TRENDING

Sri Sultan Hamengkubuwono X Bakal Hadir di Hari Jadi Trenggalek ke 828

Terbit:

Kabar Trenggalek Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Sri Sultan Hamengkubuwono X bakal hadir di Hari Jadi Trenggalek ke 828, Selasa (02/08/2022).

Pada Senin (01/08/2022), Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin sowan ke Sri Sultan Hamengkubuwono X. Arifin ditemani istrinya, Novita Hardini, bersama jajaran Forkopimda Trenggalek.

advertisement

Selain membahas rencana kehadiran Sri Sultan Hamengkubuwono X ke Trenggalek, pertemuan itu juga menindaklanjuti rencana kerjasama Yogyakarta dan Trenggalek di sektor pengembangan budaya serra pemulihan ekonomi.

Permintaan Kabupaten Trenggalek mengenai upaya pengembangan disektor budaya dan kebangkitan ekonomi, direspons cepat oleh Pemerintah Provinsi DIY. Tak hanya itu, Ngarso Dalem Sri Sultan menyatakan kesediaannya hadir dalam peringatan Hari Jadi 828 Trenggalek.

“Kemudian juga ada hibah budaya, mulai dari pementasan wayang orang, workshop kebudayaan dari Pemerintah Provinsi DIY untuk Trenggalek. Tentunya ini menjadi suatu kebanggaan bagi masyarakat Trenggalek karena bisa lebih mengenal budaya Mataraman. Lebih-lebih, Trenggalek mempunyai kedekatan histori dengan Kerajaan yang ada di Tanah Jawa itu,” terang Arifin.

Arifin menyampaikan, Pemkab Trenggalek mengucapkan terima kasih karena beberapa tahun terakhir termasuk di tahun 2022, saat hari jadi Trenggalek, telah mendapatkan hadiah dari Pemerintah DIY melalui hibah budaya.

“Jadi, kami bertukar budaya untuk memperkuat budaya Mataraman karena kita satu rumpun. Khususnya dengan gaya Jogja untuk diperkenalkan kepada masyarakat Trenggalek,” ucap Arifin.

Arifin mengaku, sebelum kedatangan Sri Sultan Hamengkubuwono X ke Trenggalek, pihaknya mempersiapkan segala sesuatunya.

“Beliau sangat senang, tadi memberikan masukan-masukan diantaranya Kadin [kepala dinas] antar 2 daerah ini nantinya bisa bertemu supaya lebih tajam mengakselerasi ekonomi. Sedangkan dari sisi pemerintah kita lebih mendrive sisi kebijakan di semua sektor,” terangnya.

advertisement

Novita Hardini menambahkan, tujuan Pemkab Trenggalek untuk sowan ke Sri Sultan Hamengkubuwono X, juga menjadi modal bagi kedua daerah untuk bangkit dari keterpurukan pasca pandemi.

“Insyaallah akan ada juga sebuah kolaborasi antara Kabupaten Trenggalek dengan Pemerintah DIY. Kolaborasi ini dalam hal pemberdayaan ekonomi dibidang UMKM. Semoga ini bisa berjalan dengan baik,” tandas Novita.

advertisement

TERBARU

SIM Bentuknya Kartu tapi Disebut Surat, KK Bentuknya Surat tapi Disebut Kartu, Kenapa Bisa Gitu?

Kabar Trenggalek - Bukan karena kurang kerjaan, tetapi bagi kita sebagai masyarakat yang teliti,...

Pemilu 2024, PKS dan NasDem Pasang Badan Soal Dapil Trenggalek Berubah

Kabar Trenggalek - Perhelatan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 mendatang sudah mendapat perhatian dari partai...

7 Bunga yang Mengeluarkan Aroma Harum saat Malam Hari, Salah Satunya Sering Dijumpai di Pemakaman

Kabar Trenggalek - Untuk menghiasi rumah, kebanyakan orang akan menanam tumbuhan. Entah di depan...

TOPIK TERKAIT