Kabar TrenggalekKabar Trenggalek

Press ESC to close

Penyabab dan Tips Mudah Menghilangkan Bau Mulut saat Berpuasa

Selain rasa lapar dan haus, bau mulut juga turut hadir ‘menghiasi’ puasa Ramadan Anda. Bau mulut dapat mengganggu aktivitas, karena baunya yang tidak sedap membuat kurang percaya diri saat berinteraksi dengan orang lain.

Untuk kondisi seperti ini, Anda perlu mengetahui tips mudah menghilangkan bau mulut saat berpuasa. Terutama Anda yang bekerja di bidang publik speaking dan pelayan publik.

Pekerjaan seperti ini mengharuskan Anda untuk berinteraksi dengan orang lain. Seperti berbicara, memanggil, menerangkan sesuatu hal, dan lain-lain.

Sebenarnya, untuk menutupi bau mulut bisa dilakukan dengan masker. Akan tetapi lama-lama bau mulut juga akan mengumpul dalam masker dan tercium sendiri aromanya. Lama-lama Anda juga tidak betah mencium bau mulut yang aromanya begitu semerbak.

Kebanyakan orang serta-merta mengkambing hitamkan puasa sebagai penyebab bau mulut. Padahal, menurut sebuah penelitian bau mulut tidak selalu disebabkan saat puasa. Meskipun saat puasa lambung juga mengeluarkan bau yang tidak sedap. Akan tetapi ada faktor yang sangat berpengaruh seperti kebersihan mulut dan gigi.

Penyebab Bau Mulut saat Puasa

Ada beberapa faktor yang menyebabkan bau mulut saat puasa. Salah satunya, saat puasa secara otomatis mulut akan mengurangi produksi air liur. Hal ini disebabkan selama berpuasa mulut tidak mendapatkan asupan cairan.

Air liur memiliki peran dalam mulut, yakni sebagai pembersih dan pembunuh kuman serta bakteri. Air liur juga mengandung enzim untuk mencerna serat dan glikoprotein yang berfungsi melindungi mukosa mulut.

Sehingga, karena air liur produksinya menurun menyebabkan mulut dan tenggorokan menjadi kering. Kondisi seperti ini menjadi langganan kuman dan bakteri penyebab bau berkembang biak dengan baik di mulut. Alhasil bau mulut tak terelakan.

Yang kedua, bau mulut saat berpuasa juga bisa disebabkan karena kurangnya kebersihan mulut dan gigi. Hal ini juga berpengaruh terhadap kesehatan dan bau mulut.

Sering kali sisa-sisa makanan masih menyangkut pada sela-sela gigi. Sisa makanan ini jika tidak segera dibersihkan dapat mengalami pembusukan dan membuat mulut kotor. Serta, sisa makanan pada gigi ini juga menjadi sarang berkembang biak bagi kuman dan bakteri yang menyebabkan bau mulut.

Yang ketiga, bau mulut saat berpuasa disebabkan juga karena gangguan organ pencernaan. Selama berpuasa cairan pencernaan tetap keluar meski tidak ada asupan makanan dan minuman. Kondisi ini berdampak pada lapisan perut sehingga mengakibatkan timbulnya bau busuk seperti bau makanan basi.

Selain itu, proses metabolisme menggunakan cadangan lemak dalam tubuh melepaskan bahan kimia berupa keton yang keluar bersamaan dengan keluarnya napas. Kondisi ini barangkali tidak dapat dihindari, namun dengan merawat kebersihan mulut dapat meminimalisir bau mulut.

Tips Menghilangkan Bau Mulut saat Berpuasa

Setelah mengetahui penyebab bau mulut saat berpuasa, Anda sekarang dapat dengan mudah menghilangkannya. Sehingga Anda bisa beraktivitas seharian penuh percaya diri.

Mengutip dari laman Hellosehat, berikut tips menghilangkan bau mulut saat berpuasa.

1. Rajin Sikat Gigi

Saat berpuasa Anda sangat disarankan untuk rutin menyikat gigi. Karena dengan menyikat gigi bisa menghilangkan kotoran dan sisa makanan di mulut.

Jika khawatir menyikat gigi dapat membatalkan puasa, Anda dapat melakukannya di malam hari. Seperti setelah berbuka dan setelah santap sahur.

Pastikan Anda menyikat gigi dengan benar dan teliti. Sehingga kotoran dan sisa-sisa makanan yang menyelip dapat bersih dengan baik.

2. Berkumur dengan Mouthwash

Untuk mendapatkan kebersihan gigi dan mulut secara maksimal, Anda juga bisa menggunakan mouthwash untuk berkumur-kumur setelah menyikat gigi.

Produk mouthwash juga memiliki kandungan mirip antiseptik yang dapat membunuh kuman dan bakteri dalam mulut. Serta, biasanya mouthwash memiliki aroma mint dan sejenisnya yang membuat nafas menjadi segar.

Ada beberapa catatan saat Anda berkumur menggunakan mouthwash. Yakni pastikan cairan tidak tertelan dan hindari berkumur dengan mouthwash secara berlebihan.

3. Membersihkan Lidah

Selain membersihkan gigi dengan menyikat dan berkumur mouthwash. Anda juga bisa membersihkan lidah untuk menghilangkan bau mulut.

Untuk membersihkan lidah ada alat khusus yang dapat Anda gunakan. Alat ini juga tidak memerlukan sejenis pasta gigi, melainkan Anda cukup memastikan alat pembersih lidah dalam keadaan higenis.

4. Penuhi Cairan Tubuh

Seperti yang diuraikan pada awal artikel ini, penyebab bau mulut bisa disebabkan karena kurangnya produksi air liur. Hal ini disebabkan karena kurangnya asupan cairan.

Oleh sebab itu, saat berbuka dan sahur pastikan Anda telah mencukup cairan tubuh dengan rutin minum air.

Untuk takarannya setiap orang memiliki ukuran yang berbeda-beda. Namun, sebagai patokan Anda bisa minum dua gelas setelah berbuka dan sahur. Serta minum air putih beberapa gelas di malam hari.

Dengan rutin minum air putih, maka produksi air liur bisa tetap terjaga. Bau mulut saat berpuasa dapat menghilang.

5. Konsumsi Vitamin C

Vitamin C selain menjaga kesehatan bibir dan menghindari sariawan. Ternyata vitamin C juga berperan dalam meningkatkan produksi air liur di mulut.

Asupan vitamin C dapat dipenuhi dengan mengkonsumsi suplemen tambahan. Namun, jika ingin mendapatkan asupan yang alami, Anda dapat mengkonsumi buah-buahan. Seperti jeruk, jambu merah, dan lain-lain.

Selai itu, dengan mengkonsumi buah yang mengandung vitamin C tinggi sekaligus dapat ‘membilas’ bakteri dari sisa makanan di mulut.

6. Mengobati Gusi yang Sakit

Bau mulut bisa disebabkan karena sakit pada area gusi. Penyakit gusi ini antara lain gingivitis dan periodontitis. Gusi yang sakit ini menyebabkan bakteri menumpuk. Sehingga mengeluarkan bau yang tidak sedap.

Agar bau mulut tak semakin bertambah parah saat puasa, Anda sebaiknya mengobati masalah gusi yang menjadi penyebabnya. Untuk menentukan pengobatan yang tepat, konsultasikan dengan dokter.

Demikian tips-tips menghilangkan bau mulut saat berpuasa. Meskipun ada sebuah hadist yang menyebutkan jika bau mulut dari orang yang berpuasa akan menjadi aroma wangi di surga. Tidak ada salahnya bagi Anda untuk berusaha menghilangkan bau mulut. Toh, dalam agama Islam juga diajarkan pentingnya menjaga kebersihan dan kesehatan, salah satunya menjaga kebersihan mulut. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi ditandai dengan *