TRENDING

Pasca Covid-19, Pajak Bumi dan Bangunan di Trenggalek Naik 7,5 Persen

Terbit:

Kabar Trenggalek Alih-alih Pemerintah Kabupaten Trenggalek pasca pandemi memiliki slogan pemulihan ekonomi, kenyataanya Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) naik, Senin (30/05/2022).

Kabid Pengelolaan Pendapatan/Pajak Daerah Badan Keuangan Daerah (Bakeuda) Kabupaten Trenggalek, Tony Setiadji, membenarkan pada 2022 ini target PBB naik menjadi Rp 14 miliar. Target ini meningkat miliar dibandingkan pada 2021 sebesar miliar.

advertisement

“Kenaikan target PBB sekitar 7,5 persen,” ucapnya.

Tony menjelaskan, batas tempo pembayaran PBB jatuh pada September 2022 mendatang. Karena itu, pembayaran PBB terus berproses pada April. Realisasi pendapatan dari PBB sampai 19 April 2022 mencapai sekitar Rp 110,1 juta.

“Sampai kini pembayaran PBB terus meningkat,” ujarnya.

Namun, ketika membandingkan dengan realisasi PBB pada bulan yang sama dengan tahun sebelumnya, Tony mengaku realisasi PBB memang mengalami penurunan. Per 19 April 2021, realisasi PBB pada April 2020 menyentuh sekitar Rp 212,8 juta.

Penurunan itu karena tren masyarakat membayar PBB akan meningkat saat mendekati batas tempo. Kadang ketika memasuki Juni, Juli, tren masyarakat membayar PBB naik drastis.

“Meski begitu, saat ini sudah ada dua desa yang sudah lunas, yakni di Desa Nglinggis [Kecamatan Tugu], dan Desa Kembangan [Kecamatan Pule],” ucapnya.

Menurutnya, tren pembayaran PBB oleh masyarakat tak lepas dari peran kepala desa yang giat memberikan sosialisasi ke warga tentang pentingnya membayar PBB.

advertisement

Sejauh ini, masyarakat yang antusias membayar PBB artinya sudah berkontribusi terhadap pajak daerah sebesar 38,85 persen, juga pendapatan asli daerah (PAD) sebesar 16,05 persen.

advertisement

TERBARU

Kampung Kopi Sengunglung, Wujud Kelestarian Alam Bumi Sumberbening Trenggalek

Kabar Trenggalek - Kopi menjadi salah satu potensi komoditas unggulan di Desa Sumberbening, Kecamatan...

Jaranan Turangga Yaksa Semarakkan Festival Mata Air Sumberbening, Potret Perjuangan Petani

Kabar Trenggalek - Sejumlah 6 anak dari SDN 1 Sumberbening berlenggak-lenggok mengikuti alunan nada...

Ritual Adat di Sumber Air Plancuran Desa Sumberbening, Warga Berdoa Tolak Tambang Emas Trenggalek

Kabar Trenggalek - Perjuangan tolak tambang emas Trenggalek tidak hanya dilakukan melalui serangkaian aksi...

TOPIK TERKAIT