Kabar TrenggalekKabar Trenggalek

Press ESC to close

Legislator Pro UMKM, Mas Ibas Kunjungi Usaha Opak Gambir Trenggalek 

Arena Parfum

Edhie Baskoro Yudhoyono atau Mas Ibas kunjungi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Trenggalek. Ketua Fraksi Demokrat tersebut datangi pengusaha opak gambir di Desa Suruh, Kecamatan Suruh, Selasa (12/12/2023). 

Mas Ibas saat datang di Desa Suruh itu melihat proses pembuatan opak gambir. Desa Suruh yang memiliki lahan pertanian untuk ketahanan pangan juga tumbuh UMKM opak gambir. 

Opak gambir atau biasa disebut semprong sebenarnya adalah makanan khas Blitar. Namun, jika tumbuh di Trenggalek, kata Mas Ibas, itu sebagai potensi khas sendiri. Opak gambir suruh memiliki bahan yang menyehatkan karena ada jahe. 

"Opak gambir Trenggalek ini nggak kalah kualitasnya, hasilnya juga baik, dengan menggunakan bahan-bahan baku yang menyehatkan, ya dari jahe dan sedikit gula sehingga kalau itu bisa diperkenalkan bisa diperjualbelikan," terangnya saat dikonfirmasi sejumlah awak media. 

Lanjutnya, apalagi dilakukan pengemasan yang bagus dengan logo halal yang ada dengan harga yang pantas bisa menambah penghasilan rumah tangga dimulai dari penjual 1 kg hingga 5 kg dengan pegawai mungkin hanya dua hingga 20 pegawai. 

"Kalau cara-cara seperti ini dikembangkan di rumah tangga, tidak hanya di Dusun Jatirejo, saya yakin ini juga merupakan salah satu solusi untuk mengentaskan kemiskinan di desa," tegas putra kedua Susilo Bambang Yudhoyono tersebut.

Tambah Mas Ibas, seperti kunjungannya sebelumnya di rumah pengrajin anyaman besek Kecamatan Tugu merupakan salah satu upaya cerdas. Karena besek juga bisa untuk wadah buah-buahan.

Kemudian, pasarnya harus diperluas tidak hanya di dalam kota di dalam kabupaten tapi juga bisa didorong untuk lintas Kabupaten atau minimal ke provinsi. Dan mereka ingin kami berkembang dan adaptasi dengan teknologi. 

"Yang perlu kita dukung sebagai wakil rakyat, kami menyerap aspirasi dan senantiasa memberikan dukungan. Berharap rumah tangga semakin sejahtera jauh dari kepentingan politik, kesehatan terjamin dan juga malah kami memiliki solusi yang lain yaitu kemajuan dan pengembangan," tandasnya. 

Kopi Jimat

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi ditandai dengan *

This site is protected by Honeypot.