BerandaNewsSosialJelang Hari Raya Idhul Fitri 1443 H, BI Jatim Siapkan Uang Baru...

Jelang Hari Raya Idhul Fitri 1443 H, BI Jatim Siapkan Uang Baru Sebanyak Rp. 12 Trilliun

Terbit:

advertisement

Kabar Trenggalek Menjelang Hari Raya Idhul Fitri, Bank Indonesia cabang Provinsi Jawa Timur siapkan penukaran uang baru sebanyak Rp. 12 triliun, Senin (11/04/2022).

Kendati, penyediaan uang baru senilai 12 T itu biasanya diburu masyarakat saat menjelang Idhul Fitri 1433 H untuk diberikan kepada sanak saudara yang sedang berkunjung.

advertisement

Untuk melayani masyarakat, BI Jatim juga bekerja sama dengan 31 Perbankan Surabaya untuk layanan penukaran uang baru. Baik melalui Kas Keliling Bank Indonesia, layanan cabang perbankan tertentu hingga konsep penukaran drive thru.

Kepala Perwakilan BI Jatim, Budi Hanoto, saat membuka Serambi Rupiah Ramadan menyampaikan, pihaknya menyiapkan uang tunai sebanyak Rp 12 triliun untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Surabaya dan sekitarnya selama bulan Ramadan.

Untuk memfasilitasi penukaran uang rupiah baru, BI bekerja sama dengan 31 Perbankan Surabaya dengan menyiapkan jalur penukaran drive thru. Layanan yang baru pertama kali diterapkan di Surabaya ini diharapkan mampu mendukung pemenuhan kebutuhan uang tunai masyarakat Surabaya.

advertisement

“Dengan dibukanya fasilitas layanan drive thru ini, saya harap masyarakat dapat memanfaatkan dengan baik dan tidak perlu menukar di tempat tidak resmi yang berbayar. Di drive thru ini masyarakat dapat menukar denga aman, nyaman, gratis dan yang paling penting terhindar dari risiko menerima uang palsu,” kata Budi dalam siaran pers.

Layanan penukaran secara drive thru dilaksanakan setiap hari Sabtu dan Minggu, yaitu tanggal 9, 10, 16, 17, 23, dan 24 April 2022. Kegiatan penukaran dibagi menjadi dua sesi, yaitu sesi I pukul 09.00 hingga 11.00 WIB dan sesi II pukul 13.00 sampai 15.00 WIB yang bertempat di KPwBI Provinsi Jawa Timur.

Untuk pemerataan penerima uang baru, setiap penukar hanya dapat menukar uang maksimal Rp 3,8 juta, yang terdiri dari maksimal satu pak atau bendel untuk masing-masing pecahan Uang Rupiah Kecil (UPK) dari Rp 20.000 sampai pecahan Rp 1.000.

Sementara, untuk mendapat informasi lengkap seluruh layanan penukaran uang rupiah, baik detail lokasi, jadwal hingga mekanisme penukaran uang, masyarakat dapat mengakses media sosial Bank Indonesia Jatim melalui akun instagram @bi_jatim.

advertisement

Budi juga mengajak masyarakat berperilaku belanja bijak sesuai kebutuhan, berhemat, dan merawat rupiah. Hal ini untuk mendorong kesadaran masyarakat agar semakin cinta, bangga dan paham rupiah.

BI Jatim juga senantiasa berkoordinasi dengan perbankan dan Lembaga terkait untuk memberikan layanan sistem pembayaran tunai dan non tunai untuk mendukung kelancaran transaksi di masyarakat selama Ramadan dan Idul Fitri 1443 H.

“Kami tetap mengimbau kepada masyarakat untuk tetap berbelanja secara bijak, tetap merawat uang rupiah dan mulai membiasakan diri bertransaksi secara non tunai,” ujar Budi.

advertisement

Berita Baru

Hari Jadi Jawa Timur ke-77, Kirab Pataka Jer Basuki Mawa Beya Melintasi Trenggalek

Kabar Trenggalek - Panji lambang Provinsi Jawa Timur dikirab melintasi 38 kabupaten/kota di Jawa...

5 Headset Affordable Terbaik untuk Desainer

Kabar Trenggalek - Bekerja sebagai desainer sangat membutuhkan fokus dan suasana yang nyaman. Biasanya...

Waduh, Wakil Ketua DPRD Kota Depok Memaki dan Memaksa Sopir Truk Push Up, Mahfud MD Beri Komentar

Kabar Trenggalek - Waduh, Wakil Ketua DPRD Kota Depok Memaki dan Memaksa Sopir Truk...

Viral Hari ini

5 Anime Fall Season 2022 yang Layak dan Wajib Ditonton

Kabar Trenggalek - Musim baru Anime Fall Season 2022 telah tiba dan selamat tinggal...

Berita Terkait