Kabar TrenggalekKabar Trenggalek

Press ESC to close

Tips Menghemat Air saat Kekeringan El Nino, Warga Trenggalek Perlu Tahu

Arena Parfum
Berdasarkan laporan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), sejak bulan Agustus 2023, Indonesia tengah menghadapi El Nino atau pemanasan Suhu Muka Laut (SML). Sehingga, di bulan-bulan selanjutnya Indonesia berpotensi besar mengalami kekeringan, termasuk Kabupaten Trenggalek.Sehingga, warga Trenggalek perlu mengetahui tips menghemat air saat kekeringan El Nino. Bahkan, sejak awal agustus 2023 lalu sudah ada beberapa titik di Trenggalek yang mengalami krisis air. Hal ini disebabkan pasokan sumber mata air kian berkurang karena hujan tak kunjung turun.Air sudah menjadi kebutuhan mendasar bagi keberlangsungan hidup manusia. Seperti untuk minum, membersihkan diri, menyiram tanaman, dan lain-lain. Dalam kondisi krisis seperti El Nino ini pengetahuan sederhana dalam menghemat air sangat bermanfaat.

Tips Menghemat Air saat Kekeringan

1. Matikan Kran Air saat Tidak Dipakai

Tips yang pertama adalah mematikan kran air saat tidak dipakai. Tanpa disadari, kita selama ini sering abai untuk mematikan kran setelah digunakan. Sehingga air jadi terbuang sia-sia.Di masa kekeringan seperti ini air sangatlah berharga. Jadi mematikan kran air saat sudah tidak dipakai akan sangat bijaksana.

2. Gunakan Air Bekas Cucian untuk Menyiram Tanaman

Jika sebelum masa kekeringan kita menyiram tanaman dengan air bersih langsung dari kran. Saat kekeringan ini sebaiknya kita menyiramnya dengan air bekas cucian. Biasanya air bekas cucian langsung dibuang begitu saja. Namun masih bisa untuk menyirami tanaman.Perlu diketahui juga, saat menyiram tanaman sebaiknya dilakukan saat malam hari. Hal ini bertujuan untuk mengurangi penguapan saat siang hari. Sehingga air lebih menyerap ke dalam tanah dan diserap akar-akar tanaman dengan maksimal.

3. Jika Perlu, Simpan Air Bekas Cucian

Bila perlu untuk kebutuhan menyiram tanaman kita bisa menyimpan air bekas cucian untuk menyiram tanaman. Bisa menggunakan wadah khusus dan diberi penanda untuk membedakan dengan wadah air bersih.Penggunaan air semisal untuk mencuci sayur bisa sangat banyak. Sehingga perlu bagi kita menyimpannya untuk menyiram tanaman, agar penggunaan air bisa lebih hemat.

4. Hemat Air saat Mandi

Biasanya, kita saat mandi gemar mandi dengan air yang banyak. Mengguyurkan air dalam jumlah banyak menggunakan gayung saat mandi memang membuat badan jadi segar. Akan tetapi, sebaiknya hal itu dihindari saat kekeringan El Nino saat ini.Untuk menghemat air saat mandi, kita bisa menggunakan shower. Namun jika tidak memungkinkan kita bisa menggunakan gayung yang lebih kecil dan mengurangi durasi saat mandi.

5. Rawat Pipa dan Penampungan Air

Pipa dan penampungan air yang bocor secara tidak langsung membuat air yang kita kumpulkan jadi terbuang. Pengecekan dan perawatan pipa dan penampungan air kiranya perlu dilakukan secara berkala. Hal ini untuk mengantisipasi kebocoran dan pemborosan air saat kekeringan El Nino.

6. Buat Penampungan Air Bersama

Salah satu budaya masyarakat Trenggalek yang masih lestari terutama di kawasan pedesaan adalah gotong royong. Gotong royong bisa sangat bermanfaat di banyak kondisi, seperti saat kekeringan el nino.Kita bisa membuat tempat penampungan air bersama dengan jumlah masif. Sehingga penampungan air ini bisa digunakan bersama-sama dengan bijak.
Kopi Jimat

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi ditandai dengan *

This site is protected by Honeypot.