Kabar TrenggalekKabar Trenggalek

Press ESC to close

Cara Cepat Bersihkan Kerak Es di Kulkas, Hanya 10 Menit

Arena Parfum

Kabar Trenggalek - Mayoritas masyarakat saat ini, setiap rumah memiliki lemari es atau kulkas. Nah, di artikel kali ini, kami akan membahas cara cepat bersihkan kerak es di kulkas.

Manfaat memiliki kulkas adalah sebagai bentuk untuk menyimpan atau mengawetkan makanan. Namun, makanan yang disimpan atau dibekukan di kulkas secara kualitas jelas berbeda dengan yang masih segar. Kendati demikian, menyimpan makanan di kulkas tetap menjadi pilihan sevagian besar masyarakat. 

Tak bisa dipungkiri, setelah menyimpan makanan di kulkas, pasti ada bekas kerak yang menempel dalam dinding kulkas. Nah, pada saat membersihkan dengan manual pasti membutuhkan waktu yang lama. 

Fenomena kerak es di kulkas ini bisa terjadi karena freezer di kulkas mengandung uap air. Nah, saat uap air tersebut bertemu dengan suhu freezer yang semakin dingin, muncullah bunga es di sisi-sisi freezer.

Kerak es ini bisa jadi permasalahan yang cukup menyebalkan, lho. Apalagi, saat kerak es semakin menumpuk dan membuat kulkas sulit ditutup dengan rapat.

Baca: Cara Menyimpan Daging Kurban di Kulkas agar Awet Lama

Makanya, penting untuk membersihkan kerak es di kulkas secara berkala. Dengan membersihkan kerak es secara rutin, otomatis juga merawat kulkas agar tetap tahan lama dan tidak mudah rusak. 

Umumnya, membersihkan kerak es ini bisa dilakukan dengan cara mencabut daya listrik kulkas dan dibiarkan sampai mencair. Seorang pemilik channel YouTube bernama Ari Priyanti, baru-baru ini membagikan triknya dalam mencairkan kerak es dengan cepat, hanya 10 menit. 

"Waktunya cepet banget bun, antara 10-15 menit tergantung ketebalan bunga esnya," tulisnya di YouTube Ari Priyanti dilansir Kabar Trenggalek, Jumat (30/09/2022). 

Lewat video yang sudah ditonton jutaan kali tersebut, Ari Priyanti memperlihatkan langkah demi langkah mencairkan kerak es di kulkasnya. 

Semula ia cabut daya listrik kulkasnya. Kemudian, semua stok makanan dan minumannya dikeluarkan terlebih dahulu, termasuk yang ada di freezer biar tidak mengganggu proses pembersihan kerak es.

Baca: Cara Mengatasi Kolesterol: Panduan Lengkap

Ari Priyanti kemudian menyiapkan air hangat suam-suam kuku untuk dituangkan ke beberapa sudut kulkas yang ada kerak esnya. Gunanya untuk mempercepat cairnya kerak es, apalagi di sudut-sudut yang kerak es sangat keras. Gunakan sendok sayur untuk memudahkan proses menuangkan air hangat tersebut.

Selanjutnya, gunakan kipas angin yang diarahkan langsung ke freezer. Nah, kipas angin ini menurutnya ampuh bikin kerak es lebih cepat mencair, lho. Pastikan juga sudah menyiapkan kain, wadah, atau baskom di bagian bawah freezer untuk menampung air dari kerak es yang mencair biar tidak berjatuhan ke lantai.

Ari Priyanti juga menjelaskan, ada cara yang lebih cepat lagi untuk mencairkan kerak es, terutama di sudut ujung kulkas yang sulit dijangkau, yaitu pakai hair dryer. Tetapi, jika hanya pakai kipas angin pun tak masalah, karena waktu yang dibutuhkan hanya sekitar 10 sampai 15 menit untuk mencairkan kerak es.

Setelah semua kerak es bersih, semua sudut kulkas yang masih basah bisa diseka dengan kain biar kering. Nah, bisa pula ditempelkan dengan plastik, terutama di freezer untuk mempermudah pembersihan kerak es tanpa dicairkan nantinya, lho. Masukkan kembali makanan ke kulkas dan kulkas siap dinyalakan kembali.

Kopi Jimat

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi ditandai dengan *

This site is protected by Honeypot.