Kabar TrenggalekKabar Trenggalek

Press ESC to close

Keutamaan Sholat Tarawih Malam ke 16

Arena Parfum

Shalat tarawih adalah shalat sunnah yang dikerjakan di malam hari di bulan Ramadan. Hukumnya sunnah muakkad. Sholat tarawih juga memiliki keutamaan atau fadhillah yang sangat besar.

Fadhillah sholat tarawih juga ada di setiap malam-malamnya. Termasuk keutamaan sholat tarawih malam ke 16. Keutamaan tarawih pada malam ini yaitu wajah seorang hamba akan bercahaya saat hari kiamat.

Tak ayal, banyak umat muslim yang berlomba-lomba dalam menunaikan ibadah sholat tarawih untuk mendapatkan pahala.

Pelaksanaan sholat tarawih secara jamaah juga disunnahkan, sesuai pendapat Imam Nawawi di dalam kitabnya Al-Majmu’ mengutip penulis kitab Asy-Syamil yang berbunyi, “Berkata Abul-Abbas dan Abu Ishaq,” Sholat tarawih dengan berjamaah itu lebih afdal daripada sholat tarawih sendirian, karena sudah disepakati oleh sahabat dan para ulama.

Sholat tarawih yang hanya ada satu kali atau hanya ada di bulan Ramadan tentu sayang untuk dilewatkan. Harapan bagi setiap muslim yang taat untuk mendapatkan keberkahan dan ampunan di bulan Ramadan.

Keutamaan Sholat Tarawih Malam ke 16

وَفِى اللَّيْلَةِ السَّادِسَةَ عَشَرَةَ كَتَبَ اللهُ لَهُ بَرَاءَةَ النَّجَاةِ مِنَ النَّارِ وَبَرَاءَةَ الدُّخُوْلِ مِنَ الْجَنَّةِ

Artinya: (Sholat tarawih) pada malam keenam belas, Allah mencatat kebebasan selamat dari neraka dan kebebasan masuk surga baginya.

Kutipan ini diambil dari kitab Durratun Nashihin yang ditulis oleh Syekh Usman bin Hasan bin Ahmad Asy-Syakiri Al-Khubawi. Dalam kitab ini berisikan tentang ajakan agar lebih giat dalam beribadah.

Seperti keutamaan sholat tarawih malam ke 16 ini, disebutkan jika Allah mencatatat kebebasan selamat dari api neraka dan kebebasan masuk surga.

Kutipan ini bisa menjadi pemantik seorang Muslim untuk terus giat beribadah kepada Allah SWT. Dengan begitu bisa mempertebal keimanan dan ketaqwaan.

Seperti halnya bayangan kebebasan dari api neraka. Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa neraka berisikan penderitaan yang amat pedih dan tidak ada sedikitpun kebahagiaan.

Setiap Muslim tidak menginginkan masuk neraka. Karena sudah memamhami tentang kepedihan di neraka.

Di sisi lain setiap Muslim juga mengetahui bagaimana kenikmatan surga yang tiada batas. Bahkan di surga tidak ada kepedihan sama sekali.

Dengan mengetahui ini diharapkan bisa memantik ibadah kita agar lebih giat dan bersemangat untuk mendapatkan ridho Allah SWT. Serta bisa dimudahkan untuk masuk surga-Nya. Semoga bermanfaat.

Kopi Jimat

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi ditandai dengan *

This site is protected by Honeypot.