Kabar TrenggalekKabar Trenggalek

Press ESC to close

Doa Setelah Wudhu: Dasar Hukum, Lafadz dan Arti

Arena Parfum
Wudhu merupakan hal yang penting bagi kaum muslim. Wudhu menjadi syarat untuk melakukan ibadah seperti shalat dan menyentuh Al-Qur'an. Sesudah wudhu, ada doa setelah wudhu yang bisa dibaca.Wudhu secara bahasa berarti "membasuh sebagian anggota tubuh", berasal dari kata Al-Wadha'ah (الوضاءة) yang berarti keindahan dan kecerahan. Sedangkan secara istilah syar'i, wudhu adalah sebutan untuk pencucian beberapa anggota badan tertentu dan niat tertentu.Wudhu merupakan mengalirkan dan meratakan sebagian air kepasa anggota tubuh dengan cara membasuh dan mengusap. Wudhu bertujuan untuk menghilangkan hadas dan kotoran kecil sebagai syarat syah melakukan ibadah shalat.Namun wudhu juga memiliki banyak keutamaan dan manfaat untuk kehidupan sehari-hari. Maka tak heran Nabi Muhammad selalu mengajurkan setiap umat muslim untuk memperhatikan wudhu mereka.Setelah melaksanakan wudhu, terdapat beberapa doa yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW untuk dibaca. Maka dalam artikel ini akan membahas mengenai doa setelah wudhu beserta artinya. Yang dirangkum dari berbagai sumber

Hadist Doa Setelah Wudhu

Doa setelah wudhu sangat di anjurkan oleh Rasulullah SAW, berdasarkan hadist Riwayat Tirmidzi dan dishahihkan oleh Syaikh Al-Albani. Dari Umar bin Al-Khaththab radhiyallahu 'anhu, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda:مَنْ تَوَضَّأَ فَأَحْسَنَ الْوُضُوءَ ثُمَّ قَالَ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُولُهُ اللَّهُمَّ اجْعَلْنِى مِنَ التَّوَّابِينَ وَاجْعَلْنِى مِنَ الْمُتَطَهِّرِينَ فُتِحَتْ لَهُ ثَمَانِيَةُ أَبْوَابِ الْجَنَّةِ يَدْخُلُ مِنْ أَيِّهَا شَاءَ »Artinya: Siapa yang berwudhu dengan memperbagus wudhunya, lalu ia mengucapkan 'Asy-hadu alla ilaaha illallah wahdahu laa syarikalah wa asyhadu anna muhammadan 'abduhu wa rosuluh, allohummaj'alnii minattawwaabiina waj'alnii minal mutathohhiriin', dengan ia membacanya melainkan akan dibukakan baginya delapan pintu surga, ia akan masuk lewat pintu mana saja yang ia mau.

Doa Setelah Wudhu dan Artinya

Berdoa setelah wudhu diajarkan dalam Sunnah Nabi Muhammad SAW. Ini bukan hanya tindakan biasa, tetapi juga cara untuk berhubungan dengan Yang Maha Kuasa. Adapun doa setelah wudhu yang diamalkan sebagai berikut.أَشْهَدُ أَنْ لَا إلَهَ إلَّا اللَّهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيكَ لَهُ، وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ، وَرَسُولُهُ، اللَّهُمَّ اجْعَلْنِي مِنْ التَّوَّابِينَ، وَاجْعَلْنِي مِنْ الْمُتَطَهِّرِينَ، سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ أَشْهَدُ أَنْ لَا إلَهَ إلَّا أَنْتَ أَسْتَغْفِرُكَ، وَأَتُوبُ إلَيْكَArtinya: Asyhadu an lā ilāha illallāhu wahdahū lā syarīka lahū, wa asyhadu anna Muhammadan abduhū wa rasūluhū. Allāhummaj’alnī minat tawwābīna, waj’alnī minal mutathahhirīna. Subhānakallāhumma wa bi hamdika asyhadu an lā ilāha illā anta, astaghfiruka, wa atūbu ilayka.“Saya bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah yang Maha Esa tiada sekutu bagi-Nya dan saya bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba Allah dan Rasul-Nya. Ya Allah jadikanlah saya termasuk golongan orang-orang yang bertaubat. Dan jadikanlah saya termasuk golongan orang-orang yang suci. Maha Suci Engkau Ya Allah, segala pujian untuk-Mu, aku bersaksi bahwa tidak ada sesembahan yang berhak disembah selain Engkau dan aku meminta ampunan dan bertaubat pada-Mu). Wallâhu a‘lam.
Kopi Jimat

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi ditandai dengan *

This site is protected by Honeypot.