Kabar TrenggalekKabar Trenggalek

Press ESC to close

Saat ke Trenggalek, Jangan Lewatkan Mencicipi Kuliner Ikan, Berikut Rekomendasinya

Kabar Trenggalek - Saat berwisata pantai di Trenggalek, rasanya kurang afdol jika tidak mencicipi kuliner ikannya. Kekayaan hasil laut, terutama ikan sangat berlimpah di Trenggalek. Alhasil, membuat masyarakat inovatif dalam mengolah ikan menjadi kuliner yang menggoda di mulut.

Kuliner ikan Trenggalek beragam cara pengolahannya. Ada yang dibakar, diasap, dan digoreng. Membuat rasa ikan semakin lezat dan nikmat.

Setiap jenis pengolahannya akan memberikan cita rasa tersendiri. Menarik untuk dicoba satu persatu. Berikut rekomendasi kuliner ikan di Trenggalek yang bisa dicoba saat liburan nanti.

1. Ikan Bakar

Ikan bakar mudah ditemukan saat berwisata pantai. Seperti pantai di Watulimo, Munjungan, dan Panggul, pasti ada yang menjajakan ikan bakar.

Pengolahan dengan cara dibakar akan memberikan rasa yang khas. Menambah cita rasa ikan yang sudah gurih dan lezat.

Dipadukan sambal kecap membuat rasa ikan bakar lebih nikmat. Rasa pedas dari sambal dapat menaikan selera makan.

Makan ikan bakar lebih nikmat lagi sembari melihat keindahan pantai Trenggalek. Makan bersama orang tercinta dengan ditemani keindahan panti membuat momen ini jadi sayang jika terlewatkan.

2. Ikan Tongkol Kuah Kuning

Kuliner yang berbahan dasar ikan tongkol ini dimasak dengan santan yang berwarna kuning. Warna kuning pada kuahnya berasal dari bumbui kunyit. Selain sebagai pewarna alami, kunyit juga menambah rasa enak pada masakan.

Rasa gurih dari ikan dan santannya akan berpadu jadi satu dalam piring. Kemudian perpaduan bumbu yang beragam memperkaya cita rasa masakan.

Lebih nikmat lagi makan ikan tongkol kuah kuning ini dimakan dengan nasi tiwul. Nasi yang masih hangat kemudian dipadukan dengan ikan tongkol kuah kuning seolah-olah makanan ini tiada duanya.

Di rumah makan Trenggalek, banyak yang menjajakan kuliner ini. Terutama di daerah wisata pantai.

Halaman selanjutnya

3. Botok ikan...

3. Botok Ikan

Botok ikan adalah kuliner ikan yang dibaluri parutan kelapa berbumbu dan dibungkus menggunakan daun pisang. Setelah dibungkus dengan daun pisang kemudian dikukus.

Makanan ini sudah menjadi santapan orang Trenggalek, terutama saat sarapan di pagi hari. Rasa gurih dari ikan dan parutan kelapa berpadu satu dengan bumbu-bumbu.

Kemudian, aroma khas daun pisang yang meresap ke ikan, membuat lidah tak berhenti bergoyang.

Botok ikan ini akan lebih nikmat jika dikonsumsi saat masih hangat dengan ditemani nasi hangat juga.

4. Ikan Asap

Berbeda dengan ikan bakar, ikan asap diolah dengan diasapi. Kalau ikan bakar langung di atas bara, sedangkan ikan asap hanya diasapi saja.

Ikan asap memiliki cita rasa yang khas. Aroma khas pengasapan akan muncul dengan wangi saat masakan ini disajikan.

Biasanya, ikan asap mudah ditemui di daerah wisata pantai Trenggalek. Disajikan saat masih hangat terasa lebih nikmat. Ditambah sambal kecap yang pedas membuat lidah tak berhenti bergoyang.

Sudah punya rencana ingin mencoba yang mana dulu?

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi ditandai dengan *