BerandaNewsLingkunganAkibat Struktur Tanah, Kecamatan Tugu Sumbang Angka Tanah Longsor Terbesar

Akibat Struktur Tanah, Kecamatan Tugu Sumbang Angka Tanah Longsor Terbesar

Terbit:

advertisement

Kabar Trenggalek Waspada bencana alam, khususnya tanah longsor, di Trenggalek belum sepenuhnya bisa lepas mengancam keberadaan masyarakat, Sabtu (20/08/2022).

Karenanya, bencana alam di Trenggalek selama 6 bulan menurut catatan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Trenggalek, mencapai angka 150 kejadian.

advertisement

Tak ayal, kewaspadaan harus ditingkatkan karena satu warga meninggal akibat bencana tanah longsor di Kota Alen-Alen Trenggalek.

Pelaksana teknis Kepala Pelaksana (Plt Kalaksa) BPBD Trenggalek, Ahmad Budiharto, memaparkan dari 150 bencana alam di Kecamatan Tugu, yang menjadi penyumbang terbesar.

Rincinya, Kecamatan Tugu, ada 13 bencana tanah longsor dan 3 banjir. Disusul Kecamatan Pule 14 tanah longsor dan satu banjir. Kemudian, Kecamatan Munjungan, 8 tanah longsor, 4 banjir, dan 1 angin kencang.

advertisement

“Struktur tanah di wilayah Kecamatan Tugu terdiri dari material batu kerikil pasir. Material itu memicu daya kelekatan tanah menjadi tidak optimal, sehingga rawan longsor,” ungkap Budi.

Budi menyoroti di wilayah Tugu yang terletak di Desa Gading, secara geografis dekat dengan Kabupaten Ponorogo. Hal itu menjadi upaya yang sangat serius untuk mengurangi beban tanah.

“Khusus di Desa Gading, beberapa stakeholder termasuk Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Trenggalek mengintervensi agar mengurangi pengolahan sawah di bidang yang bukan peruntukannya,” tegas Budi.

Misalnya, lanjut Budi, penggunaan tanah yang seharusnya tidak digunakan untuk pengolahan lahan persawahan. Sebab, tanah itu bukan milik perorangan, kas desa, maupun tanah pemajakan.

advertisement

“Untuk mengurangi pembebanan dari tanah yang ada dibawahnya. Yang kebetulan persis diatas Bendungan Tugu,” ujar Budi.

Rincian dari 150 kejadian bencana alam di Trenggalek selama 6 bulan, meliputi tanah longsor 59 kejadian, angin kencang 26 kejadian, banjir 25 kejadian, karhutla nol kejadian. Tanah gerak 2 kejadian, gempa 38 kejadian, dan kekeringan nol kejadian.

advertisement

Berita Baru

Segera Hadir! Inilah Spesifikasi Vivo V25e HP Kamera Berkemampuan Unggul

Kabar Trenggalek - Vivo V25e dipastikan hadir di Indonesia pada 3 Oktober 2022 mendatang....

Atasi Tindak Pemalsuan, Korlantas Polri Akan Terbitkan BPKB Elektronik

Kabar Trenggalek - Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri akan segera menerbitkan Buku Pemilik Kendaraan...

Pemilik Motor 250cc Keatas Harus Membuat SIM CI dan CII, Ini Syaratnya

Kabar Trenggalek - Pemilik kendaraan bermotor roda 2 dengan kapasitas mesin 250 cc keatas...

Viral Hari ini

Wisata Berbasis Konservasi Alam Kedung Gede, Satu Satunya di Trenggalek

Kabar Trenggalek - Tidak terlalu jauh dari kota untuk menuju Kedung Gede di Desa...

Berita Terkait