Kabar TrenggalekKabar Trenggalek

Press ESC to close

Jadwal Sholat Trenggalek Hari Ini, Senin 26 Juni 2023

Salah satu ibadah wajib bagi umat Islam adalah sholat. Setiap hari, umat Islam menjalankan ibadah sholat wajib atau sholat 5 waktu, yang terdiri dari sholat subuh, dzuhur, ashar, maghrib, dan isya.

Umat Islam juga dianjurkan untuk sholat tepat waktu. Oleh karena itu, kami menyampaikan informasi jadwal sholat Trenggalek hari ini, supaya umat Islam bisa menjalankan ibadah sholat tepat waktu.

Secara bahasa, arti dari sholat adalah berdoa. Kemudian, secara penjelasan umumnya, sholat adalah suatu perbuatan serta perkataan yang dimulai dengan takbir dan diakhiri dengan salam sesuai dengan persyaratan yang ada.

Sholat termasuk ke dalam rukun Islam. Rukun Islam ada 5 yaitu syahadat, sholat, zakat, puasa, dan naik haji. Umat Islam yang menjalankan sholat berjamaah akan mendapatkan ganjaran pahala sebanyak 27 kali lipat. Jika sholat sendiri, pahala yang didapatkan hanya 1.

Ibadah sholat memiliki fungsi sebagai tiang agama umat Islam. Dalam kehidupan sehari-hari, umat Islam percaya bahwa sholat bisa mencegah perbuatan keji dan mungkar. Sholat juga menjadi kunci surga dan kunci dalam berdoa.

Jadwal Sholat Trenggalek Hari Ini Senin 26 Juni 2023

  • Imsak Trenggalek 04:15
  • Subuh Trenggalek 04:25
  • Matahari terbit Trenggalek 05:43
  • Duha Trenggalek 06:12
  • Zuhur Trenggalek 11:39
  • Asar Trenggalek 14:59
  • Maghrib Trenggalek 17:29
  • Isya' Trenggalek 18:43

Keutamaan Sholat Tepat Waktu

1. Dicintai oleh Allah SWT

Bukti umat Islam mencintai Allah SWT adalah dengan bergegas menjalankan ibadah solat wajib saat waktunya sudah tiba. Jika umat Islam mencintai Allah SWT, maka Allah SWT pun akan mencintai umat Islam juga. Oleh karena itu, umat Islam perlu menjaga sholatnya agar bisa terus rajin solat di awal waktu. Umat Islam biasanya meninggalkan segala pekerjaan saat waktu solat telah tiba.

2. Mendapatkan Balasan Surga

Balasan bagi umat Islam yang menyegerakan solatnya adalah surga. Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Abu Daud dari Abu Qatadah bin Rib’iy, bahwa Rasulullah SAW bersabda: “Allah Ta’ala berfirman: Sesungguhnya Aku mewajibkan umatmu solat lima waktu, dan Aku berjanji bahwa barangsiapa yang menjaga waktu-waktu solat pasti Aku akan memasukkannya ke dalam surga, dan barangsiapa yang tidak menjaga solatnya, maka dia tidak mendapatkan apa yang aku janjikan”.

3. Dosanya akan Diampuni oleh Allah SWT

Keutamaan sholat wajib tepat waktu adalah dosanya akan diampuni oleh Allah. Sebab umat Islam yang sholat tepat waktu adalah orang yang memprioritaskan Allah SWT di atas segalanya. Umat Islam itu yang mengikhlaskan waktunya untuk menghadap Allah SWT, maka dosa-dosanya akan digugurkan. Pekerjaan di dunia bisa dikejar, tapi waktu solat yang terlewat jelas tak akan didapatkan kembali.

4. Memperoleh Pahala Kebaikan yang Amat Besar

Sholat wajib tepat waktu memiliki pahala yang amat besar. Oleh karena itu umat Islam dianjurkan tidak menyia-nyiakan kesempatan itu untuk memperoleh pahala kebaikan. Sholat lima waktu juga tidak akan menghabiskan semua waktu milik umat Islam. Setelah selesai solat, umat Islam masih bisa menyelesaikan semua kegiatan atau pekerjaannya.

5. Mendapatkan Sembilan Macam Kemuliaan

Bagi umat Islam yang menyegerakan sholat wajib, maka akan mendapatkan sembilan kemuliaan, yaitu dicintai oleh Allah SWT, badannya akan selalu diberi kesehatan, dan dimana pun keberadaannya selalu dijaga oleh para malaikat.

Selain itu, umat Islam yang sholat wajib tepat waktu, rumahnya akan selalu diberkahi, wajahnya menampakkan jati diri seorang muslim yang shalih, serta hatinya akan dilunakkan oleh Allah SWT.

Kemudian, umat Islam itu akan dipermudah saat menyeberang jembatan Shirath seperti kilat, dia akan diselamatkan Allah SWT dari panasnya api neraka, dan Allah SWT akan menempatkannya di surga-Nya.

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi ditandai dengan *