BerandaEdukasiCara Mengatasi Kolesterol: Panduan Lengkap

Cara Mengatasi Kolesterol: Panduan Lengkap

Terbit:

advertisement

Kolesterol adalah masalah besar. Ini adalah satu-satunya molekul yang dapat mempengaruhi kesehatan Anda secara besar-besaran.

Tapi itu tidak semua berita buruk, dan ada beberapa manfaat untuk mengambil tindakan pencegahan kolesterol yang sehat.

advertisement

Dalam panduan ini, kami akan membantu Anda memahami bagaimana kolesterol memengaruhi tubuh Anda, apa yang harus dilakukan jika kolesterol mulai tidak terkendali, dan faktor lain apa yang perlu Anda pertimbangkan saat menghitung risiko penyakit jantung.

Apa itu Kolesterol dan Apa Fungsinya?

Kolesterol adalah jenis lemak yang membantu membuat membran sel yang melapisi tubuh Anda. Ini juga membantu menghasilkan hormon yang mengontrol berbagai fungsi tubuh.

Risiko Anda untuk penyakit jantung, stroke, dan diabetes sebagian besar terletak pada tingkat kolesterol Anda. Kadar kolesterol dapat meningkat dengan cepat jika Anda tidak membatasi diet atau olahraga Anda, dan dapat terus meningkat bahkan ketika Anda mengonsumsi makanan yang sehat dan aktivitas fisik yang teratur.

advertisement

Jika Anda memiliki kadar kolesterol darah tinggi, penting untuk berbicara dengan dokter tentang cara menurunkannya. Kolesterol juga meningkatkan risiko mengembangkan penyakit Alzheimer, demensia, dan masalah terkait memori lainnya.

Jika Anda memiliki hipertensi atau berisiko tinggi terkena serangan jantung atau stroke, penting untuk berbicara dengan dokter Anda tentang perawatan tekanan darah tinggi.

Apa Tujuan Kolesterol?

Kolesterol penting karena membantu membuat membran sel yang melapisi tubuh Anda dan menghasilkan hormon tertentu yang mengontrol berbagai fungsi tubuh. Namun, banyak orang percaya bahwa terlalu banyak kolesterol dapat berdampak buruk bagi Anda dengan cara yang berbeda.

Sebagai contoh, beberapa orang percaya bahwa kadar kolesterol yang tinggi dapat menyebabkan penyakit jantung, stroke, dan diabetes. Yang lain khawatir bahwa menaikkan kadar kolesterol terlalu rendah dapat merusak arteri dan menyebabkan stroke atau masalah jantung.

advertisement

Untuk memastikan bahwa Anda mendapatkan semua nutrisi dan vitamin yang dibutuhkan oleh sel Anda, penting untuk membatasi asupan makanan tinggi lemak jenuh (seperti mentega) dan lemak tidak sehat seperti asam lemak Omega-6 dari makanan dan minyak olahan, serta asam lemak trans dari produk susu .

Salah satu cara untuk mengurangi risiko terkena penyakit kronis seperti penyakit jantung adalah dengan makan makanan sehat yang kaya buah-buahan, sayuran, biji-bijian, protein kaya serat seperti unggas (terutama dada ayam tanpa kulit), kacang-kacangan/biji-bijian/biji-bijian/omega- 3 asam lemak dari makanan laut/kerang/, dll, serta membatasi kandungan lemak jenuh dalam pilihan makanan Anda.

Cara Mengurangi Risiko Penyalahgunaan Kolesterol

Ada banyak cara untuk mengurangi risiko mengembangkan kadar kolesterol tinggi termasuk makan makanan seimbang yang mencakup buah-buahan dan sayuran segar; berolahraga secara teratur; mengelola tekanan darah; menghindari perilaku berisiko seperti merokok; minum obat yang diresepkan oleh dokter; dll. Namun tidak ada satu solusi sempurna untuk situasi setiap orang.

Beberapa cara yang bagus untuk membantu mengelola tekanan darah termasuk melakukan teknik manajemen stres sehari-hari seperti latihan pernapasan dalam atau menggunakan terapi perilaku kognitif; makan makanan rendah GI seperti roti gandum dan pasta, bukan roti putih atau kue kering; mengkonsumsi obat osteopathic yang mengutamakan pengobatan alami daripada obat sintetik; minum air yang mengandung fluoride daripada air yang tidak mengandung fluor; dll.).

Penting juga untuk tidak melupakan kebiasaan gaya hidup yang baik seperti minum cukup cairan setiap hari (terutama bagian penting dari penurunan berat badan), berlatih yoga atau meditasi secara teratur, cukup tidur, aktif secara fisik, dll.)

Cara Mengatasi Kolesterol

Untuk mengatasi masalah kolesterol, penting untuk memahami apa yang salah dan bagaimana memperbaikinya. Berikut tiga cara mengatasi masalah kolesterol.

Mengurangi Risiko Penyalahgunaan Kolesterol

Penyalahgunaan kolesterol adalah ketika obat-obatan, suplemen, atau perubahan diet yang dijual bebas menjadi tidak efektif dan menyebabkan kadar hormon dalam darah lebih tinggi.

Hal ini dapat menyebabkan penyakit jantung, stroke, atau masalah kesehatan utama lainnya. Untuk mencegah hal ini terjadi, pastikan untuk mengikuti instruksi dokter dengan hati-hati dan pantau kadar darah Anda dengan cermat.

Mengurangi Risiko Peningkatan Kadar Kolesterol

Naiknya kadar kolesterol disebabkan oleh kombinasi dari beberapa hal, antara lain terlalu banyak makan makanan yang mengandung lemak tidak jenuh dan kolesterol tinggi, merokok, terlalu banyak minum alkohol, tidak berolahraga secara teratur, dan kelebihan berat badan atau obesitas.

Untuk mencegah hal ini terjadi, buat perubahan gaya hidup sehat dan patuhi diet yang masuk akal yang mencakup sebagian besar sayuran, buah-buahan, biji-bijian, produk susu rendah lemak, sumber protein tanpa lemak (seperti ikan), olahraga air (seperti berenang atau berlari), dan sejumlah kecil makanan olahan.

Mengurangi Risiko Menurunkan Kadar Kolesterol

Menurunkan kadar kolesterol adalah cara yang efektif untuk melindungi diri dari penyakit jantung dan masalah kesehatan serius lainnya. Cara paling umum untuk melakukannya adalah dengan mengonsumsi statin – obat yang mengurangi risiko terkena penyakit jantung – seperti yang ditentukan oleh dokter Anda.

Statin bekerja dengan mengurangi jumlah plak di pembuluh darah Anda yang dapat menumpuk dari waktu ke waktu dan menyebabkan penyakit jantung seperti penyakit arteri koroner (CAD).

Cara Mengurangi Risiko Penyalahgunaan Kolesterol

Jika Anda ingin mengurangi risiko penyakit jantung, penting untuk memahami peran kolesterol. Kolesterol adalah faktor kunci dalam perkembangan penyakit jantung dan dapat meningkat dalam kadar tinggi jika disalahgunakan.

Untuk menurunkan risiko terkena penyakit jantung, Anda perlu mengurangi kadar kolesterol Anda. Mengurangi risiko kadar kolesterol darah yang lebih tinggi dapat dilakukan dengan mengikuti tips berikut:

  1. Makan makanan sehat yang mencakup buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan makanan rendah lemak.
  2. Cukup berolahraga – olahraga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol darah dengan mendorong kolesterol LDL (jahat) keluar dari tubuh.
  3. Hindari makan makanan dan minuman olahan yang tinggi gula dan lemak jenuh.
  4. Pastikan untuk melakukan pemeriksaan penyakit jantung secara teratur – jika Anda memiliki kekhawatiran tentang kadar kolesterol Anda, temui dokter ahli oriologi.
  5. Minum obat yang diresepkan oleh dokter untuk menurunkan tekanan darah dan mengelola kondisi kesehatan lainnya (seperti diabetes).

Kolesterol adalah bagian penting dari tubuh Anda dan dapat memainkan peran penting dalam kesehatan Anda. Sangat penting untuk mengurangi risiko penyalahgunaan Kolesterol, yang dapat menyebabkan kadar kolesterol yang tidak terkontrol.

Dengan mengurangi risiko melonjaknya kadar kolesterol dan menurunkannya dengan aman, Anda dapat melindungi diri dari masalah kesehatan di kemudian hari.

advertisement

Berita Baru

Segera Hadir! Inilah Spesifikasi Vivo V25e HP Kamera Berkemampuan Unggul

Kabar Trenggalek - Vivo V25e dipastikan hadir di Indonesia pada 3 Oktober 2022 mendatang....

Atasi Tindak Pemalsuan, Korlantas Polri Akan Terbitkan BPKB Elektronik

Kabar Trenggalek - Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri akan segera menerbitkan Buku Pemilik Kendaraan...

Pemilik Motor 250cc Keatas Harus Membuat SIM CI dan CII, Ini Syaratnya

Kabar Trenggalek - Pemilik kendaraan bermotor roda 2 dengan kapasitas mesin 250 cc keatas...

Viral Hari ini

Wisata Berbasis Konservasi Alam Kedung Gede, Satu Satunya di Trenggalek

Kabar Trenggalek - Tidak terlalu jauh dari kota untuk menuju Kedung Gede di Desa...

Berita Terkait