TRENDING

Makna Logo HUT RI Ke-77 Tahun, Lengkap dengan Link Download

Terbit:

Kabar Trenggalek Menjelang Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia Ke-77 Pemerintah resmi meluncurkan logo barunya sebagai pendukung peringatan yang puncaknya pada 17 Agustus 2022.

Kementerian Sekretariat Negara (Kemenseg) luncurkan logo itu dengan beberapa makna dan filosofi. Tentu dengan filosofi kondisi terkini di Indonesia yang diusung dalam HUT RI Ke-77 itu.

advertisement

Tentu logo HUT RI Ke-77 akan disandingkan dengan logo G20 yang mana Negara Indonesia menjadi tuan rumah pertemuan antar pucuk pimpinan Negara-negara.

Simbol G20 ini mengingat tentang politik luar negeri Bebas Aktif yang dicanangkan pendiri Bangsa Indonesia, bisa tercapai.

Indonesia tidak hanya bebas memperjuangkan kepentingan nasional, namun juga aktif berkontribusi bagi penyelesaian berbagai permasalahan ekonomi atau tantangan yang dihadapi dunia.

Berikut ini makna logo HUT RI Ke-77 lengkap dengan link downloadnya:

Angka 77

Tulisan angka 77 dibuat menyerupai dua panah ke Atas yang menyimbolkan percepatan dan pergerakan, dilansir dari laman setneg.

Panah ke atas melambangkan gerak percepatan dalam memperbaiki kondisi Indonesia untuk pulih.

Dua Anak Tangga

Dua garis mendatar membentuk tangga yang mengarah ke atas melambangkan progress dan pembangunan segala sektor di Indonesia.

advertisement

Selanjutnya, pada bagian atas terpotong melambangkan keterbukaan bangsa Indonesia dalam perannya di tingkat global untuk bergerak secara bebas aktif bersama dalam pemulihan kondisi dunia.

Semangat Garuda

Ada pula garis miring dan sudut runcing, yang terinspirasi dari bambu runcing dan kepala Garuda Pancasila, melambangkan semangat pejuang untuk bangkit lebih kuat.

Sedangkan dua garis melengkung melambangkan sinergi pemerintah dan masyarakat dalam bergotong royong dan bergerak berdampingan secara fleksibel dan dinamis menuju satu arah, menuju Indonesia Maju.

Persatuan

Sudut Penghubung melambangkan peran Indonesia pada forum G20 dalam mempersatukan suara negara-negara maju untuk berkontribusi menyelesaikan berbagai isu dan tantangan yang dihadapi dunia.

Sedangkan Siluet angka satu melambangkan semangat persatuan Bhinneka Tunggal Ika sebagai semboyan bangsa Indonesia yang besar, kuat, dan bersatu.

Logo HUT RI Ke-77

Semua filosofi itu ditemukan dalam logo HUT RI Ke-77. Kementerian Sekretariat Negara mengimbau agar warga mulai memperingati HUT RI Ke-77 dengan berbagai kegiatan baik online dan offline, serta dengan menggunakan logo yang bisa diunduh DI SINI

advertisement

TERBARU

Kampung Kopi Sengunglung, Wujud Kelestarian Alam Bumi Sumberbening Trenggalek

Kabar Trenggalek - Kopi menjadi salah satu potensi komoditas unggulan di Desa Sumberbening, Kecamatan...

Jaranan Turangga Yaksa Semarakkan Festival Mata Air Sumberbening, Potret Perjuangan Petani

Kabar Trenggalek - Sejumlah 6 anak dari SDN 1 Sumberbening berlenggak-lenggok mengikuti alunan nada...

Ritual Adat di Sumber Air Plancuran Desa Sumberbening, Warga Berdoa Tolak Tambang Emas Trenggalek

Kabar Trenggalek - Perjuangan tolak tambang emas Trenggalek tidak hanya dilakukan melalui serangkaian aksi...

TOPIK TERKAIT