Kabar TrenggalekKabar Trenggalek

Press ESC to close

Tak Hanya Membuat Masakan Lezat, Manfaat Kluwek Bagi Kesehatan Ternyata Banyak

Arena Parfum

Rawon adalah kuliner khas Jawa Timuran yang diolah tanpa santan dan memiliki warna hitam dan aromanya yang khas. Warna hitam dan aroma khas ini dihasilkan dari bumbu yang bernama kluwek.

Kluwek terkenal sebagai bumbu masakan yang dapat meningkatkan cita rasa kuliner. Siapa sangka di balik warna hitamnya tersebut, ternyata manfaat kluwek bagi kesehatan tubuh begitu banyak.

Kluwek berasal berasal dari biji buah Pucung. Pohon pucung juga banyak ditemukan di Kabupaten Trenggalek.

Banyak warga yang menanam pohon pucung, seperti warga di Kecamatan Kampak, Watulimo, dan kecamatan lainnya.

Manfaat Kluwek Bagi Kesehatan

Melansir dari laman Klikdokter, kelezatan kluwak bersumber dari asam glutamat yang terkandung di dalamnya. Asam ini juga terdapat dalam penyedap rasa yang biasa dipakai sebagai bumbu dapur.

Selain itu, kluwek juga mengandung nutrisi lainnya. Diantaranya zat besi, vitamin C, vitamin B1, fosfor, kalium dan kalsium.

Namun hati-hati, kluwek juga mengandung asam sianida, sejenis racun yang dapat membahayakan kesehatan jika dikonsumsi secara langsung.

Oleh sebab itu, orang jawa sebelum mengolah biji buah pucung menjadi kluwek akan melakukan fermentasi. Biasanya dengan cara ditimbun di tanah dan dibiarkan beberapa minggu hingga bulan.

Untuk lebih aman, sebaiknya Anda membeli kluwak yang sudah siap pakai. Jika belum berpengalaman, hindari membuat kluwak sendiri dari biji pohon pucung sendiri.

Selain itu, untuk mengurangi kandungan asam sianida tertinggi terdapat dalam daging biji kluwek, dapat dilakukan perendaman terlebih dahulu sebelum diolah.

Berikut informasi tentang manfaat kluwek bagi kesehatan tubuh:

1. Menjaga Kekebalan Tubuh dari Penyakit

Kluwek mengandung vitamin C yang cukup tinggi. Vitamin ini diketahui memiliki banyak peran untuk kesehatan, salah satunya untuk menjaga daya tahan tubuh. 

Kandungan vitamin C dalam kluwek dapat membantu melawan berbagai penyebab infeksi yang masuk ke dalam tubuh. 

Selain itu, vitamin C mampu menjaga kesehatan kulit dengan meregenerasi sel-sel tubuh. Vitamin ini berperan sebagai antioksidan di dalam tubuh yang dapat menetralkan radikal bebas.

2. Mencegah Anemia

Buah kluwek kaya akan kandungan zat besi. Mineral ini adalah salah satu komponen pembentuk sel darah merah, yaitu hemoglobin. 

Zat besi dibutuhkan tubuh untuk mencegah anemia atau kekurangan sel darah merah, khususnya untuk ibu hamil. Karena pada saat hamil, ibu rentan mengalami anemia yang dapat berdampak pada kesehatan janin.

3. Baik untuk Usus

Kluwek dipercaya dapat membantu dalam menjaga kesehatan usus. Saat usus sehat, ternyata juga akan berdampak pada organ tubuh yang lainnya.

Kluwek mengandung banyak serat yang baik untuk usus. Selain itu, serat dari kluwek bermanfaat untuk membantu memperlancar buang air besar.

4. Mengurangi Resiko Asam Urat

Ternyata, kluwek juga bermanfaat untuk meredakan gejala yang ditimbulkan dari penyakit asam urat.

Kemampuan itu berkat kandungan vitamin C yang ada di dalam kluwak. Berdasarkan sebuah penelitian, mengkonsumsi vitamin C dapat mencegah radang sendi akibat tingginya kadar asam urat dalam tubuh. 

Biasanya, radang sendi akibat asam urat ini dialami di bagian sendi sekitar jempol kaki.

5. Meminimalisir penyakit jantung koroner

Kandungan magnesium yang ada pada kluwek punya potensi penurunan risiko penyakit jantung koroner. 

Apabila kebutuhan magnesium sehari-hari tidak dipenuhi, Anda berisiko mengalami kelainan irama jantung dan munculnya komplikasi setelah serangan jantung. 

Hal ini didukung dengan sebuah penelitian yang menunjukan bahwa tercukupinya asupan magnesium dapat membantu menurunkan risiko stroke.

6. Mencegah Lemas dan Kelelahan Otot

Ternyata, rutin mengkonsumsi kluwek bermanfaat untuk mengatasi masalah kelemahan otot, mati rasa, dan lemas. 

Ini karena kluwek mengandung mineral fosfor yang membantu tubuh Anda menjadi tetap fit dan aktif. 

Bahkan, dengan mencukupi kadar fosfor dalam tubuh dapat membantu meningkatkan gairah seks.

7. Membantu menurunkan kolesterol

Konsumsi kluwek juga bermanfaat untuk mencegah kolesterol tinggi, lho! Namun, untuk menurunkan kolesterol tinggi, tentunya tak hanya dengan mengkonsumsi kluwek.

Anda juga disarankan untuk memperbaiki gaya hidup. Misal, olahraga dengan teratur dan menghindari makanan tinggi kolesterol. Serta, mengelola stres dengan baik.

8. Membantu tidur lebih cepat

Terakhir, kluwek dapat menjadi cara untuk mengatasi susah tidur. Hal tersebut karena biji kluwek memiliki kandungan yang menyehatkan dan membuat Anda menjadi lebih rileks hingga akhirnya mudah untuk tidur.

Itulah manfaat kluwek bagi kesehatan. Untuk mendapatkan manfaat lebih banyak, sangat dianjurkan bagi Anda untuk menjalani hidup sehat.

Selain itu, mengkonsumsi kluwek juga harus dalam batas wajar. Karena hal-hal yang berlebihan itu tidak baik. Semoga bermanfaat.

Kopi Jimat

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi ditandai dengan *

This site is protected by Honeypot.