Kabar TrenggalekKabar Trenggalek

Press ESC to close

Renyah dan Gurihnya Genjer Khas Trenggalek, Rengginang Berbahan Dasar Singkong

Arena Parfum

Kabupaten Trenggalek memiliki sebutan yang menarik dan identik dengan apa yang ada di Trenggalek. Salah satunya adalah Trenggalek Kutho Gaplek. Gaplek merupakan sebutan hasil olahan singkong yang telah dikeringkan dan siap dijadikan bubuk.

Memang, Trenggalek terkenal dengan hasil singkongnya. Tak ayal jika kuliner Trenggalek berbahan singkong juga beragam. Selain nasi tiwul, ada juga genjer khas Trenggalek.

Genjer bagi masyarakat di Desa Pringapus, Kecamatan Dongko, Trenggalek, merujuk pada rengginang yang berbahan dasar singkong. Biasanya, rengginang bahanya dari ketan.

Rengginang berbahan dasar singkong atau disebut genjer, memiliki cita rasa yang unik dan berbeda dari rengginang berbahan dasar ketan.

Rasa gurih dari singkong akan begitu terasa saat gigitan pertama. Rasanya yang juga renyah membuat lidah tak berhenti bergoyang, rasanya ingin mengunyah terus.

Genjer juga bisa dinikmati sebagai lauk pelengkap. Seperti saat makan nasi goreng, makan lontong sayur lodeh, dan lain-lain. Karena gurih dan renyah cocok dikombinasikan dengan berbagai macam kuliner.

Perlu diketahui, genjer di Trenggalek sudah hadir sebagai camilan masyarakat secara turun temurun. Resepnya dibagikan oleh generasi ke generasi.

Selain itu, makanan khas Trenggalek ini selalu jadi suguhan yang setia menemani masyarakat saat menggelar hajatan. Seperti khitan, pernikahan, pitonan, bersih desa, dan lain-lain.

Sampai sekarang, genjer khas Trenggalek masih tersedia dengan rasa original. Atau belum memiliki varian rasa seperti halnya alen-alen. Sehingga rasa dan gurihnya akan sama setiap zaman.

Untuk mencicipinya, Anda bisa membelinya di toko oleh-oleh khas Trenggalek. Toko itu sudah terjajar rapi diberbagai sudut Kabupaten Trenggalek, seperti di jalan kawasan Kecamatan Pogalan dan Durenan.

Terima kasih sudah membaca artikel di Kabar Trenggalek. Semoga ulasan tentang 'Genjer Khas Trenggalek' ini bisa bermanfaat untuk Anda semua.

Kopi Jimat

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi ditandai dengan *

This site is protected by Honeypot.