Kabar TrenggalekKabar Trenggalek

Press ESC to close

Pantai Sundak, Surga Tersembunyi di Gunung Kidul

Kubah Migunani
Selain Pantai Midodaren ada destinasi wisata pantai eksotis lainnya di Jogja, yaitu Pantai Sundak. Pantai Sundak merupakan salah satu pantai indah yang berada di Gunung Kidul, Yogyakarta.Pantai ini terletak di Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, dan berdekatan dengan Pantai Indrayanti. Pantai ini memiliki pasir putih yang lembut dan air yang jernih dan segar. Namun, ombak di pantai ini cukup besar, sehingga pengunjung harus berhati-hati saat bermain air.

Keindahan Alam yang Memukau

[caption id="attachment_58930" align=aligncenter width=560]suasana-pantai-sundak-dengan-pasir-putih-indah-dan-air-yang-jernih Suasana Pantai Sundak Dengan Pasir Putih dan Air yang Jernih | Foto: IG/panjiaoyama[/caption]Pantai Sundak memiliki keindahan alam yang memukau. Pasir pantainya yang putih dan lembut berpadu dengan air laut yang jernih dan segar.Di sekitar pantai terdapat banyak batu karang kecil dan batu karang berbentuk payung. Salah satu batu karang tersebut memiliki lorong atau goa yang dapat dimasuki.Selain itu, di sebelah utara pantai terdapat bukit batu karang dan batu kapur dengan tinggi sekitar 12 meter. Bukit ini menjadi pemandangan yang indah dan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

Fenomena Alam yang Unik

Pantai Sundak juga memiliki fenomena alam yang unik. Ketika musim hujan, volume air laut menjadi besar dan muncul air yang mengalir ke lautan.Akibatnya, daratan di sebelah timur pantai menjadi seperti terbelah dan membentuk sebuah sungai.Air lautan tersebut mengalir di sungai dan membelah pasir. Fenomena ini yang menjadikan Pantai Sundak juga dikenal dengan nama Pantai Wedibedah.

Rute ke Lokasi

Pantai ini berada cukup jauh dari pusat kota Jogjakarta, Pantai Sundak hanya bisa capai menggunakan kendaraan pribadi dan bus pariwisata.Jika Anda berangkat dari Malioboro, arahkan kendaraan Anda ke Jalan Wonosari dan lanjutkan perjalanan menuju ke arah Pantai Baron. Setelah itu jalanlah lurus hingga ujung.Setelah sampai di jalan Pantai Krakal, lalu ke arah timur dan ikuti petunjuk jalan Pantai Sundak yang ada di sana.

Aktifitas yang Bisa Dilakukan

[caption id="attachment_58936" align=aligncenter width=536]camping-di-pantai-sundak Aktifitas Camping di Pantai Sundak | Foto: instagram.com/sundak_base_camp[/caption]Selain berenang dan berfoto, ada beberapa aktivitas lain yang bisa dilakukan di Pantai Sundak, yaitu:
  • Snorkeling: Anda bisa melihat langsung biota/hewan laut yang ada di bawah air.
  • Mendaki bukit karang: Anda bisa menikmati pemandangan pantai dari ketinggian.
  • Camping: Anda bisa menikmati suasana pantai di malam hari.

Kuliner

[caption id="attachment_58939" align=aligncenter width=510]kuliner pantai sundak Kuliner Pantai Sundak | Foto: Google Photos[/caption]Di sekitar Pantai Sundak terdapat banyak warung makan yang menyajikan berbagai macam kuliner, mulai dari makanan ringan hingga makanan berat.Beberapa kuliner khas Gunung Kidul yang bisa Anda coba adalah gudeg, bakmi Jawa, dan soto ayam.

Harga Tiket Masuk dan Fasilitas

Harga tiket masuk ke Pantai Sundak cukup murah. Jika Anda berkunjung ke Pantai ini Anda akan dikenakan biaya sebesar Rp. 5.000/orang saat weekday dan Rp. 6.000/orang saat weekend. Dan jika Anda ingin menyewa gazebo akan dikenakan biaya sekitar Rp. 10.000 sampai Rp. 20.000.Sedangkan untuk biaya parkir pengunjung dikenakan biaya Rp. 2.000 untuk sepeda motor dan Rp. 5.000 untuk mobil.Fasilitas yang ada di Pantai ini sudah cukup memadai dan pastinya membuat pengunjung merasa nyaman. Fasilitas tersebut diantaranya:
  • Area parkir luas
  • Mushola
  • Kamar mandi/Toilet
  • Terdapat gazebo untuk bersantai
  • Kamar ganti

Penginapan Dekat Pantai Sundak

Bagi Anda pengunjung dari luar daerah dan sedang membutuhkan penginapan, di sekitar pantai ini juga terdapat beberapa penginapan yang dapat Anda sewa. Berikut rekomendasinya:

1. Penginapan Putra Darma

Harga: Mulai Rp167.953 per malamAlamat: Jl. Pantai Sel. Jawa, Pantai, Tepus, Yogyakarta, 55882

2. Omah Sundak Homestay

Harga: Mulai Rp206.612 per malamAlamat: Pantai Sundak, Wonosari, Jogja, 55812

3. Hotel Kukup Indah

Harga: Mulai Rp126.368 per malamAlamat: Pantai Kukup, Jl. Pantai Selatan Jawa, Dusun Ngepung, Kemadang, Tanjung Sari, Wonosari, D.I Yogyakarta, 55881

4. Penginapan Barokah

Harga: Mulai Rp154.716 per malamAlamat: Pantai Kukup, Jl. Pantai Selatan Jawa, Dusun Ngepung, Kemadang, Wonosari, Yogyakarta, 55881

5. Limasan Mbah Darmo

Harga: Mulai Rp168.645 per malamAlamat: Jl. Pantai Sel. Jawa, Pantai Indrayanti, Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Tepus, Yogyakarta, 55881

Tips Berkunjung

Berikut adalah beberapa tips untuk berkunjung ke Pantai Sundak:
  • Datanglah saat musim kemarau, karena ombak di pantai ini lebih tenang.
  • Gunakan alas kaki yang nyaman, karena bebatuan di sekitar pantai cukup tajam.
  • Hati-hati saat bermain air, karena ombak di pantai ini cukup besar.
  • Jangan membuang sampah sembarangan, agar keindahan pantai tetap terjaga.
Itulah informasi mengenai pantai sundak gunung kidul Jogjakarta, mulai dari harga tiket masuk, fasilitas, rute menuju lokasi hingga penginapan disekitar pantai tersebut. Semoga bermanfaat!
Kopi Jimat

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi ditandai dengan *

This site is protected by Honeypot.