Kabar TrenggalekKabar Trenggalek

Press ESC to close

Waspada Bahaya Rip Current saat Berenang di Laut, Ini Ciri-Ciri dan Cara Menghadapinya

Kabar Trenggalek - Liburan ke pantai memang menyenangkan. Banyak masyarakat yang memilih wahana pantai untuk liburan guna melepas penat. Namun Anda perlu waspada bahaya Rip Current saat berenang di laut.Pusat Metereologi Maritim, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), melalui laman resminya, menjelaskan bahwa Rip Current adalah arus kuat dari air laut yang yang bergerak menjauh dari pantai. Mereka bahkan dapat menyapu perenang terkuat sekalipun ke laut.Menurut BMKG, RIP Current disebabkan oleh adanya pertemuan ombak yang sejajar dengan garis pantai sehingga menyebabkan terjadinya arus balik dengan kecepatan arus yang tinggi.Lebih lanjut, BMKG menjelaskan kecepatan arus Rip Current bisa bervariasi tergantung pada kondisi gelombang, pasang surut dan bentuk pantai. Rip Current yang telah diukur kecepatannya dapat melebihi 2 m/detik. Sehingga tentu saja sangat amat berbahaya bagi pengunjung pantai.

Foto Ciri-Ciri Rip Current:

[caption id="attachment_12994" align=aligncenter width=599]Ciri-ciri arus Rip Current di laut Ciri-ciri arus Rip Current di laut/Foto: Dokumen Amien Widodo[/caption][caption id="attachment_12996" align=aligncenter width=432]Ciri-ciri arus Rip Current di laut Ciri-ciri arus Rip Current di laut/Foto: Dokumen Amien Widodo[/caption]

Cara Menghadapi Rip Current

[caption id="attachment_12995" align=aligncenter width=720]Infografis cara agar lolos Rip Current Infografis cara agar lolos Rip Current/Foto: Dokumen Amien Widodo[/caption]Amien Widodo, dosen Teknik Geofisika Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya, mengatakan saat liburan, kawasan pantai menjadi lokasi avorit untuk wisata. Akan tetapi, ada ancaman yang muncul di pantai saat liburan, salah satunya Rip Current.Amien menjelaskan, Rip Current bisa berbahaya karena dapat menyeret wisatawan ke tengah laut. Pantai yang sering muncul Rip Current yaitu di pantai selatan.Kalau kita terseret arus Rip Current, Amien mengimbau agak wisatawan tidak melawan, sebab wisatawan akan kehabisan tenaga. Oleh karena itu, wisatawan harus segera mencoba keluar dari arus dengan berenang ke arah kiri atau ke arah kanan. Atau wisatawan bisa mengikuti arus sampai kecepatan melemah, setelah itu wisatawan bisa berenang ke pantai dengan aman.Menikmati liburan memang menyenangkan, namun Anda tetap harus berhati hati. Semoga niat untuk mencari kesenangan tidak berujung mendapatkan duka.

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi ditandai dengan *