Kabar TrenggalekKabar Trenggalek

Press ESC to close

Langsung Petik Durian dari Pohon, Desa Wisata Duren Sari Trenggalek Miliki Bentang Alam Eksotis

Arena Parfum
Kecamatan Watulimo jadi salah satu kawasan di Trenggalek yang memiliki beragam destinasi wisata pantai menarik. Tak ayal, jika tiap tahun dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah, tak terkecuali dari mancanegara.Tak kalah dengan wisata pantainya, di Kecamatan Watulimo Trenggalek juga terdapat desa wisata yang menarik dengan hutan durian terluas di Dunia, yakni Desa Wisata Duren Sari Trenggalek.Perlu diketahui, Desa Wisata Duren Sari Trenggalek memiliki hutan durian seluas 650 hektare. Penetapan jadi hutan durian terluas di Dunia pada tahun 2016 oleh Menteri Pertanian Republik Indonesia.Desa Wisata Duren Sari dirintis sejak tahun 2015, oleh Unik Winarsih, Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Duren Sari. Unik merintis desa wisata tersebut bersama warga setempat. Jatuh bangun dan suka duka selama merintis desa wisata sudah pernah dilalui Unik dan warga.Atas hasil kerja keras dan keuletan, akhirnya pada tahun 2023 Desa Wisata Duren Sari Trenggalek masuk dalam 75 kategori desa wisata terbaik nasional, dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) yang diselenggarakan oleh Kementrian Pariwisata dan Ekonomis Kreatif (Kemenparekraf).Desa Wisata Duren Sari mampu bersaing dari 7.275 desa wisata di seluruh Indonesia, dan yang telah terjaring 4.573 peserta desa wisata ADWI dari seluruh provinsi di Indonesia tahun 2023.Tentu ini jadi prestasi gemilang dan membanggakan bagi warga Trenggalek. Karena proses kurasi desa wisata cukup ketat, mulai 500 besar desa wisata dikerucutkan menjadi 300 desa wisata, hingga terpilih 75 desa wisata terbaik.Sebelum itu, Desa Wisata Duren Sari Sawahan pernah mendapatkan penghargaan sebagai salah satu desa wisata terbaik nasional tahun 2020 dengan konsep CBT (Community Based Tourism).

Kegiatan Seru di Desa Wisata Duren Sari Trenggalek

[caption id="attachment_37820" align=alignnone width=1280] Serunya bermain wahana air di Desa Wisata Duren Sari Trenggalek/Foto: Jedesta Kemenparekraf[/caption]Desa Wisata Duren Sari Trenggalek berada di kawasan perbukitan dan dikelilingi oleh hutan durian. Pemandangan alam di desa wisata tersebut terasa begitu eksotis dan memukau.Selain menikmati keindahan alam yang eksotis, pengunjung juga bisa melakukan kegiatan seru. Yang jadi unggulannya adalah memetik durian secara langsung dari hutan. Jika biasanya kita menikmati durian dengan membelinya dari pedagang. Di Desa Wisata Duren Sari bisa menikmati durian dengan memetiknya langsung dari hutan.[caption id="attachment_37819" align=alignnone width=1280] Ilustrasi pengunjung sedang mengikuti warga memetik durian/Foto: Jedesta Kemenparekraf[/caption]Menikmati buah durian dengan memetiknya secara langsung bisa lebih nikmat. Terutama menikmati buah sembari menyaksikan keindahan alam. Jika berkunjung ke desa wisata ini, jangan lewatkan untuk mencicipi durian ripto.Jika sudah puas menikmati buah durian, pengunjung juga bisa langsung bermain outbound air di sungai. Seperti rivertubing, voli air, tarik tambang air, dan lain-lain.

Waktu Kunjungan Terbaik

[caption id="attachment_37821" align=alignnone width=1361] Melimpahnya buah durian saat musim panen di Desa Wisata Duren Sari/Foto: Jedesta Kemenparekraf[/caption]Desa Wisata Duren Sari Trenggalek buka sepanjang tahun, namun jika Anda ingin berkunjung ke tempat tersebut ada momen yang pas. Yakni pada saat puncak musim panen buah durian.Biasanya, puncak musim panen buah durian jatuh kisaran bulan Juni-Juli. Pada bulan-bulan tersebut, halaman depan rumah warga akan nampak bergunung-gunung buah durian hasil panen.Anda dapat menikmati buah durian dengan membelinya secara langsung dari warga. Selain itu, Anda juga bisa memetiknya langsung di hutan saat berkunjung di Desa Wisata Duren Sari Trenggalek.

Lokasi Desa Wisata Duren Sari

Secara administratif, Desa Wisata Duren Sari ini berada di desa Sawahan kecamatan Watulimo kabupaten Trenggalek. Memiliki jarak tempuh 38 km dari kota Trenggalek atau sekitar 1 jam perjalanan menggunakan sepeda motor.Lokasi Google Maps Desa Wisata Duren Sari Trenggalek:https://maps.app.goo.gl/gHVhWiEi4Wkmkb1DA
Kopi Jimat

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi ditandai dengan *

This site is protected by Honeypot.