Kabar TrenggalekKabar Trenggalek

Press ESC to close

Asiknya Berwisata di Pantai Taman Kili-Kili Trenggalek, Bisa Melepaskan Penyu

Arena Parfum

Pantai Taman Kili-kili Trenggalek merupakan tempat wisata pantai dengan hamparan pasir kecoklatan dan deburan ombak biru yang khas. Menariknya, wisata pantai tersebut juga menjadi tempat konservasi penyu.

Pantai Taman Kili-kili merupakan salah satu pantai Trenggalek yang bagus. Pantai ini berada di Desa Wonocoyo Kecamatan Panggul Kabupaten Trenggalek. Jika dilihat secara geografis tepat di sebelah barat Pantai Pelang.

Pengunjung bisa dikatakan puas mengeksplorasi wisata Pantai Taman Kili-kili, karena memiliki luas sekitar 54,40 hektar. Bahkan pantai tersebut pada 2020 ditetapkan sebagai Kawasan Ekosistem Esensial (KEE) oleh Gubernur Jawa Timur dengan Surat Keputusan (SK) No. 188/39/KPTS/013/2020.

Indahnya Pantai Taman Kili-kili Trenggalek/Foto: Marshela Haida H

Eksotisme pantai ini begitu menarik untuk dikunjungi. Pemandangan alamnya yang indah sangat cocok dijadikan tempat healing dan piknik bersama keluarga.

Para orang tua yang ingin mengenalkan kecintaan terhadap lingkungan hidup, bisa mengajak putra-putrinya ke Pantai Taman Kili-kili Trenggalek. Karena tak hanya menawarkan keindahan alam, pantau tersebut juga menjadi wisata edukasi menarik.

Anak penyu yang dilepaskan ke laut/Foto: Dimas Bagus

Ada berbagai macam kegiatan seru yang bisa dilakukan pengunjung di sini, mulai dari melepaskan anak penyu ke laut. Sensasi melepas penyu bisa sangat melegakan hati, melihat penyu bisa bebas berenang menuju laut lepas.

Bagi pengunjung yang minat melepaskan anak penyu bisa langsung menuju tempat konservasi. Di sana sudah ada petugas yang berjaga. Serta yang akan memandu bagaimana cara pelepasan penyu.

Kemudian pengunjung juga bisa menjelajahi pantai yang luas. Sembari menjelajahinya, bisa mengabadikan pemandangan lewat kamera. Bagi yang gemar foto instagramable di sini juga terdapat berbagai macam spot estetik.

Di pinggir Pantai Taman Kili-kili terdapat pepohonan cemara yang rindang. Tiap kali diterpa angin sepoi-sepoi daunnya melambai-lambai. Di bawah pepohonan ini sangat nyaman untuk berteduh. Lokasi yang tepat jika hendak piknik.

Potret anak-anak sedang menyaksikan penyu di Pantai Taman Kili-kili/Foto: Keluarga Penjelajah

Fasilitas penunjang cukup lengkap, sehingga mampu manjakan pengunjung saat liburan di Pantai Taman Kili-kili Trenggalek. Fasilitas itu antara lain mushola, tempat parkir, rumah makan, kamar mandi, dan lain-lain.

Untuk tiket masuknya, pengunjung tak perlu merogoh kocek dalam-dalam. Cukup membayar Rp. 7.500,- saja sudah bisa masuk.

Waktu kunjungan terbaik ke Pantai Taman Kili-kili adalah saat cuaca cerah alias tidak hujan. Cuaca yang cerah memudahkan pengunjung untuk menikmati pemandangan. Di satu sisi akan terlihat jelas langit biru lengkap dengan awan-awan yang menghiasinya.

Terima kasih sudah membaca artikel di Kabar Trenggalek. Semoga ulasan tentang 'Pantai Taman Kili-Kili Trenggalek' ini bisa bermanfaat untuk Anda semua.

Kopi Jimat

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi ditandai dengan *

This site is protected by Honeypot.