TRENDING

Tak Lolos Screening, 6 Kantong Darah Pendonor di Trenggalek Dimusnahkan

Terbit:

Kabar Trenggalek Ratusan kantong darah yang selama ini disimpan di Unit Donor Darah (UDD) Palang Merah Indonesia (PMI) Trenggalek, tidak semuanya bisa dipakai, Selasa (14/06/2022).

Kepala UDD PMI Trenggalek, dr. Sugito Teguh membenarkan, setiap kantong darah yang diterima dari pendonor di Trenggalek memerlukan pengujian atau screening empat macam penyakit.

advertisement

Meliputi, Hepatitis B, Hepatitis C, Sipilis, dan Human Immunodeficiency Virus Acquired Immune Deficiency Syndrome (HIV AIDS).

“Ada [darah yang tak lolos pengujian], tapi jarang,” ungkapnya.

Teguh mengatakan, temuan kasus darah yang tidak lolos screening sampai 13 Juni 2022 ada mencapai 2 persen. Indikasinya, dari total 297 kantong darah, ada ada 6 kasus darah yang terinfeksi.

“Bervariasi, ada yang mengidap Hepatitis B hingga Sipilis,” ujarnya.

Sementara keenam darah yang terinfeksi, kata dia, tidak lagi bisa digunakan untuk transfusi darah ke pasien. Sehingga, darah-darah itu terpaksa dimusnahkan.

“Darahnya pun kita buang,” ucapnya.

Teguh mengakui bahwa temuan penyakit dalam darah pendonor merupakan hal yang privasi. Namun, pihaknya tetap akan menginformasikan temuan itu ke pendonor, agar mereka bisa mendapatkan penanganan yang tepat.

advertisement

“Kita sampaikan ke pendonor [hasil screening darah], kemudian kami beri mereka rujukan agar berobat ke rumah sakit,” ujarnya.

Di sisi lain, tren pendonor di Kabupaten Trenggalek memiliki kecenderungan mengalami kenaikan. Menurut Teguh, pendonor terbagi beberapa kalangan, yakni pelajar, mahasiswa, dan pekerja. Sementara diantara pendonor, banyak yang sudah menjadi pendonor tetap atau rutin mendonorkan darah tiap tiga bulan sekali.

“Sudah puluhan ribu [pendonor tetap],” ucap mantan Kepala Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinkes PPKB) Trenggalek ini.

Melihat dari sisi kemanfaatan donor darah, menurutnya, donor darah memiliki tujuan untuk menolong sesama manusia. Dibalik itu, donor darah juga bermanfaat bagi kesehatan.

“Juga mengecek kesehatan, memiliki penyakit menular atau tidak,” tutupnya.

advertisement

TERBARU

Kampung Kopi Sengunglung, Wujud Kelestarian Alam Bumi Sumberbening Trenggalek

Kabar Trenggalek - Kopi menjadi salah satu potensi komoditas unggulan di Desa Sumberbening, Kecamatan...

Jaranan Turangga Yaksa Semarakkan Festival Mata Air Sumberbening, Potret Perjuangan Petani

Kabar Trenggalek - Sejumlah 6 anak dari SDN 1 Sumberbening berlenggak-lenggok mengikuti alunan nada...

Ritual Adat di Sumber Air Plancuran Desa Sumberbening, Warga Berdoa Tolak Tambang Emas Trenggalek

Kabar Trenggalek - Perjuangan tolak tambang emas Trenggalek tidak hanya dilakukan melalui serangkaian aksi...

TOPIK TERKAIT