Kabar TrenggalekKabar Trenggalek

Press ESC to close

Arti Wakanda Forever, Berawal dari Film Black Panther hingga Benteng Perlindungan UU ITE

Arena Parfum
Arti Wakanda forever sedang jadi trending pencarian masyarakat Indonesia. Hal itu ditunjukan saat kita membuka laman google.co.id, maka akan muncul rekomendasi tentang arti dari ungkapan Wakanda forever di pencarian trending.Usut punya usut, ternyata penyebab masyarakat ramai membahas arti wakanda ini bermula dari acara debat calon presiden (capres) 2024. Berawal dari salah capres, yakni Anies Baswedan kala menutup sesinya berbicara.Ucapan itu Anies gunakan sebagai gimmick, sebagaimana yang tengah populis jelang kontestasi pemilihan umum (pemilu) 2024. Para peserta pemilu beramai-ramai menggunakan gimmick untuk mendapat dukungan dan mendongkrak popularitas. Terlepas gimmick ini, juga menjadi lelucon bagi masyarakat.Wakanda forever lebih secara lengkap diungkapkan seperti ini, “Wakanda no more, Indonesia forever”. Jika diterjemahkan ke bahasa Indonesia menjadi “Wakanda tidak ada lagi, Indonesia selamanya”."Ketika kita bicara tentang masa depan, maka saya sampaikan pada semua bahwa kebebasan berpendapat dijamin, kita tidak diizinkan menjadi orang takut. Maka dari itu, saya sampaikan, Wakanda no more, Indonesia forever," ujar Anies dikutip dari Kata Data.

Awal Mula Kata Wakanda di Indonesia

Kata Wakanda populer di Indonesia semenjak meledaknya film produksi Marvel Cinematic Universe (MCU) pada 14 Februari 2018 lalu. Film itu berjudul “Black Panther” yang diperankan mendiang Chadwick Boseman.Perlu diketahui, Wakanda adalah sebuah negeri dalam film itu. Diceritakan, Negeri Wakanda memiliki kemajuan teknologi yang sangat pesat atau puncak globalisasi. Namun, masyarakatnya sangat memegang erat nilai-nilai kebudayaan dan tradisionalisme.Hingga kemudian, kata Wakanda ini masyarakat Indonesia gunakan dalam bentuk ekspresi sehari-hari di media sosial (medsos). Wakanda digunakan sebagai kata pengganti “Indonesia”.Kita dapat dengan mudah menjumpai di unggahan atau kolom komentar yang berkaitan kondisi Indonesia. Baik secara sosial, politik, atau kebijakan pemerintah yang dinilai buruk. Contoh penggunaan kata Wakanda adalah “Hanya di Wakanda hukuman para koruptor bisa dipotong pidana”.Nazarudin dalam Majalah Tempo mengungkapkan, kata Wakanda ini cenderung digunakan sebagai bentuk ironis dan metafora disfemisme. Perlu diketahui, ironis adalah pengujar menyampaikan sesuatu yang sebaliknya dari apa yang ingin dikatakannya, jadi di sini terdapat satu penanda dengan dua kemungkinan petanda.Sementara disfemisme adalah usaha mengganti kata yang maknanya halus atau bermakna biasa dengan kata yang bermakna kasar. Pada kesimpulannya, kata Wakanda telah menjadi metafora yang merepresentasikan Indonesia.

Fakta Kata Wakanda di Indonesia

[caption id="attachment_43852" align=alignnone width=1280]petani-pakel-banyuwangi-berbalas-surat-dari-balik-penjara Suwarno, salah satu petani Pakel yang dikriminalisasi/Foto: Alvina NA (Kabar Trenggalek)[/caption]

Menggunakan Kata Wakanda daripada Kena UU ITE

Undang-Undang (UU) Informasi dan Transaksi Elektronik Nomor 19 Tahun 2016 ditengarai menjadikan kata Wakanda dipilih sebagai kata pengganti Indonesia. Terutama pada bentuk ujaran tentang kekecewaan terhadap kebijakan pemerintah dan kondisi negara yang dinilai buruk. Tujuannya agar tidak terjerat oleh UU ITE ini.Seperti yang diketahui, acap kali kritik dan kebebasan berbicara dibungkam dengan UU ITE. Bahkan, UU ini digunakan sebagai ancaman agar masyarakat tidak usah mengkritik kebijakan pemerintah. Serta sering kali digunakan pejabat atau selebritis yang risih dengan kritik tajam.Inilah alasan masyarakat menghindari penyebutan Indonesia secara terang-terangan, agar tidak terjerat pasal undang-undang tersebut. Ketika mencantumkan kata-kata "hanya di negeri Wakanda" ketika melontarkan kritik atau sindiran, seseorang bisa membela diri ketika ia dihadapkan dengan ancaman UU ITE.

Kemerosotan Negara Demokrasi

Kata Wakanda sebabagai metafora pengganti kata Indonesia bisa jadi indikator kemerosotan negara demokrasi. Alasannya apa? Masyarakat yang memilih tidak menyebut langsung Indonesia saat mengkritik pemerintah ada sebuah ketakutan. Yakni ketakutan bisa terjerat hukum hanya karena mengkritik.Kebebasan berpendapat merupakan bagian penting dari sebuah demokrasi, kebebasan ini memiliki dasar hukum yang telah diatur dalam pasal 28 Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945.Contohnya adalah perakara Fathia Maulidyawati (Direktur Kontras) dan Haris Azhar yang dijerat dengan UU ITE karena mengkritik pejabat publik, yakni Luhut Binsar Pandjaitan (Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Republik Indonesia).Ini menjadi bukti kemerosotan negara demokrasi yang seharusnya melindungi warganya dan memberikan kebebasan berbicara serta berpendapat. Bukan malah mengkriminalisasi orang hanya karena berbeda pendapat dan menyampaikan fakta.

Kondisi Negara Wakanda dalam Film Marvel

Wakanda adalah sebuah negara yang terletak di Afrika, berbatasan dengan Sudan Selatan, Uganda, Kenya, dan Ethiopia. Negara ini memiliki teknologi yang sangat canggih berkat vibranium, sebuah batu mineral yang berasal dari meteor yang jatuh ribuan tahun lalu.Vibranium adalah bahan utama untuk membuat senjata, kendaraan, dan peralatan lainnya di Wakanda, termasuk tameng virtual yang melindungi negara ini dari serangan luar.Wakanda dipimpin oleh raja yang juga menjadi Black Panther, pahlawan super yang memiliki kekuatan, kecepatan, dan ketangkasan yang luar biasa. Raja pertama Wakanda adalah Bashenga, yang mendirikan dinasti kerajaan dan mengorganisir suku-suku di Wakanda menjadi satu bangsa.Raja terakhir Wakanda adalah T'Challa, yang meninggal karena penyakit misterius. Setelah kematiannya, Wakanda menghadapi ancaman dari musuh-musuh lama dan baru, termasuk bangsa Atlantis yang dipimpin oleh Namor, yang ingin menguasai Wakanda dan sumber vibraniumnya.Film Black Panther mengisahkan tentang petualangan T'Challa sebagai raja dan Black Panther, yang harus menghadapi tantangan dari saudara sepupunya, Erik Killmonger, yang ingin merebut takhta dan memulai revolusi global dengan menggunakan vibranium.Film ini juga menampilkan karakter-karakter penting lainnya, seperti Shuri, adik perempuan T'Challa yang merupakan jenius ilmuwan dan penemu; Nakia, mantan kekasih T'Challa yang menjadi mata-mata Wakanda; Okoye, pemimpin Dora Milaje, pasukan khusus wanita yang melindungi raja; dan M'Baku, pemimpin suku Jabari yang awalnya menentang T'Challa, tetapi kemudian menjadi sekutunya.Film Black Panther: Wakanda Forever adalah sekuel dari film Black Panther, yang akan dirilis pada 11 November 2022. Film ini akan melanjutkan kisah Wakanda setelah kematian T'Challa, dan bagaimana bangsa Wakanda berjuang untuk menyelamatkan diri dari serangan bangsa Atlantis.Film ini juga akan menampilkan karakter-karakter baru, seperti Riri Williams, seorang gadis remaja yang menciptakan baju besi mirip Iron Man; dan Tenoch Huerta, yang diduga akan memerankan Namor, raja Atlantis.Demikian ulasan tentang arti Wakanda forever yang lagi viral di Indonesia. Ternyata, kata Wakanda juga digunakan sebagai benteng pertahanan dari UU ITE. Semoga indeks demokrasi di Indonesia segera naik.
Kopi Jimat

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi ditandai dengan *

This site is protected by Honeypot.