Kabar TrenggalekKabar Trenggalek

Press ESC to close

Tips Mengejar Ketinggalan Materi Kuliah

Ketinggalan materi saat kelas kuliah hampir dialami oleh kebanyakan mahasiswa. Alasannya bisa beragam, entah sakit yang memerlukan pengobatan berbulan-bulan, sering bolos, sibuk bekerja/berorganisasi, dan lain-lain.

Dampak dari ketinggalan materi ini adalah saat mendekati ujian seperti UTS dan UAS bahan belajar menjadi sedikit. Sehingga bingung apa yang mau dipelajari. Oleh karena itu, pada artikel kali ini Kabar Trenggalek akan membagikan tips mengejar ketinggalan materi kuliah.

Dengana adanya tips ini semoga bisa membantu kamu yang sedang mengejar ketertinggalan materi kuliah. Dengan begitu, meski mendekati ujian waktu kamu bisa punya bahan untuk dipelajari.

Berikut ini tips untuk mengejar ketinggalan materi kuliah, selamat membaca.

Tips Mengejar Ketinggalan Materi Kuliah

1. Hubungi Dosen

Kamu bisa mengejar ketertinggalan materi kuliah dengan menghubungi dosen yang mengajar di kelas kamu. Dosen akan memberi kamu saran tentang bagaimana cara terbaik untuk mengejar ketinggalan materi.

Komunikasikan dengan bahasa yang sopan dan halus agar si dosen bisa rendah hati dan memberikan kamu saran. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan gambaran untuk mengejar ketertinggalan materi kuliah.

Kalau dosen yang mengajar di kelas kamu tidak mau memberi saran, kamu bisa berkonsultasi dengan dosen pembimbing. Setiap mahasiswa pasti punya dosen pembimbing dari awal masuk kuliah hingga lulus.

2. Melihat RPS

Rencana Pembelajaran Semester atau biasa disingkat RPS merupakan suatu dokumen perencanaan pembelajaran yang disusun sebagai panduan bagi mahasiswa dalam melaksanakan kegiatan perkuliahan selama satu semester.

RPS bertujuan mencapai capaian pembelajaran yang telah ditetapkan. Di dalam RPS, ada capaian, baik keterampilan maupun pengetahuan, yang harus dicapai oleh mahasiswa.

Jika kamu ketinggalan materi kuliah, kamu bisa melihat RPS ini. Di dalam sehingga, kamu punya gambaran materi apa saja yang harus dipelajari. Setelah itu baru kamu bisa cari di internet atau pinjam catatan teman.

3. Pinjam Catatan Teman

Tips yang selanjutnya adalah meminjam catatan teman yang aktif mencatat selama mengikuti perkuliahan. Dengan begitu kamu bisa mengetahui apa saja yang harus dipelajari.

Meminjam catatan teman bisa menjadi cara yang baik untuk mengejar ketinggalan kamu. Akan tetapi, kamu harus berhati-hati untuk tidak tergantung pada catatan mereka sepenuhnya.

Sebaiknya, gunakan catatan teman sebagai referensi atau panduan saat mengejar ketinggalan kamu. Pastikan memahami konsep yang dibahas dan mencoba menguasai materi kuliah dengan cara Anda sendiri.

Jika kamu hanya mengandalkan catatan teman, Anda mungkin tidak memahami konsep secara menyeluruh dan Anda akan kesulitan saat mengerjakan tugas atau menghadapi ujian.

4. Membuat Rencana Belajar

Setelah mengetahui materi apa saja yang harus kamu pelajari, tips yang selanjutnya adalah membuat rencana belajar yang efektif. Kamu bisa sedikit meluangkan waktu belajar, semisal, di pagi hari sebelum masuk kuliah.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan waktu luang untuk belajar. Seperti di jam istirahat makan siang, sore hari, dan lain-lain. Kamu bisa menggunakan durasi belajar yang pendek-pendek, semisal 20 menit hingga 303 menit.

5. Bergabung dengan Kelompok Studi

Bergabung dengan kelompok studi dapat membantu jamu mengejar ketinggalan materi kuliah dengan lebih efektif. Dalam kelompok studi, kamu dapat mendiskusikan materi kuliah dengan teman sekelas atau kelas lain.

Biasanya mahasiswa yang tergabung dalam kelompok studi dengan senang hati membantu satu sama lain memahami materi tersebut. Selain bisa mengejar ketertinggalan materi, kamu bisa mendapatkan teman baru di kampus.

Demikian tips untuk mengejar ketinggalan materi kuliah. Semoga bermanfaat dan kamu bisa lulus di waktu yang tepat.

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi ditandai dengan *