Kabar TrenggalekKabar Trenggalek

Press ESC to close

Hari Tari Dunia 2023, Tiga Penari Luar Daerah Bakal Pentas di Trenggalek

Pagelaran dalam rangka peringatan Hari Tari Dunia 2023 di Bumi Menak Sopal Trenggalek berhasil menarik penari luar kota untuk tampil, Senin (01/05/2023).

Komunitas kolektif asal Trenggalek yang bergerak di kesenian Kabul Cultural Space (KCS) mengadakan event Trenggalek Menari 2.

Ketua panitia Trenggalek Menari 2, Rhesa Jaya, biasa disapa Joyo, mengungkapkan jika Trenggalek Menari adalah pagelaran tari dalam rangka peringatan Hari Tari Dunia.

"Ini sudah tahun kedua Trenggalek Menari ini, pertama dulu dilakukan di Belik Waru. Terus yang kedua ini dilaksanakan di Penadapa Paseban Kumbokarno, Desa Jajar, Gandusari, Trenggalek," ujar Joyo.

Berdasarkan keterangan Joyo, pada peringatan tahun 2023 ini, Trenggalek Menari berhasil menarik 15 penampil. Tiga di antaranya berasal dari luar kota, yakni Gresik, Solo, dan Surabaya.

"Kalau ditotal pesertanya sekitaran kurang lebih 70 orang. Ada yang dari sanggar, ada yang dari perorangan, yang dari luar kota juga ada," terang Joyo.

Usia penampil tari, lanjut Joyo, juga sangat beragam. Karena peserta penampilnya dari jenjang TK sampai orang dewasa.

Tak hanya itu, lanjut Joyo, penampil juga ada yang dari penyandang disabilitas tuli.

Event Trenggalek Menari 2 ini akan berlangsung di Desa Jajar, Kecamatan Gandusari, Trenggalek. Berlokasi di Pendapa Paseban Kumbokarno pada Senin (01/05) pukul 19:00 WIB.

 

Ada harapan besar bagi Joyo atas diselenggarakannya event Trenggalek Menari 2. Yakni sebagai wadah supaya seni tari khususnya di Trenggalek lebih eksis dan lestari.

"Untuk seni tari di Trenggalek saat ini dikembangkan lagi, pesan saya pribadi, 'ayo kita punya turonggo yakso, kita kembangkan lagi, kita lebih angkat lagi seni tradisi itu'," harap Joyo.

Senada dengan Joyo, Imam Mukaryanto Edi (Mbah Ime), Kepala Desa Jajar, turut berharap agar seni tari bisa terus lestari di Trenggalek. Terutama warga Desa Jajar bisa lebih terbuka untuk melestarikan kesenian.

Mbah Ime juga rasa bangganya bahwa Desa Jajar dijadikan anak muda sebagai tempat penampilan Trenggalek Menari 2 ini. Yang telah berhasil menarik penampil tari dari luar kota.

"lha wong kelase deso sing pinggiran [kelasnya desa yang berada di pinggiran], yang tidak dikenal di peta. Kemudian temen-temen muda dari berbagai kota, dari berbagai kalangan datang ke Jajar. Ini sebuah kebanggaan kami," ungkap Imam.

Bagi masyarakat Trenggalek yang hendak menyaksikan Trenggalek Menari 2 dapat langsung menuju Paseban Kumbokarno Desa Jajar Gandusari. Hari senin, 1 Mei 2023, acara rencananya dimulai pukul 19:00 WIB.

Lokasi google maps Paseban Kumbokarno ada di sini: (https://maps.google.com/?cid=16687135328927565272&entry=gps)

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi ditandai dengan *