Kabar TrenggalekKabar Trenggalek

Press ESC to close

Bacaan Niat Sholat Qobliyah Subuh, Arab, Latin, dan Terjemahannya

Arena Parfum
Sholat Sunnah Qobliyah Subuh adalah sholat sunnah yang dikerjakan dua rakaat sebelum sholat Subuh. Sholat sunnah ini memiliki banyak keutamaan, salah satunya adalah lebih baik dari dunia dan seisinya.

Keutamaan Sholat Qobliyah Subuh

Berikut adalah beberapa keutamaan Sholat Sunnah Qobliyah Subuh:
  • Lebih baik dari dunia dan seisinya
Rasulullah SAW bersabda:رَكْعَتَا الْفَجْرِ خَيْرٌ مِنَ الدُّنْيَا وَمَا فِيهَاArtinya: "Dua rakaat salat fajar lebih baik dari dunia dan seisinya." (HR. Muslim)
  • Menjadi pembuka pintu surga
Rasulullah SAW bersabda:مَنْ صَلَّى رَكْعَتَيْ الْفَجْرِ فَقَدْ أَطَافَ بِالْجَنَّةِArtinya: "Barang siapa yang mengerjakan dua rakaat sholat fajar, maka ia telah mengelilingi surga." (HR. Thabrani)
  • Menjadi penghapus dosa
Rasulullah SAW bersabda:رَكْعَتَا الْفَجْرِ تَحُطَّانِ مَا بَيْنَهُمَاArtinya: "Dua rakaat sholat fajar menghapuskan dosa di antara keduanya." (HR. Muslim)
  • Menjadi sebab mendapatkan syafaat Rasulullah SAW
Rasulullah SAW bersabda:صَلَاةُ الرَّكْعَتَيْنِ قَبْلَ صَلَاةِ الْفَجْرِ تَحْطُطُ الذُّنُوْبَ حَتَّى تَصِلَ إِلَى الْعَصَبِArtinya: "Shalat dua rakaat sebelum sholat Subuh menghapuskan dosa sampai ke tulang sumsum." (HR. Tirmidzi)

Waktu Pelaksanaan Sholat Qobliyah Subuh

Sholat Sunnah Qobliyah Subuh dilaksanakan setelah azan Subuh berkumandang.Rasulullah SAW bersabda:يُصَلِّى رَكْعَتَىِ الْفَجْرِ إِذَا سَمِعَ الأَذَانَ وَيُخَفِّفُهُمَاArtinya: "Rasulullah SAW dahulu diam antara azan muazin hingga waktu sholat Subuh. Sebelum mulai melaksanakan salat Subuh, beliau terlebih dahulu sholat dua rakaat ringan." (HR. Bukhari dan Muslim)

Niat Sholat Qobliyah Subuh

Ketika hendak melaksanakan Sholat Qobliyah Subuh, diharuskan untuk melafalkan niat sebagai berikut:اُصَلِّى سُنَّةَ الصُّبْحِ رَكْعَتَيْنِ قَبْلِيَّةً مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ ِللهِ تَعَالَىUsholli sunnatash subhi rok'ataini qobliyatan mustaqbilal qiblati lillahi ta'ala.Artinya: "Aku niat mengerjakan sholat sunah sebelum Subuh dua rakaat, menghadap kiblat karena Allah yang Mahatinggi."Niat Sholat Sunnah Qobliyah Subuh juga dapat dilafalkan dengan doa berikut ini:أُصَلِّى سُنَّةَ الصُّبْحِ رَكْعَتَيْنِ قَبْلِيَةً لِلهِ تَعَالَىUshalli sunnatash-shubhi rak’ataini qabliyyatal lillahi ta’ala.Artinya: "Aku niat salat sunah sebelum [sholat] Subuh dua rakaat karena Allah Swt."Setelah kita mengetahui apa itu sholat qobliyah subuh, keutamaan dan niat sholat qobliyah subuh, maka dapat disimpukan Sholat Qobliyah Subuh adalah sholat sunnah yang memiliki banyak keutamaan. Oleh karena itu, kita dianjurkan untuk mengerjakannya.
Kopi Jimat

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi ditandai dengan *

This site is protected by Honeypot.