Kabar TrenggalekKabar Trenggalek

Press ESC to close

KPU Trenggalek Luncurkan Aplikasi PDPB Online yang Gadget Friendly Banget

Kabar Trenggalek - Kiprah Komisi Pemilihan Umum Kabupaten (KPU) Trenggalek dalam memberikan data yang valid terhadap masyarakat terus digenjot. Hal itu dibuktikan dengan inovasi KPU Trenggalek yang baru dilaunching dalam Rapat Koordinasi Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan (PDPB) pada hari senin bulan juni lalu (27/06). Rapat koordinasi itu melibatkan Organisasi Pemerintah Daerah (OPD) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Trenggalek.

Ketua KPU Kabupaten Trenggalek, Gembong Derita Hadi, mengatakan bahwa pihaknya bersama kolega komisioner terus memikirkan inovasi-inovasi baru sebagai wujud pengabdiannya. Hal ini merujuk pada Undang-Undang nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum (Pemilu).

"Kami bersama komisioner lainnya terus berfikir untuk inovasi-inovasi baru, hal ini tentu kami akan merujuk Undang-undang maupun PKPU yang ada, contohnya aplikasi PDBP Online ini wujud persiapan dalam Pemilu serentak 2024 mendatang," katanya.

Masih kata Gembong, Pemilu dan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) akan dilaksanakam secara bersamaan namun hanya beda bulannya.

Sementata itu, Muhammaf Indra Setyawan, Koordinator Divisi Perencanaan Data dan Informasi, menerangkan bahwa berkat perjuangan Pemilihan Serentak 2020 ia menyabet penghargaan yang membanggakan dari KPU Provinsi Jawa Timur.

"Pengahargaan itu bukan semata-mata hanya kinerja KPU Trenggalek tapi juga atas peran stakeholder yang ada di Kabupaten Trenggalek," terang Pria Kelahiran Watulimo itu.

Indra juga menyampaikan kerja sama dalam hal data pemilih diharapkan bisa terjalin selaras. Hal ini supaya semua yang sudah dicapai saat ini bisa dipertahankan dan ditingkatkan.

"Kami sangat berharap capaian ini bisa ditingkatkan dengan wujud menjaga kerja sama dan sama-sama bekerja untuk pemuktakhiran data pemilih, untuk kendala saat ini memang ada beberapa hal, namun ini akan menjadi catatan bersama untuk kita perbaiki," tegasnya.

Kini, warga Kabupaten Trenggalek bisa langsung mengunjingi situs inovasi yang di lounching KPU Trenggalek melalui cekdatamu.kpu-trenggalekkab.go.id.

Situs yang baru lounching tersebut wujud pengabdian supaya masyarakat bisa untuk cek sudah terdaftar sebagai pemilih atau belum.

“Kami berharap masyarakat Trenggalek bisa berpartisipasi aktif dalam proses aktivitas pemutakhiran daftar pemilih ini dengan tidak perlu repot-repot datang ke Kantor KPU Trenggalek, karena aplikasi ini gadget friendly banget dan bisa diakses dari manapun,” pungkas Indra.

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi ditandai dengan *