Kabar TrenggalekKabar Trenggalek

Press ESC to close

Profil Moderator Debat Pertama Pilpres 2024: Ardianto Wijaya dan Valerina Daniel

Arena Parfum
Debat perdana Pemilihan umum presiden dan wakil presiden (pilpres) di Indonesia dimulai pada Selasa, (12/12/2023). Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI) mengumumkan daftar nama moderator debat pertama pilpres 2024."Kita juga sudah mendapatkan moderator untuk diskusi atau debat pertama capres-cawapres, yaitu Ardianto Wijaya dan Velerina Daniel," kata August Mellaz, Komisioner KPU RI di Jakarta.Perlu diketahui, Ardianto merupakan presenter (pembawa) berita di Televisi Republik Indonesia (TVRI) Nasional. Sedangkan Valerina merupakan news anchor (pembawa berita) program Bahasa Inggris di TVRI World. Dua moderator itu akan memandu jalannya debat pilpres selama 2 jam.Ardianto dan Valerina menjadi moderator debat pilpres 2024 dengan berbagai tema. Mulai dari isu pemerintahan, hukum, HAM, pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan layanan publik dan kerukunan warga.

Profil Ardianto Wijaya Kusuma

Ardianto Wijaya Kusuma adalah seorang jurnalis kelahiran Banyuwangi, Jawa Tiimur, 25 Agustus 1993. Saat ini, Ardianto dikenal sebagai pembawa berita di TVRI. Di bidang jurnalistik, ia memiliki pengalaman lebih dari 10 tahun.Ardianto merupakan lulusan SMAN Glagah, Banyuwangi. Setelah lulus, Ardianto melanjutkan kuliah di D3 jurusan broadcasting, Fakultas Ilmu Komunikasi (Fikom), Universitas Padjadjaran (UNPAD) tahun 2011. Pada 2014, Ardianto lulus dari D3 Fikom UNPAD. Ia lanjut kuliah S1 di Universitas Sebelas Maret (UNS) lalu mendapatkan gelar sarjana pada 2016.Karier Ardiianto di dunia penyiaran sudah dimulai sejak usia 12 tahun di Radio Mandala FM Banyuwangi. Kemudian di tahun 2012, ia mulai terjun ke dunia televisi. Selama 4 tahun, ia menjadi pembawa berita di TVRI Jawa Barat.Lalu di tahun 2017, Ardianto bergabung dengan TVRI Nasioonal. Sampai sekarang, ia aktif sebagai pembawa berita. Ardianto tercatat memiliki banyak pengalaman sebagai pemandu acara diskusi maupun debat. Sebelumnya, ia terpiliih sebagai pembawa acara pada Peringatan HUT Ke-78 RI di Istana Merdeka, pada 17 Agustus 2023.Rekam jejak di bidang jurnalistik itu membuat sosok Ardianto Wijaya Kusuma dianggap berkompeten menjadi mopderator dalam debat pertama piilpres 2024.Akun Instagram Ardianto Wijaya yaitu: @ardiantowijayak

Profil Valerina Daniel

Valerina Daniel adalah seorang jurnalis kelahiran Jakarta, 28 November 1978. Saat ini, ia dikenal sebagai news anchor program Bahasa Inggris di TVRI World. Di bidang komunikasi dan jurnalistik, ia memiliki pengalaman lebih dari 20 tahun.Pada tahun 2000, saat usianya 22 tahun, Valerina mengawali karier sebagai presenter program berita Lintas 5 TPI . Lalu, tahun 2003, ia menjadi presenter dan produser program berita di Metro TV.Selain menjadi jurnalis, ia aktif sebagai Duta Lingkungan serta Penasihat Komunikasi. Pada 2007, ia ditunjuk menjadi Duta Lingkungan dan bertugas sebagai Communications Adviser dalam Konferensi PBB untuk Perubahan Iklim.Selama menjadi Duta Lingkungan pada tahun 2009 hingga 2016, Valerina menulis tiga seri buku. Pertama, Easy Green Living: Langkah Mudah Hidup Ramah Lingkungan. Kedua, Seri buku Aku Sayang Bumi (16 judul). Ketiga, Seri buku 4 Sahabat Super (4 judul).Valerina merupakan alumni S1 jurusan Hubungan Internasional, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip), Universitas Indonesia. Pada tahun 2008, ia mendapatkan beasiswa Australian Leadership Awards. Laluu, ia melanjutkan kuliah di Monash University, Australia. Pada tahun 2010, Valerina lulus dengan gelar Master Bidang Komunikasi dan Media dengan predikat High Distinction atau Cum Laude.Pada tahuun 2011, Valerina mendapatkan penghargaan Indonesia Green Awards 2011 dan Australian Alumni Awards for Communications and Journalism 2011. Penghargaan itu berkat dedikasinya sebagai Jurnalis sekaligus Duta Lingkungan. Selain itu, ia pernah meraih program beasiswa pertukaran pelajar ke Amerika Serikat dalam American Field Service (AFS) Intercultural Program.Sedangkan karier jurnalistiknya pada tahun 2011 yaitu menjadi Lead Presenter dan International Correspondent di SCTV. Lalu, tahun 2015, ia menjadi host Talk Show Prime Time di Berita Satu News.Hingga tahun 2018 Valerina ditunjuk sebagai Juru Bicara dan Penasihat Komunikasi program Sistem Verifikasi Legalitas Kayu Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). Selama tahun 2018 hingga 2020, Valerina dipercaya menjadi Tenaga Ahli Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif sekaligus Ketua Tim Percepatan Pembangunan Pariwisata Berkelanjutan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.Saat ini, Valerina adalah news anchor (pembawa berita) program Bahasa Inggris di TVRI World, sebuah saluran televisi resmi pemerintah Indonesia yang dibawakan dalam Bahasa Inggris dan disiarkan secara internasional. Sepak terjang dalam bidang jurnalistiknya dikenal melalui peliputan bencana tsunami di Aceh dan Sri Lanka, serta Pemilu Presiden AS di Washington, DC.Mulai tahun 2023, Valerina ditetapkan sebagai Dewan Penasihat Senior Bidang Komunikasi Yayasan Badak Indonesia. Ia juga dipercaya menjadi Penasihat Komunikasi untuk program GESIT (Gender Equality and Social Inclusivity in Insfrastructure) - bagian dari program kerja KIAT (Kemitraan Indonesia Australia untuk Infrastruktur).Akun instagram Valerina Daniel yaitu: @valerinadaniel

Aturan Debat Pilpres 2024

Berdasarkan pasal 277 Undang-Undang Pemilu, menjelaskan tentang debat yang menjadi salah satu sarana kampanye. Berikut penjelasannya:(1) Debat Pasangan Calon sebagaimana dimaksud dalam Pasal 275 ayat (1) huruf h dilaksanakan 5 (lima) kali.(2) Debat Pasangan Calon sebagaimana dimaksud pada ayat (1) diselenggarakan oleh KPU dan disiarkan langsung secara nasional oleh media elektronik melalui lembaga penyiaran publik.(3) Moderator debat Pasangan Calon dipilih oleh KPU dari kalangan profesional dan akademisi yang mempunyai integritas tinggi, jujur, simpatik, dan tidak memihak kepada salah satu Pasangan Calon.(4) Selama dan sesudah berlangsung debat Pasangan Calon, moderator dilarang memberikan komentar, penilaian, dan simpulan apa pun terhadap penyampaian dan materi dari setiap Pasangan Calon.(5) Materi debat Pasangan Calon adalah visi nasional sebagaimana dimaksud dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945:a. melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia; b. memajukan kesejahteraan umum; c. mencerdaskan kehidupan bangsa; dan d. ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial.(6) Ketentuan lebih lanjut mengenai pelaksanaan debat Pasangan Calon diatur dalam Peraturan KPU.

Jadwal dan Daftar Siaran TV Debat Pertama Pilpres 2024

KPU menyampaikan, jadwal debat pertama pilpres 2024 direncanakan pukul 19.00 WIB, pada Selasa (12/12/2023). Debat tersebut akan dilaksanakan di Kantor KPU RI dan ditayangkan secara prime time di TVRI dan RRI.
Kopi Jimat

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi ditandai dengan *

This site is protected by Honeypot.