Kabar TrenggalekKabar Trenggalek

Press ESC to close

Jadwal Vaksinasi Covid-19 Trenggalek, Jumat 29 Oktober 2021 di Tiga Kecamatan

Kabar Trenggalek - Vaksinasi Covid-19 perlu terus digencarkan supaya bisa mencapai herd immunity (kekebalan kelompok) di Kabupaten Trenggalek. Oleh karena itu, masyarakat Trenggalek perlu mendapatkan informasi jadwal vaksinasi Covid-19. Pada Jumat 29 Oktober 2021, ada jadwal vaksinasi Covid-19 di tiga kecamatan yang ada di Trenggalek, Kamis (28/10/2021).Vaksinasi Covid-19 itu diselenggarakan oleh Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) yang ada di Kecamatan Tugu, Trenggalek dan Durenan. Berikut jadwal vaksinasi Covid-19, Jumat 29 Oktober 2021 di Trenggalek:
  1. Vaksinasi Covid-19 di Kecamatan Tugu

[caption id="attachment_4457" align=aligncenter width=720]Jadwal vaksinasi Covid-19 di Kecamatan Tugu Jadwal vaksinasi Covid-19 di Kecamatan Tugu/Foto: @puskesmastugu (instagram)[/caption]Baca juga: Diduga Hubungan Keluarga Kurang Harmonis, Pasangan Suami Istri di Trenggalek Merobohkan RumahnyaInformasi jadwal vaksinasi Covid-19 disampaikan Puskesmas Tugu melalui story instagram @puskesmastugu. Vaksin yang akan diberikan kepada masyarakat adalah Vaksin Sinovac dengan jumlah 480 dosis.Vaksinasi Covid-19 dilaksanakan pukul 08.00 sampai 11.30 WIB di Balai Desa Nglongsor. Syarat untuk mengikuti vaksinasi Covid-19 di Kecamatan Tugu adalah:
  1. Usia minimal 12 tahun.
  2. Membawa fotocopy KTP/KK dengan ditulis nomor telepon yang bisa di-SMS.
  3. Dalam kondisi sehat.
  4. Wajib memakai masker.
Bagi warga yang ingin mengikuti vaksinasi Covid-19 di Kecamatan Tugu, bisa melakukan pendaftaran melalui Balai Kesehatan Tradisional Masyarakat (BKTM), Babinsa atau perangkat desa masing-masing.
  1. Vaksinasi Covid-19 di Kecamatan Trenggalek

[caption id="attachment_4458" align=aligncenter width=720]Jadwal vaksinasi Covid-19 di Kecamatan Trenggalek Jadwal vaksinasi Covid-19 di Kecamatan Trenggalek/Foto: @puskesmas.trenggalek (instagram)[/caption]Baca juga: Aliansi Rakyat Trenggalek Sebut PT SMN Bertingkah Seperti Maling yang Ingin Mencuri Alam TrenggalekInformasi jadwal vaksinasi Covid-19 disampaikan Puskesmas Trenggalek melalui story instagram @puskesmas.trenggalek. Vaksin yang akan diberikan kepada masyarakat adalah Vaksin Sinovac dosis 1 dan 2.Vaksinasi Covid-19 dilaksanakan pukul 07.30 sampai 10.30 WIB di dua tempat. Pertama di Balai Kelurahan Sumbergedong, dengan kuota 300 dosis. Kedua di Puskesmas Trenggalek, dengan kuota 200 dosis.Syarat untuk mengikuti vaksinasi Covid-19 di Kecamatan Tugu adalah:
  1. Membawa fotocopy KTP/KK dengan ditulis nomor telepon aktif yang bisa menerima SMS.
  2. Membawa kartu vaksin ke-1 bagi peserta vaksin ke-2.
  3. Membawa bolpoint
Puskesmas Trenggalek memberi catatan, “Ayo sukseskan vaksinasi dan tetap patuhi Prokes [protokol kesehatan] 5M [mencuci tangan, menggunakan masker, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, mengurangi mobilitas] untuk lindungi diri, keluarga dan orang di sekitar kita”.
  1. Vaksinasi Covid-19 di Kecamatan Durenan

[caption id="attachment_4459" align=aligncenter width=720] Jadwal vaksinasi Covid-19 di Kecamatan Durenan/Foto: @puskesmas_baruharjo (instagram)[/caption]Baca juga: Lelaki Asal Trenggalek Menerbangkan Layang-Layang Berbentuk TrukInformasi jadwal vaksinasi Covid-19 disampaikan Puskesmas Baruharjo melalui story instagram @puskesmas_baruharjo. Vaksin yang akan diberikan kepada masyarakat adalah Vaksin Sinovac dosis 1 dan 2.Vaksinasi Covid-19 dilaksanakan pukul 08.00 sampai 11.00 WIB di dua tempat. Pertama di Balai Desa Kamulan, dengan kuota 250 dosis. Kedua di Balai Desa Baruharjo, dengan kuota 250 dosis.Syarat untuk mengikuti vaksinasi Covid-19 di Kecamatan Durenan adalah:
  1. Usia 12 tahun ke atas.
  2. Bagi yang vaksin ke 2, membawa kartu vaksin dosis 1.
  3. Membawa fotocopy KTP/KK dengan ditulis nomor telepon yang bisa di-SMS.
  4. Dalam keadaan sehat
  5. Sudah sarapan
Puskesmas Baruharjo memberi catatan bagi warga yang ingin mengikuti vaksinasi di Kecamatan Durenan untuk mematuhi Prokes 5M:
  1. Memakai masker.
  2. Mencuci tangan pakai sabun
  3. Menjaga jarak.
  4. Menjauhi kerumunan.
  5. Membatasi mobilitas.
Baca juga: Penelitian Membuktikan Vaksin Mampu Menurunkan Penularan Covid-19Kemampuan vaksin untuk melindungi masyarakat juga dibuktikan oleh penelitian. Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementerian Kesehatan (Litbangkes) melakukan penelitian untuk mengevaluasi efektivitas vaksin Covid-19. Hasil penelitian itu membuktikan bahwa vaksin mampu menurunkan penularan Covid-19.Seperti yang dilansir sehatnegeriku.kemkes.go.id, Badan Litbangkes melakukan penelitian kepada 71.455 tenaga kesehatan di DKI Jakarta. Meliputi perawat, bidan, dokter, teknisi, dan tenaga umum warga lainnya. Selain menurunkan risiko tertular Covid-19, vaksin juga bisa mengurangi perawatan dan kematian bagi tenaga kesehatan.Penelitian yang dilakukan Badan Litbangkes membuktikan bahwa vaksinasi Covid-19 dosis lengkap bisa diandalkan untuk melindungi tenaga kesehatan dari risiko perawatan dan kematian karena Covid-19.Baca juga: Sekolah Tatap Muka Trenggalek Dimulai, Vaksinasi Covid-19 Perlu DigencarkanDr. Siti Nadia Tarmidzi, MEpid, juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kemenkes mengatakan, vaksin yang digunakan dalam upaya melakukan penanggulangan pandemi Covid-19 masih sangat efektif.Walaupun sudah divaksinasi, Dokter Nadia berpesan agar masyarakat tetap melaksanakan protokol kesehatan mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak (3M).Meskipun sudah mendapatkan vaksin, kemungkinan masyarakat untuk terpapar Covid-19 akan tetap ada. Namun kemungkinan untuk penderita gejala parah akan semakin kecil.

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi ditandai dengan *