Kabar TrenggalekKabar Trenggalek

Press ESC to close

Ekskavasi Situs Gondang Trenggalek Berlanjut : Fokus Lihat Struktur Bangunan

Kabar Trenggalek - Ekskavasi situs Gondang Trenggalek berlanjut pada tahap dua. Ekskavasi dilakukan Badan Pelestarian Kebudayaan (BPK) bersama Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Trenggalek, Kamis (10/11/2022).

Ekskavasi situs Gondang yang kedua kali ini adalah upaya menindaklanjuti ekskavasi tahap pertama yang dilakukan pada 3 bulan yang lalu. Tak ayal pada tahap dua ini akan berlangsung selama enam hari. 

Andi Mohammad Said, Pamong Budaya Ahli Madya BPK Wilayah XI Jawa Timur mengatakan selama ekskavasi tahap dua enam hari kedepan akan fokus pada identifikasi situ gondang itu.

Baca: Batu Merah dan Arca Jadi Temuan Ekskavasi Situs Gondang Trenggalek

Sebelumnya, tutur Andi bahwa Ekskavasi tahap dua tiga bulan yang lalu masih tahap pembukaan sisi timur saja dan menemukan arca, untuk kedepan akan lebih fokus penggalian di sisi barat.

Batu Merah dan Arca Jadi Temuan Ekskavasi Situs Gondang Trenggalek

"Kami akan memanfaatkan waktu enam hari ini untuk membuka secara utuh. Supaya bisa melihat dimensinya, ukuran dan mengidentifikasi situs gondang itu," ungkap Andi. 

Dal ekskavasi kedua itu menemukan arca kembali jenis Agastya, arca yang terbuat dari batu putih namun cukup keras dan Dirinya menemukan reruntuhan batu bata merah di sekitar lokasi.

Baca: Situs Gondang Jadi Temuan Baru Cagar Budaya Trenggalek

"Dugaan kami candi ini runtuh sebelum tertimbun longsor, kemudian ceritanya ada warga yang dulunya memanfaatkan runtuhan itu sebagai bangunan," katanya. 

Tambahnya, jika nanti proses pembukaan situs gondang itu selesai dan bangunan sudah nampak. Dirinya akan memberikan rekomendasi kepada pihak Pemerintah Daerah (Pemda).

"Enam hari akan kami buka secara luas dalam penggalian bangunan, supaya kedepan pemerintah daerah bisa melihat dan menatanya," ujar Andi. 

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi ditandai dengan *