Kabar TrenggalekKabar Trenggalek

Press ESC to close

5 Fakta Unik Ayam Lodho Khas Trenggalek yang Jarang Diketahui

Trenggalek adalah salah satu kabupaten di Jawa Timur yang memiliki ragam wisata menarik, dari wisata alam hingga kuliner. Salah satu kulinernya adalah ayam lodho khas Trenggalek yang saat ini tengah populer di kalangan traveler dan pemburu kuliner.

Ada fakta menarik tentang ayam lodho asal Trenggalek yang jarang diketahui oleh masyarakat luas. Karena kebanyakan sebatas tahu tentang cita rasanya yang lezat dan kaya rempah-rempah.

Ayam lodho di Trenggalek tak hanya menjadi makanan saja, melainkan menyimpan fakta-fakta unik yang menarik untuk disimak. Apa saja kah itu? Simak selengkapnya di bawah ini:

Fakta Menarik Ayam Lodho Khas Trenggalek

1. Jadi Sajian Hari-Hari Besar.

Di Trenggalek, ayam lodho sudah menjadu sajian wajib dalam perayaan hari-hari besar. Seperti perayaan hari kemerdekaan dan hari raya idul fitri.

Bahkan, untuk perayaan ulang tahun juga ada sajian ayam lodho. Berbeda dari perayaan ulang tahun pada umumnya yang memakai kue.

Tak dipungkiri memang, kelezatan ayam lodho khas Trenggalek jadi magnet untuk berkumpul. Saat berkumpul itu pula, biasanya dibarengi obrolan hangat yang mempererat hubungan antar individu.

2. Jadi Sajian Kenduri

Kenduri, atau biasa disebut slametan, adalah sebuah upacara adat yang umum diadakan oleh masyarakat Jawa, termasuk di Trenggalek. Upacara kenduri ini biasanya diadakan dalam rangka peringatan dan perayaan momen tertentu. Seperti kelahiran bayi, pernikahan, dan juga acara keagamaan.

Dalam acara kenduri akan disajikan beragam ambeng atau sesaji yang beragam dan memiliki makna filosofis masing. Ayam lodho termasuk sesaji yang bakal di suguhkan saat ada kenduri. Bahkan yang jadi bagian paling mencolok.

3. Warisan Majapahit

Mengutip laman Bandung Klik, ayam lodho ini adalah kulinwr warisan Kerajaan Majapahit. Ternyata warisan Majapahit begitu beragam, tidak hanya berupa stupa dan candi, tapi juga kuliner yang lezat seperti ayam lodho khas Trenggalek ini.

4. Kaya Akan Protein

Ayam lodho diolah dengan cara tradisional dan tidak menggunakan bahan kimia. Sehingga menyehatkan dan aman dikonsumsi untuk setiap kalangan. Bahkan, kandungan gizi dalam ayam lodho juga cukup tinggi. Yakni mengandung kalori 165,5 gram, protein 18,6 gram, dan lemak 2,7 gram.

5. Asal Usul Nama "Lodho"

Kata "lodho" memiliki arti empuk. Merepresentasikan olahan daging ayam ini yang terkenal empuk dan mudah digigit. Tekstur empuk pada daging ayam ini didapat dari proses memasaknya yang cukup lama. Bahkan diolah bersama santan dan juga rempah-rempah, tak heran bila makanan ini disebut ayam lodho.

Cara Membuat Ayam Lodho Khas Trenggalek

Resep ayam lodho khas Trenggalek ini bisa Anda coba buat di rumah untuk sajian spesial bersama keluarga. Bahan-bahannya mudah didapatkan dan cara membuatnya juga tidak terlalu sulit.

Berikut adalah bahan dan langkah-langkah yang dibutuhkan untuk membuat ayam lodho khas Trenggalek.

Bahan-bahan:

1 ekor ayam kampung, potong sesuai selera10 buah cabai rawit2 sdm lengkuas, memarkan2 batang serai, memarkan2 lembar daun jeruk purut1 sdt garam1 sdm gula merah500 ml santan dari ½ butir kelapa3 sdm minyak goreng untuk menumis

Bumbu halus:

10 butir bawang merah5 siung bawang putih5 buah cabai rawit4 butir kemiri sangrai1 sdt ketumbar bubuk1 sdt kunyit bubuk1 sdt jahe bubuk1 sdt kencur bubuk1 sdt jintan bubuk

Cara membuat:

Lumuri ayam dengan garam dan perasan air jeruk nipis, diamkan selama 15 menit, lalu bakar di atas bara api sambil dibolak-balik hingga setengah matang. Sisihkan.

Tumis bumbu halus, serai, lengkuas, dan daun jeruk purut hingga harum dan matang.

Tuang santan, garam, dan gula merah, aduk perlahan hingga mendidih.

Masukkan ayam yang sudah dibakar dan cabai rawit utuh, masak hingga bumbu meresap dan kuah mengental.

Angkat dan sajikan ayam lodho khas Trenggalek dengan nasi hangat dan urap sayur.

Selamat mencoba resep ayam lodho khas Trenggalek ini di rumah. Semoga artikel ini bermanfaat dan menginspirasi Anda dalam memasak.

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi ditandai dengan *