TRENDING

Sumber Air Nguncar PDAM Trenggalek Terancam Dirusak Tambang Emas PT SMN

Terbit:

Kabar Trenggalek Manusia bisa hidup tanpa emas, tapi tak bisa hidup tanpa air. Sewajarnya, kalimat itu menjadi kesadaran bersama masyarakat Trenggalek yang alamnya terancam pertambangan emas.

Konsesi tambang emas PT Sumber Mineral Nusantara (SMN) mencaplok 9 kecamatan. Termasuk Dusun Sentul, Desa Karangrejo, Kecamatan Kampak.

advertisement

Di Dusun Sentul, ada Sumber Air Nguncar, salah satu sumber air yang menjadi tulang punggung Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Trenggalek. Sumber Air Nguncar digunakan untuk memenuhi kebutuhan air bersih di Desa Karangrejo, serta wilayah Trenggalek lainnya.

Pipa di Sumber Air Nguncar untuk distribusi air
Pipa di Sumber Air Nguncar untuk distribusi air/Foto: Kabar Trenggalek

Minggu pagi, 22 Mei 2022, saya bersama tim Wahana Lingkungan Hidup (WALHI) Jawa Timur, menelusuri lokasi Sumber Air Nguncar. Kami ditemani Imam Syafii, Ketua Pengurus Anak Cabang (PAC) Ansor Kampak.

Pukul 07.50 WIB, kami memulai perjalanan dari Desa Sugihan, dengan mengendarai dua sepeda motor. Perjalanan menuju Sumber Air Nguncar di Desa Karangrejo, menghabiskan waktu kurang lebih setengah jam.

Jaraknya tidak jauh, tapi akses menuju Sumber Air Nguncar harus melewati jalan setapak yang sempit dan curam, karena berada di wilayah pegunungan.

Sungai yang jernih di Sumber Air Nguncar
Sungai yang jernih di Sumber Air Nguncar/Foto: Kabar Trenggalek

Perjalanan kami lanjutkan dengan melewati beberapa tanjakan dan turunan. Beberapa kali, motor kami terhenti di tengah jalan karena tidak kuat melewati tanjakan di jalan setapak. Kami juga sering terpeleset dan jatuh di jalan.

Kami belum pernah menelusuri lokasi Sumber Air Nguncar sebelumnya. Penunjuk jalan yang kami miliki hanya pipa panjang PDAM Trenggalek, dari Sumber Air Nguncar. Hingga kami sampai pada sebuah jembatan kecil yang terbuat dari bambu.

Usai memarkirkan motor, kami berjalan mengikuti arah suara gemercik air. Suara gemercik air berubah menjadi lebih deras. Di sana, ada dua tandon air besar sebagai penampung air. Kami sampai di lokasi Sumber Air Nguncar.

Sumber Air Nguncar yang terancam dirusak tambang emas PT SMN
Sumber Air Nguncar yang terancam dirusak tambang emas PT SMN/Foto: Kabar Trenggalek
advertisement

Aliran Sumber Air Nguncar yang deras melewati bebatuan di sekitarnya, lalu menuju sungai. Beberapa pipa tersambung di Sumber Air Nguncar.

‚ÄúPipa yang besar ini dari PDAM Trenggalek, untuk mengalirkan air sampai ke beberapa wilayah Trenggalek lainnya. Kalau yang pipa-pipa ukuran sedang ini, langsung mengalir ke Desa Karangrejo,‚ÄĚ ujar Imam.

Imam menceritakan, sejak ada Sumber Air Nguncar digunakan PDAM Trenggalek, pengairan di Desa Karangrejo berkurang. Sebagai upaya menangani hal itu, warga Desa Karangrejo memasang pipa-pipa tambahan.

Warga Desa Karangrejo memanfaatkan Sumber Air Nguncar untuk kebutuhan hidup sehari-hari, serta kebutuhan pengairan di lahan pertanian.

Aliran air dari tandon di Sumber Air Nguncar
Aliran air dari tandon di Sumber Air Nguncar/Foto: Kabar Trenggalek

Mengacu pada dokumen Analisis Mengenai Dampak Lingkungan Hidup (AMDAL) Tambang Emas PT SMN, lokasi awal eksploitasi yaitu di pegunungan Dusun Sentul (Desa Karangrejo) dan Buluroto (Desa Ngadimulyo), Kecamatan Kampak. PT SMN menyebutnya sebagai Prospek Sentul-Buluroto.

Berbagai fasilitas pertambangan emas akan dibangun di wilayah Prospek Sentul-Buluroto. Seperti disposisi area, bukaan tambang pit, jalan tambang, kantor administrasi tambang, gudang bahan peledak, dan lain-lain.

Imam dan warga Kecamatan Kampak lainnya khawatir dengan pertambangan emas PT SMN. Jika ada eksploitasi tambang emas PT SMN, maka Sumber Air Nguncar dan 80 sumber mata air lainnya di Kecamatan Kampak akan rusak, bahkan hilang.

‚ÄúDari Buluroto sampai Sentul itu kan gunungnya jadi satu gugusan. Jadi, kalau gunung di lokasi Sumber Air Nguncar ini dikeruk untuk tambang emas, ya bisa dibayangkan kerusakannya seperti apa,‚ÄĚ cerita Imam.

Pipa di Sumber Air Nguncar untuk kebutuhan air warga
Pipa di Sumber Air Nguncar untuk kebutuhan air warga/Foto: Kabar Trenggalek

Mendengar cerita Imam membuat kami juga khawatir. Kami melihat secara langsung bahwa Sumber Air Nguncar begitu jernih dan asri. Tapi kejernihan dan keasrian itu terancam dirusak oleh tambang emas PT SMN.

Jika melihat perusakan alam oleh pertambangan di wilayah lain, maka benar bahwa tak pernah ada cerita warga sekitar tambang itu sejahtera. Jaringan Advokasi Tambang (JATAM) mencatat, tambang emas di Poboya, Kota Palu, Selawesi Tengah, mencemari air hingga 7 kilometer di bawah tanah.

Selain itu, warga di Teluk Palu tidak bisa memakan buah-buahan maupun hasil tangkapan nelayan, karena sudah tercampur dengan merkuri dari aktivitas tambang emas.

Kemudian, ada deretan kasus kekerasat aparat, kriminalisasi, serta pembunuhan warga penolak tambang di Papua. Lebih dekat lagi dari Trenggalek, ada tambang emas di Banyuwangi yang menghancurkan Gunung Tumpang Pitu.

Sumber Air Nguncar yang dikelilingi pohon dan bebatuan
Sumber Air Nguncar yang dikelilingi pohon dan bebatuan/Foto: Kabar Trenggalek

Kabar terbaru, pemerintah terus memberi jalan mulus kepada PT SMN. Melalui surat jawaban atas penolakan warga Trenggalek terhadap tambang emas, Kementerian Kementerian Energi Sumber Daya dan Mineral (ESDM), menyatakan bahwa PT SMN boleh melakukan kegiatan eksploitasi awal di Trenggalek.

Kekhawatiran dan nasib warga Trenggalek yang terancam tambang emas seperti tidak digubris oleh pemerintah.

Waktu menunjukkan pukul 09.40 WIB, kami bersiap-siap untuk pulang. Kami mengambil beberapa foto Sumber Air Nguncar yang jernih dan asri dengan dikelilingi bebatuan pegunungan serta pohon-pohon hijau.

Kami tidak ingin membayangkan bahwa foto-foto ini adalah foto terakhir, sebelum Sumber Air Nguncar dan pegunungan di Kampak dirusak oleh tambang emas.

advertisement

TERBARU

Dikabarkan Putus dengan Happy Asmara, Denny Caknan Asyik Ngopi Bareng Prabowo 

Kabar Trenggalek - Artis dangdut Denny Caknan akhir ini dikabarkan putus cinta dengan Happy...

Jadwal Pelayanan dan Syarat Membuat SKCK Online di Polres Trenggalek

Kabar Trenggalek - Kepolisian Resor (Polres) Trenggalek mengumumkan informasi pembuatan Surat Keterangan Catatan Kepolisian...

Apresiasi Daya Saing Digital Daerah, Trenggalek Raih Perhargaan EV-DCI 2022 Tingkat Nasional

Kabar Trenggalek - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Trenggalek meraih penghargaan tingkat nasional. Penghargaan itu diberikan...

TOPIK TERKAIT