingga pada saat sarapan Anda akan merasa nyaman.

8. Menghambat Batu Ginjal dan Infeksi Kandung Kemih

Sama seperti mulas, air akan mengencerkan keasaman lambung untuk mengurangi kemungkinan batu ginjal. Semakin banyak air yang Anda minum, semakin banyak racun yang dikeluarkan dari tubuh Anda, yang mencegah infeksi kandung kemih.

9. Melawan Racun

Minum air putih dapat membantu membuang racun yang berbahaya dalam tubuh Anda. Saat Anda buang air kecil dan berkeringat, Anda membersihkan tubuh dari racun yang menumpuk di sistem Anda.

Air membersihkan usus besar, yang membuat penyerapan nutrisi lebih mudah. Selain itu juga membantu ginjal dalam memproduksi hormon, menyerap mineral, menyaring darah dan memproduksi urin.

10. Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Minum air di pagi hari akan membersihkan perut dan menyeimbangkan sistem limfatik. Sistem limfatik yang stabil akan membantu membangun sistem kekebalan yang kuat, yang akan mencegah kita sering sakit.

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi ditandai dengan *