Kabar TrenggalekKabar Trenggalek

Press ESC to close

Inilah 11 Nama Panelis Debat Keempat Pilpres 2024

Komisi Pemilihan Umum (KPU) baru-baru ini mengumumkan daftar lengkap 11 nama panelis debat keempat Pilpres 2024. Debat ini dijadwalkan berlangsung pada Minggu (17/1/2024), dan panelis-panelis ini telah dipilih melalui rapat finalisasi dengan perwakilan pasangan calon presiden dan wakil presiden serta stasiun televisi penyelenggara.

Persiapan Menuju Debat Keempat

Komisioner KPU, August Mellaz, menyampaikan bahwa ke-11 panelis telah mengkonfirmasi ketersediaan mereka untuk memandu debat pada tanggal 19 Januari mendatang. Mereka akan bertugas merumuskan pertanyaan yang akan diajukan kepada ketiga calon wakil presiden, yaitu Muhaimin Iskandar (urut 1), Gibran Rakabuming (urut 2), dan Mahfud MD (urut 3).

Tema-tema Menarik Dalam Debat

Debat keempat ini akan mencakup enam tema penting, melibatkan isu-isu strategis bagi bangsa Indonesia. Adapun tema-tema tersebut adalah:

  1. Pembangunan Berkelanjutan dan Lingkungan Hidup
  2. Sumber Daya Alam dan Energi
  3. Pangan
  4. Agraria
  5. Masyarakat Adat
  6. Desa

Moderator Debat Pilpres 2024

Moderator yang akan memandu jalannya debat ini adalah Ratno Pinest dari SCTV dan Zivis Iskandar dari Metro TV. Keduanya akan memastikan jalannya debat berlangsung lancar dan informatif.

Lokasi dan Penyiaran

Debat keempat Pilpres 2024 akan diselenggarakan di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta Pusat. Sementara itu, stasiun televisi yang akan menyiarkan langsung adalah Group EMTEK (SCTV dan Indosiar) dan Metro TV.

Profil 11 Panelis Debat

Berikut adalah 11 panelis debat keempat Pilpres 2024: 1. Dr. Ir Abrar Saleng, SH. MH. - Ahli Hukum Agraria dan Sumber Daya Alam, Universitas Hasanudin 2. Dr. Arie Sujito - Sosiolog Pedesaan/Dosen FISIPOL UGM 3. Prof. Dr Arif Satria, SP. MSI - Ahli Ekologi Politik dan Kebijakan Pengelolaan Sumber Daya Alam, Rektor Institut Pertanian Bogor 4. Dewi Kartika - Ahli Agraria/Sekretaris Jenderal Konsorsium Pembaruan Agraria 5. Fabby Tumiwa - Ahli Transisi Energi/Direktur Eksekutif Institute for Essential Services Reform 6. Prof. Dr. Ir. Hariadi Kartodihardjo, MS - Ahli Sumber Daya Alam dan Lingkungan Hidup/Guru Besar Fakultas Kehutanan dan Lingkungan, Institut Pertanian Bogor 7. Prof. Dr. Ir. Ridwan Yahya, M.Sc. - Ahli Kehutanan dan Lingkungan Hidup/Guru Besar Teknologi Hasil Hutan, Fakultas Pertanian Universitas Bengkulu 8. Rukka Sombolinggi, SP., MA. - Sekretaris Jenderal Aliansi Masyarakat Adat Nusantara/Ahli Masyarakat Adat 9. Prof. Sudharto, P. Hadi, Ph.D. - Pakar Manajemen Lingkungan/Rektor Universitas Diponegoro (2010-2015) 10. Prof. Dr. Sulistiyowati Irianto, M.A. - Guru Besar Antropologi Hukum, Fakultas Hukum Universitas Indonesia 11. Ir. Tubagus Furgon Sofhani, M.A., Ph.D. - Ahli Perencanaan Wilayah dan Perdesaan, Institut Teknologi Bandung

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi ditandai dengan *