Kabar TrenggalekKabar Trenggalek

Press ESC to close

Atap Rumah Warga Trenggalek Runtuh Diterjang Angin Kencang

Kabar Trenggalek - Angin kencang menerjang rumah warga di Kecamatan Panggul, Kabupaten Trenggalek. Angin kencang saat hujan deras itu meruntuhkan atap rumah warga Panggul, Rabu (19/01/2022).

Runtuhnya atap rumah itu terjadi pada Senin (17/01/2022). Kurang lebih pukul 23.00 WIB, terjadi tanah gerak yang mengakibatkan runtuhnya atap rumah milik warga bernama Saidi.

Material genting yang runtuh itu diperparah dengan kondisi rumah yang sudah lapuk. Selain atap runtuh, kerusakan tambahan lainnya yaitu tembok retak.

Baca juga: Angin Kencang Akibatkan Pohon Tumbang Melintang di Badan Jalan Trenggalek 

Kepala Kepolisian Sektor (Kapolsek) Panggul, AKP Budi Hartoyo, saat dikonfirmasi, ia mengatakan kejadian tersebut tepatnya berada di Desa Manggis, Kecamatan Panggul, Kabupaten Trenggalek.

"Runtuhnya satu bangunan rumah warga atas nama Saidi, itu terjadi sekitar Senin (17/01/2022) malam, namun kami mendapatkan laporan pada Selasa (18/01/2022) paginya," ucap Budi.

Budi menjelaskan, kejadian itu dibarengi dengan hujan deras sejak sore hari. Kemudian, kontruksi bangunan yang sudah lapuk juga menyebabkan runtuhnya bangunan.

"Waktu kami melihat kondisi rumah itu, ternyata bangunan sudah lapuk dan kondisinya tembok retak dan genting runtuh," terangnya.

Baca juga: Hujan Deras dan Angin Kencang Akibatkan Rumah Warga Trenggalek Tertimpa Pohon

Menurut Budi, kondisi retakan pada dinding rumah korban cukup besar. Kondisi dinding yang retak itu sudah sejak lama.

Merespons bencana tersebut, Budi bersama Tim Reaksi Cepat (TRC) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), dan TNI-Polri melakukan gotong-royong untuk pembersihan material genting.

"Untuk material genting tadi dibersihkan dengan gotong royong. Untuk Saidi, sementara tinggal di rumah keluarganya sembari menunggu rumah diperbaiki," tandas Budi.

Sebelumnya, ada dua bencana angin kencang yang terjadi di Trenggalek:

1. Angin kencang dan hujan deras menyebabkan pohon tumbang di Kecamatan Gandusari, Kabupaten Trenggalek, pada Sabtu, (15/01/2022). Pohon tumbang itu menimpa dua rumah warga Desa Krandegan, Kecamatan Gandusari.

2. Angin kencang dan hujan deras menyebabkan pohon tumbang di Kecamatan Bendungan, Kabupaten Trenggalek, pada Sabtu (15/01/2022). Pohon tumbang itu melintangi jalan di Kecamatan Bendungan, sehingga kendaraan tidak bisa lewat.

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi ditandai dengan *