Kabar TrenggalekKabar Trenggalek

Press ESC to close

Rekomendasi Kuliner Khas Tawangmangu yang Bikin Ngiler

Kubah Migunani

Tawangmangu merupakan salah satu Kecamatan yang berada di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Kabupaten ini terkenal dengan wisata alam yang asri dan memukau. Sehingga sering dikunjungi khususnya kawula muda.

Di balik keindahan wisata alamnya, Tawangmangu juga memiliki harta karun berupa kuliner khas. Kuliner khas Tawangmangu ini mampu membuat siapapun ngiler untuk mencicipinya.

Pesona kindahan Tawangmangu/Foto: Heny Purwaty

Paduan kulinernya yang lezat dan menggoda siapapun, dengan pemandangan alamnya yang masih asri menjadi daya tarik tersendiri.

Selain itu, udara dingin di tempat tersebut membuat lapar terus. Pengennya ngemil sembari menikmati wisatanya yang beragam.

Kuliner Khas Tawangmangu

1. Sego Gablok

Lezatnya Sego Gablok khas Tawangmangu/Foto: Istimewa

Nasi Gablok atau lebih dikenal Sego Gablok merupakan makanan khas Tawangmangu yang cukup unik. Bagaimana tidak, cara pengolahannya dengan mengukus nasi yang sudah dicampur dengan santan.

Rasa Sego Gablok menjadu gurih dan membuat lidah tak berhenti bergoyang saat memakannya. Kemudian ditambah aroma khas kukusan dari daun pisang menambah cita rasa.

Segi Gablok bisa disantap dengan segala jenis lauk pauk. Namun yang lebih populer disantap dengan bothok mlanding dan bothok ayam. Rasa nasi yang sudah gurih ditambah lauknya berupa bothok membuat siapapun ngiler ingin makan.

2. Bubur Tumpang

Nikmatnya Bubur Tumpang saat masih hangat/Foto: Kedai Matmon

Bagi pemburu kuliner pedas maka bisa mencoba Bubur Tumpang Tawangmangu. Kuliner ini memiliki cita rasa pedas dan gurih, kendati ada varian yang rasanya tidak terlalu pedas atau sumer. Cocok disantap saat pagi hari, terutama untuk menghangatkan tubuh dari udara dingin.

Kuliner tersebut terdiri dari nasi yang diberi urap berupa kecambah, daun bayam, mentimun, dan lain-lain. Disajikan dengan nasi masih hangat dan disiram kuah tumpang yang pedas.

Makanan ini sangat cocok dengan suhu udara di Tawangmangu yang terkenal dingin. Sehingga, setelah berwisata bisa mampir untuk menyantap Sego Tumpang.

3. Carang Mas/Grubik

Renyahnya Carang Mas khas Tawangmangu/Foto: Istimewa

Jika sebelumnya ada kuliner pedas, kini saatnya mencoba cicipi kuliner manis khas Tawangmangu. Kuliner tersebut adalah Carang Mas atau Grubik, kalau di Jawa Timur biasanya disebut dengan Walangan.

Carang Mas terbuat dari umbi kayu dan rambat, namun paling sering adalah umbi kayu atau singkong. Singkong setelah dikupaa dan dicuci bersih kemudian di potong kecil-kecil berbentuk memanjang seperti lidi. Setelah itu digoreng dan diberi bumbu gula jawa.

Gula jawa tersebut membuat singkong berwarna putih menjadi kuning kemasan. Maka biasa disebut dengan Carang Mas. Rasanya yang gurih dan manis cocok dijadikan teman camilan saat berwisata. Selain itu, makanan ini bisa dibawa pulang sebagai oleh-oleh.

4. Molen mini

Molen Mini khas Tawangmangu bertekstur renyah dan lumer ketika digigit/Foto: Lilik Rohma

Hawa dingin di Tawangmangu memang bisa membuat orang kepingin ngemil terus. Salah satu makanan yang tepat untuk ngemil saat udara dingin menyerang adalah gorengan.

Di Tawangmangu ada gorengannya yang khas, yakni molen mini. Berbeda dari molen pada umumnya, bentuk molen ini kecil dan bisa dimakan dengan satu suapan, sama seperti namanya 'mini'.

Molen mini khas Tawangmangu memiliki tekstur renyah. Namun ketika digigit coklat dan pisang yang berpadu bikin lumer di mulut. Cocok dijadikan teman ngemil saat berwisata di sana.

5. Jadah

Jadah kuliner khas Tawangmangu/Foto: Resep Dapur

Jadah merupakan kuliner yang terbuat dari beras ketan yang dicampur santan dan bumbu lain berupa garam. Cara pembuatannya mirip dengan nasi lemak atau nasi gurih. Bedanya, beras ketan saat diolah memiliki karsktersitik lengket dan padat.

Selain itu, beras ketan ketika diolah menjadi nasi memiliki rasa yang khas, berbeda dengan nasi putih yang hambar.

Rasa gurih dari ketan dan berpadu dengan santan membuat kuliner ini begitu diminati. Terutama saat masih hangat cocok untuk menemani saat udara dingin.

6. Wajik

Manisnya jajanan Wajik khas Tawangmangu/Foto: Rita

Wajik adalah salah satu camilan manis tradisional Indonesia yang dibuat dari ketan putih yang diberi perasa dan pewarna dari gula merah atau gula jawa. Biasanya, wajik disuguhkan saat ada hajat seperti pernikahan.

Namun jika menunggu acara pernikahan hanya untuk mencicipi wajik akan lama. Oleh karena itu, saat Anda berkunjung ke Tawangmangu bisa mencicipi kuliner ini. Karena ada beberapa pedagang di pasar yang menjajakannya.

Rasanya manis dan berpadu gurihnya ketan membuat ngiler pengen makan. Cocok dijadikan santapan saat berwisata, selain praktis rasanya pas di lidah orang Indonesia.

7. Sagon

Kuliner Sagon yang gurih dan lezat/Foto: Istimewa

Sagon merupakan salah satu camilan tradisional yang sampai saat ini masih banyak ditemukan. Terutama di kawasan Tawangmangu. Tak heran jika wisatawan banyak yang memilih sagon menjadi salah satu oleh oleh khas Tawangmangu yang cukup sering dibeli.

Sagon merupakan sebuah kue yang berbentuk bundar dengan tekstur renyah dengan aroma kelapa yang gurih sehingga bisa membuat siapapun tergoda. Kue ini memang bisa membuat siapapun ketagihan, untuk itu sagon bisa dengan mudah ditemukan dan dijual dengan harga terjangkau. Kamu pun bisa membeli yang banyak untuk bisa dibagikan pada tetangga atau teman sekantor.

8. Sate Kelinci

Lezatnya sate kelinci khas Tawangmangu/Foto: Istimewa

Kelinci merupakan hewan yang imut dan lucu, namun dibalik keimutan dan kelucuannya, daging kelinci memiliki cita rasa yang khas dan bertekstur lembut.

Salah satu cara mengolahnya dengan disate. Rasa daging yang gurih dan lembut berpadu dengan bumbu sate membuat perut keroncongan.

Jika penasaran dengan cita rasa sate kelinci, Anda bisa cicipi saat berwisata ke Tawangmangu. Begitu mencium aromanya, dijamin membuat penasaran dan jadi ngiler.

Biasanya sate kelinci disajikan dengan lontong. Kemudian disiram dengan sambal kacang yang gurih, kemudian diberi kecap dan taburan daun jeruk purut yang telah diiris.

Terima kasih sudah membaca artikel di Kabar Trenggalek. Semoga ulasan tentang 'Rekomendasi Kuliner Khas Tawangmangu' ini bisa bermanfaat untuk Anda semua.

Kopi Jimat

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi ditandai dengan *

This site is protected by Honeypot.