Kabar TrenggalekKabar Trenggalek

Press ESC to close

Jadwal Imsak dan Buka Puasa Trenggalek Hari Ini, Rabu 05 April 2023

Bulan puasa ramadan 1444 Hijriah sudah tiba. Umat Islam, termasuk di Trenggalek, wajib menjalankan ibadah puasa selama 30 hari penuh. Oleh karena itu, umat Islam harus tahu jadwal imsak dan buka puasa Trenggalek hari ini, Rabu 05 April 2023.Berdasarkan 'Buku Pintar Agama Islam' oleh Abu Aunillah Al-Baijury, puasa adalah menahan diri dari makan, minum, nafsu, dan lain sebagainya yang dapat membatalkan puasa sejak terbit fajar hingga terbenamnya matahari. Puasa merupakan rukun Islam yang ketiga.Tujuan puasa dalam Islam adalah untuk bertakwa kepada Allah SWT. Lebih dari sekedar menahan lapar dan haus, ketakwaan itu didapatkan ketika umat Islam berniat sungguh-sungguh untuk mendapatkan ridha dari Allah SWT.Melansir dari laman Kemenkes, Puasa memiliki banyak manfaat baik dari segi kesehatan fisik maupun psikologis. Ditinjau dari sisi kesehatan fisik puasa memiliki beberapa manfaat di antaranya, yakni membakar lemak dalam tubuh.Selain itu, puasa bermanfaat untuk meningkatkan hormon pertumbuhan manusia, meningkatkan fungsi otak, mengurangi tekanan darah, mengatur trigliserida, mengatasi resistensi insulin, mengurangi risiko penuaan, dan penyakit berbahaya.Tidak hanya dari sisi kesehatan, puasa memiliki manfaat dalam sisi psikologis. Puasa dapat mengubah pikiran menjadi tenang, damai, dan bahagia, mengurangi rasa takut dan agresif, puasa dapat mengurangi kecemasan dan depresi.Manfaat puasa dari sisi psikologis, yakni puasa menumbuhkan rasa empati dan simpati, puasa mematangkan kecerdasan emosional, memberikan mood positif bagi yang menjalankannya.

Jadwal Imsak dan Buka Puasa Trenggalek, Rabu 05 April 2023

  1. Imsak 04:11 WIB
  2. Subuh 04:21 WIB
  3. Terbit 05:33 WIB
  4. Duha 06:00 WIB
  5. Dzuhur 11:40 WIB
  6. Ashar 14:56 WIB
  7. Maghrib/buka puasa 17:39 WIB
  8. Isya' 18:48 WIB

Bacaan Niat Puasa Ramadan

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ فَرْضِ شَهْرِ رَمَضَانِ هذِهِ السَّنَةِ لِلهِ تَعَالَىBacaan latin: Nawaitu shauma ghadin 'an adâ'i fardhi syahri Ramadhâni hâdzihis sanati lillâhi ta'âla.Artinya: "Aku berniat puasa esok hari untuk menunaikan fardhu di bulan Ramadhan tahun ini, karena Allah ta'ala."

Doa Buka Puasa

HR Bukhari dan Muslimاَللّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَبِكَ آمَنْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَBacaan latin: Allahumma laka shumtu wa bika amantu wa'ala rizqika afthartu. Birrahmatika yaa arhamar roohimin.Artinya: "Ya Allah, untukMu aku berpuasa, dan kepadaMu aku beriman, dan dengan rezekiMu aku berbuka. Dengan rahmatMu wahai yang Maha Pengasih dan Penyayang."

Tata Cara Puasa Ramadan

1. Melafazkan NiatAdapun membaca niat puasa Ramadhan dapat dilakukan setiap malam hari atau pada saat melaksanakan sahur sebelum memasuki waktu subuh.2. Makan SahurMakan sahur lebih utama dilakukan menjelang masuk waktu subuh sebelum imsak.3. Menahan DiriMenjaga dan menahan diri dari segala hal yang membatalkan, seperti makan, minum, dan semisalnya.4. Menjaga DiriLebih menjaga diri dari hal-hal yang membatalkan pahala puasa seperti berkata kotor, menggunjing orang, dan segala perbuatan dosa.5. Segera Berbuka PuasaSegera berbuka puasa tepat waktu saat tiba di waktu maghrib.

Syarat Wajib Puasa

  1. Memeluk agama islam
  2. Sudah baligh
  3. Berakal
  4. Dalam kondisi sehat
  5. Mampu melaksanakannya
  6. Suci dari haid dan masa nifas
  7. Tidak sedang melakukan perjalanan jauh

Syarat Sah Puasa

  1. Beragama Islam dan tidak murtad (pindah untuk memeluk agama lainnya)
  2. Suci dari haid dan nifas bagi para muslimah
  3. Dapat membedakan mana hal-hal yang dapat berpengaruh baik dan buruk
  4. Mengetahui tentang waktu diterimanya puasa dengan baik dan benar

Amalan Sunnah Puasa

  1. Menyegerakan berbuka puasa jika telah yakin bahwa matahari telah tenggelam.
  2. Berbuka dengan korma, atau makanan/minuman manis lainnya, atau cukup dengan air putih
  3. Berdoa sewaktu berbuka puasa
  4. Makan sahur
  5. Mengakhirkan makan sahur
  6. Memberi makan untuk berbuka kepada orang yang berpuasa
  7. Banyak bersedekah
  8. Banyak membaca Alquran dan mempelajarinya
  9. Tidak mengucapkan perkataan yang buruk
  10. Salat Tarawih di malam hari
  11. I’tikaf
  12. Mengeluarkan zakat fitrah di antara fajar subuh dan sebelum orang-orang keluar salat Ied

Hal-Hal yang Membatalkan Puasa

  1. Memasukkan sesuatu ke lubang tubuh dengan sengaja
  2. Mengalami haid atau nifas
  3. Hilang akal
  4. Berhubungan badan
  5. Muntah dengan sengaja
  6. Keluarnya air mani
  7. Murtad
  8. Memasukkan obat ke dalam qubul dan dubur
Demikian artikel tentang jadwal imsak dan buka puasa Trenggalek hari ini. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda semua. Kami akan terus update jadwal imsak dan jadwal buka puasa Trenggalek setiap hari.

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi ditandai dengan *