Kabar TrenggalekKabar Trenggalek

Press ESC to close

Komitmen Menjaga Alam, Ansor Trenggalek: Anggota yang Dukung Tambang Emas Dipecat

Arena Parfum

Komitmen Gerakan Pemuda (GP) Ansor Trenggalek untuk satu komando menjaga alam Trenggalek dari kerusakan terus digelorakan. Salah satunya untuk terus menolak tambang emas di Trenggalek oleh PT Sumber Mineral Nusantara (SMN).

Bahkan, lewat Rapat Pimpinan Ansor Trenggalek yang berlangsung pada Selasa (15/08/2023), tiap tingkatan kepengurusan satu komando tolak tambang emas. Hal ini diperkuat dengan penandatanganan pakta integritas oleh seluruh peserta rapat yang hadir.

Hal ini sebagaimana yang disampaikan Muhammad Izuddin Zakki (Gus Zaki), Ketua Ansor Trenggalek. Ia mengatakan, lewat penandatanganan pakta integritas ini secara organisasi sudah sepakat tolak tambang emas Trenggalek.

"Kami tidak ingin ada oknum satupun dari pengurus atau anggota kami mengatasnamakan pribadi atau organisasi. Yang kemudian mendukung untuk penambangan emas di Kabupaten Trenggalek," ujar Gus Zaki.

Tak tanggung-tanggung, Ansor Trenggalek sepakat jika ada anggota dan pengurus organisasi yang mendukung tambang emas PT SMN harus siap dipecat.

"Dan kami publish di media pemecatan itu, sebagai bukti bahwa Ansor Trenggalek tetap konsen untuk penolakan tambang emas dan pelestarian alam di Kabupaten Trenggalek," ungkap Gus Zaki.

Hal ini berlaku tanpa terkecuali, termasuk pada Gus Zaki sendiri sebagai Ketua Ansor di Trenggalek.

"Saya yang paling awal menandatangani. Jadi, maksudnya saya beri contoh. Kalau saya sebagai ketua pimpinan cabang kemudian berkhianat, maka saya juga harus rela dipecat," terang Gus Zaki.

Tak Ingin Alam Trenggalek Hancur

Baniir di Trenggalek pada Oktober 2022/Foto: Triigus D. Susilo (Kabar Trenggalek)

Komitmen bersama di tubuh Ansor Trenggalek dalam menolak tambang emas oleh PT SMN bukan tanpa alasan. Gus Zaki menerangkan, ada kekhawatiran alam Trenggalek hancur jika tambang emas masuk.

Bahkan, lanjut Gus Zaki, beberapa anggota Ansor Trenggalek di kawasan konsesi tambang emas sudah merasakan dampak dari eksplorasi. Hal ini kemudian menghantui para anggota Ansor jika tambang emas sudah beroperasi.

"Baru dieksplorasi saja mereka sudah merasakan atau dihantui rasa ketakutan ketika tanah mereka dibor. Kemudian setelah dibor itu ada efeknya. Ada tanah yang longsor, kemudian tiba-tiba sumur atau mata air mereka hilang," ujar Gus Zaki.

"Dan yang di dataran meski tidak terdampak secara langsung, mereka juga menolak karena khawatir bahwa kelestarian alam. Ketika alamnya ini digunduli, gunung tidak baik-baik saja, maka kalau ada hujan dengan debit tinggi tentu tidak terserap dengan baik. Akhirnya, ya banjir, mereka mendapatkan kiriman banjir dari gunung-gunung itu," kata pengasuh Pondok Pesantren Al-Falah Kedunglurah Kecamatan Pogalan itu.

Lewat PAC Ansor di Trenggalek, Gus Zaki mengharapkan bisa meneruskan semangat dan komitmen untuk tolak tambang emas hingga ke tingkat ranting-ranting. Para PAC melakukan edukasi kepada masyarakat tentang potensi dampak kerusakan tambang emas oleh PT SMN.

"Kanjeng Nabi Muhammad SAW pun juga bagaimana sangat menyarankan menjaga mata air, menjaga lingkungan seperti ini. Jadi, kami digerakan pemuda Ansor harus selalu seperti itu agar kelestarian alam terjaga," tandas Gus Zaki.

Pakta Integritas PC Ansor Trenggalek

Pakta Integritas ini memiliki poin-poin yang kemudian ditandatangani sebagai bentuk kesepakatan dan komitmen bersama. Lalu, dikumpulkan pada PC Ansor Trenggalek. Adapun isi pakta integritas Ansor Trenggalek sebagai berikut:

  1. Siap menjadi Pengurus Pimpinan Cabang GP Ansor Trenggalek masa khidmat 2023-2027 dengan penuh tanggung jawab serta berpegang teguh pada PD/PRT serta Peraturan Organisasi GP Ansor.
  1. Akan satu komando dengan PC GP Ansor Trenggalek dalam segala hal.
  1. Sinergi dengan PC GP Ansor Trenggalek dalam menolak tambang emas demi menjaga alam Trenggalek.
  1. Kalau sampai membantu/bekerjasama/memfasilitasi baik secara personal maupun organisasi di semua tingkatan atas adanya tambang emas atau orang yang bekerja untuk tambang emas, harus siap dipecat dari PC GP Ansor Trenggalek dan akan dipublish lewat media agar integritas PC GP Ansor tetap terjaga.
Kopi Jimat

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi ditandai dengan *

This site is protected by Honeypot.