Kabar TrenggalekKabar Trenggalek

Press ESC to close

Atraksi Wisata Pantai Pelang Trenggalek, Indahnya Pantai dan Pesona Air Terjun

Kubah Migunani

Pantai Pelang merupakan salah satu pantai eksotis di Kabupaten Trenggalek. Lokasinya berada di Desa Wonocoyo, Kecamatan Panggul, Trenggalek.

Sebagaimana Pesisir Selatan Jawa, Pantai Pelang Trenggalek memiliki keindahan alam nan eksotis. Ada berbagai atraksi wisata Pantai Pelang yang bisa pengunjung dapatkan.

Pantai Pelang berjarak sekitar 58 kilometer dari pusat kota dan memerlukan waktu tempuh selama kurang lebih dua jam. Barangkali, panjangnya perjalanan bisa membuat letih. Namun ketika sampai, rasa letih tersebut bisa terbayar lunas.

Perjalanan menuju Pantai Pelang cukup menarik. Karena pengunjung akan diajak melewati jalan berkelok, naik turun bukit, dan melewati hamparan ladang miliki warga.

Tak hanya itu, selama diperjalanan pengunjung akan disuguhkan pemandangan alam yang indah. Gunung-gunung yang berjejer, tumbuhan hijau yang berbaris, dan nampak pemukiman warga di kaki bukit.

Atraksi Wisata Pantai Pelang

Di Pantai Pelang, pengunjung bisa mendapatkan atraksi wisata menarik dan hanya bisa didapatkan di pantai ini. Karena di Pantai Pelang terdapat tebing menjulang, air terjun, gugusan hutan pinus, dan sungai.

1. Menikmati Segarnya Air Terjun

Pengunjung sedang menikmati kesegaran air terjun di Pantai Pelang Trenggalek/Foto: Luwarno Bakoh

Di Pantai Pelang terdapat air terjun yang indah dan airnya jernih menyegarkan. Lokasinya berada di barat pantai dan pengunjung hanya perlu jalan beberapa meter saja.

Airnya sangat jernih dan menggoda siapapun untuk mandi di bawahnya. Setiap kali musim liburan tiba, banyak anak-anak hingga orang dewasa yang mandi di bawah air terjun ini.

Namun, jika sedang tidak ingin mandi atau basah-basahan, pengunjung juga bisa mengabadikan keindahan air terjun ini.

Keindahan air terjun ini terletak pada tumbuhan yang hidup disekitaran air terjun. Bahkan ada yang tumbuh tepat di bawahnya. Selain itu, endapan mineral yang dibawa air menambah kecantikan air terjun ini.

2. Piknik di Bawah Pohon Pinus

Nikmatnya bersantai di bawah pohon pinus yang rindang, Pantai Pelang Trenggalek/Foto: Totok Orista

Di pinggiran Pantai Pelang terdapat gugusan hutan pinus yang berjejer rapi. Pohonnya yang rindah sangat nyaman untuk dijadikan tempat berteduh.

Pengunjung bisa juga piknik di bawah pepohonan pinus ini. Dengan membawa tikar dari rumah dan camilan, piknik bersama orang tercinta begitu menyenangkan.

Belum lagi sembari piknik pengunjung bisa sembari menimati keindahan alam. Alunan ombak berselimut semilir angin akan menghiasi piknik pengunjung.

3. Bermain Air di Muara

Pengunjung sedang merasakan sensasi di muara Pantai Pelang Trenggalek/Foto: @diyanofficial (Instagram)

Pantai Pelang memiliki muara, tempat pertemuan antara air sungai dan air laut, yang relatif tidak terlalu dalam alias dangkal. Pengunjung bisa bermain air di sini.

Bermain di muara ini relatif jauh lebih aman dibanding bermain air di tepian pantai. Karena gelombangnya yang besar sangat berbahaya bagi keselamatan.

4. Berjalan-Jalan di Tepian Pantai

Potret pengunjung sedang menikmati indahnya Pantai Pelang Trenggalek/Foto: Dea Irfanda (Instagram)

Pantai Pelang memiliki luas kurang lebih 50 hektare. Sebagai sebuah pantai, ini bisa dikatakan cukup luas.

Saat di Pantai Pelang, pengunjung bisa berjalan-jalan sepuasnya. Sembari mengeksplore keindahan pantai, bisa juga dengan mengabadikan lewat foto.

5. Hunting Foto Instagramable dan Video Sinematik

Pegunjung sedang berfoto di air terjun Pantai Pelang Trenggalek/Foto: Vivi Dwi O. (Instagram)

Keindahan dan eksotisme Pantai Pelang sayang jika dilewatkan begitu saja. Pengunjung bisa mengabadikannya lewat kamera handphone atau kamera.

Banyak spot foto maupun video instagramable dan estetik untuk dijadikan latar belakang. Seperti di belakang tebing, menyusuri jalan setapak arah pantai, membuat video travel di air terjun dan lain-lain.

6. Berkemahdi Pantai

Suasana kemah di Pantai Pelang Trenggalek/Foto: Dansai

Berkemah di Pantai Pelang bisa menjadi atraksi wisata paling menarik. Karena bisa merasakan suasana dan keindahan pantai 24 jam.

Suasana pantai yang sepi saat malam hari bisa membuat suasanan tenang dan cocok untuk healing. Pengunjung akan ditemani suara-suara alam seperti desisan angin, deburan ombak, dan suara daun-daun menari yang terkena angin.

Selain itu, dengan berkemah di pantai ini pengunjung bisa melihat langsung pemandangan sunset dan sunrise. Lokasinya cukup strategis untuk melihatnya.

Saat pagi tiba, matahari akan merangkak naik melwati perbukitan. Cahayanya akan mengintip di balik dedaunan dan ranting-ranting pohon.

Ketika senja, matahari akan perlahan tenggelam di ujung samudera. Cahaya kemasan akan menghiasi lautan di Pantai Pelang.

Fasilitas dan Harga Tiket

Nelayan Pantai Pelang Trenggalek sedang menjaring ikan/Foto: @sugihartosigit67 (Instagram)

Fasilitas yang tersedia di Pantai Pelang bisa dibilang cukup lengkap. Di sana sudah ada mushola, kamar mandi, rumah makan, tempat beli oleh-oleh, gazebo, tempat parkir, dan lain-lain.

Tiket masuk di Pantai Pelang bisa dibilang cukup terjangkau dan aman di kantong. Cukup membayar Rp. 8.000 pengunjung sudah menikmati keindahan alam dan fasilitas yang tersedia. Harga ini juga sudah termasuk retribusi parkir kendaraan.

Lokasi Pantai Pelang Trenggalek di Google Maps:

https://maps.app.goo.gl/koQGjCuVJais3vUx8

Jangan lupa untuk berwisata secara aman di pantai supaya tidak mengalami kecelakaan. Semoga liburan Anda menjadi menyenangkan.

Terima kasih sudah membaca artikel di Kabar Trenggalek. Semoga ulasan 'Pantai Pelang Trenggalek' bisa bermanfaat untuk Anda semua.

Kopi Jimat

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi ditandai dengan *

This site is protected by Honeypot.