Kabar TrenggalekKabar Trenggalek

Press ESC to close

Doa Sholat Witir 3 Rakaat, Gampang Dihafalkan

Arena Parfum

Umat Islam memiliki kebiasaan sholat malam, seperti sholat tahajud dan sholat witir. Bagi Anda yang ingin mengetahui doa sholat witir 3 rakaat, silakan simak artikel berikut ini.

Melansir dari Clefhui, doa sholat Witir 3 rakaat dibaca setelah pelaksanaan sholat witir sebagai penutup sholat malam. Umat Islam dianjurkan untuk membaca doa tersebut agar semua hajatnya dikabulkan.

Ada banyak keutamaan dari sholat witir. Apalagi menjelang datangnya bulan Ramadan, pelaksanaan sholat witir menjadi salah satu anjuran untuk dilakukan oleh umat Islam.

Keutamaan Sholat Witir 3 Rakaat

Sholat Witir adalah amalan untuk menyempurnakan sholat. Ibadah ini bisa dimulai setelah sholat Isya’ dengan niat sebagai penutup rangkaian sholat dengan syarat tidak memberatkan.

Jadi, umat Islam bisa mulai melaksanakan sholat witir di malam hari, mulai dari 1 rakaat, 2 rakaat atau lima rakaat. Tidak ada ketentuan khusus jumlah rakaat yang harus dikerjakan, selama umat Islam itu tidak merasa terbebani.

Sholat witir biasanya dikerjakan setelah pelaksanaan sholat Isya’ sebagai penutup dan bisa juga menjadi pembuka atau penutup sholat malam. Tentunya, ada keutamaan yang bisa seorang muslim dapatkan dari sholat witir 3 rakaat, seperti:

  1. Menyempurnakan sholat
  2. Dapat dikabulkan hajatnya
  3. Lebih dicintai Allah SWT

Amalan-amalan yang baik akan membuat umat Islam bisa lebih dekat kepada Allah SWT. Sehingga, umat Islam akan merasa lebih dekat dengan Allah SWT jika melaksanakan sholat witir dengan Istiqomah (konsisten).

Tata Cara Sholat Witir 3 Rakaat

Walaupun anjuran pelaksanaan sholat witir itu setelah shalat malam, pengerjaannya tak selalu harus di akhir malam. Anda bisa memulai pelaksanaan sholat witir di awal, pertengahan atau akhir malam sebagai penutup sholat malam.

Berikut tata cara sholat witir 1 rokaat:

1. Niat. Bacaan niat sholat witir: “Aku niat sholat witir tiga rokaat karena Allah Ta’ala”

اُصَلِّى سُنَّةَ الْوِتْرِ ثَلَاثَ رَكْعَاتٍ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ أَدَاءً لِلهِ تَعَالَى

Bacaan latin: Ushalli sunnatal witri tsalâtsa raka'âtin mustaqbilal qiblati adâ'an lillâhi ta'âlâ

Artinya: "Aku menyengaja salat sunah salat witir tiga rakaat dengan menghadap kiblat karena Allah Ta'ala,"

2. Takbiratul Ihram
3. Membaca al- Fatihah
4. Membaca surat pendek
5. Ruku’
6. I’tidal
7. Sujud
8. Takhiya Akhir
9. Salam

Sedangkan untuk pelaksanaan sholat witir 3 rakaat adalah dengan dua salam. Satu salam untuk dua rakaat, lalu satu salam untuk satu rakaat kemudian seterusnya.

Bacaan Doa Sholat Witir 3 Rakaat

Sholat witir tentu terasa kurang jika tidak membaca doa dan dzikir setelah sholat witir 3 rokaat. Berikut bacaan dzikir dan doa sholat witir 3 rakaat setelah pelaksanaannya:

Doa Setelah Sholat Witir 1

Dikutip dari buku Kumpulan Doa dari Al Quran dan As Sunnah yang Shahih yang ditulis oleh Yazid bin Abdul Qadir Jawas, berikut bacaan doa setelah sholat witir:

سُبْحَانَ الْمَلِكِ الْقُدُّوْسُ , سُبْحَانَ الْمَلِكِ الْقُدُّوْسُ , سُبْحَانَ الْمَلِكِ الْقُدُّوْسُ

Arab-Latin: Subhaanal malikil qudduus, Subhaanal malikil qudduus, Subhaanal malikil qudduus.

Artinya: "Maha Suci Allah Raja Yang Maha Suci, Maha Suci Allah Raja Yang Maha Suci, Maha Suci Allah Raja Yang Mahasuci." (Nabi mengangkat dan memanjangkan suaranya pada ucapan yang ketiga)." (HR Abu Daud dan Ahmad)

Doa Setelah Sholat Witir 2

Mengutip buku Panduan Shalat Lengkap karya Sa'id bin Ali bin Wahaf al-Qanthani, berikut adalah bacaan doa setelah sholat witir versi kedua:

سُبْحَانَ الْمَلِكِ الْقُدُّوْسُ , سُبْحَانَ الْمَلِكِ الْقُدُّوْسُ , سُبْحَانَ الْمَلِكِ الْقُدُّوْسُ رَبِّ الْمَلاَئِكَةِ وَالرُّوحِ

Arab-Latin: Subhaanal malikil qudduus, Subhaanal malikil qudduus, Subhaanal malikil qudduus, Rabbil malaikati war ruuh.

Artinya: "Maha Suci Allah Raja Yang Maha Suci, Maha Suci Allah Raja Yang Maha Suci, Maha Suci Allah Raja Yang Mahasuci, Raja malaikat dan roh."

Doa Setelah Sholat Witir 3

Selain dua doa di atas, disampaikan oleh Gus Arifin dalam buku Puasa Ramadhan Bagi Orang Sibuk, terdapat doa setelah sholat witir versi lainnya, yakni:

سُبْحَانَ الْمَلِكِ الْقُدُّوْسُ سُبُّوْحٌ قُدُّوْسٌ رَبُّنَا وَرَبُّ الْمَلَائِكَةِ وَالرُّوْحِ سُبْحَانَ اللَّهِ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ وَلاَ إِلَهَ إِلاَّ

اللَّهُ وَاللَّهُ أَكْبَرُ وَ لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللهِ العَلِيِّ العَظِيْمِ

Arab-Latin: Subhana al-maliki al-Quddus, Subbuhun Quddusun Rabbuna wa Rabbul malaikati wa ar-Ruh, Subhanallah walhamdulillah wa la ilaaha illallah wallahu akbar wa la haula wa la Quwwata illa billahil 'aliyyil azim

Artinya: "Maha Suci bagi Penguasa yang Maha Kudus, Maha Suci Tuhan kami, Tuhan segala malaikat dan roh. Maha Suci Allah, dan segala puji bagi Allah, tiada Tuhan kecuali Allah. Allah Maha Besar, tidak daya dan kekuatan kecuali dari Allah yang Maha luhur dan agung."

Demikian ulasan tentang doa sholat witir 3 rakaat. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda semua.

Kopi Jimat

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi ditandai dengan *

This site is protected by Honeypot.