Kabar TrenggalekKabar Trenggalek

Press ESC to close

Profil Singkat Persiga Trenggalek, Pernah Juara Apa Saja?

Kubah Migunani

Persatuan Sepak Bola Indonesia Trenggalek atau lebih dikenal dengan Persiga Trenggalek, merupakan nama klub sepak bola asal Bumi Menak Sopal.

Persiga Trenggalek beridiri sejak tahun 1982, dan kini bermarkas di Stadion Menak Sopal. Sebuah stadion yang diambil dari nama leluhur asal Trenggalek, yakni Kanjeng Menak Sopal.

Persiga Trenggalek beridiri kurang-lebih sejak 41 tahun yang lalu. Berdiri sebagai penggalian potensi pemuda Kutho Tempe Kripik dalam menyepak Si Kulit Bundar.

Berdirinya Persiga Trenggalek mendapatkan dukungan dari masyarakat. Bahkan, sebagai klub lokal Persiga telah mempunyai julukan untuk sporternya, yakni Galak Mania.

Memang, memiliki klub sepak bola daerah menjadi semangat tersendiri bagi masyarakat Trenggalek. Khususnya bagi penggemar sepak bola.

Julukan Persiga Trenggalek

Persiga Trenggalek memiliki julukan yang disematkan pendukung padanya. Julukan ini selain sebagai harapan, sekaligus menjadi kecintaan masyarakat terhadap Persiga Trenggalek.

Laskar Menak Sopal

Persiga Trenggalek memiliki julukan Laskar Menak Sopal. Sebuah julukan yang disematkan oleh pendukungnya sebagai bentuk penghormatan dan rasa cinta.

Menak Sopal adalah tokoh ternama di Trenggalek. Oleh karena itu di beri julukan kepada Persiga Trenggalek.

Kata "Laskar" jika mengacu dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) memiliki arti tentara, kelompok, serdadu, dan pasukan.

Jika diartikan secara harfiah, Laskar Menak Sopal memiliki makna, bahwa Pesrsiga Trenggalek merupakan serdadu yang memiliki semangat Menak Sopal.

Seperti yang kita ketahui, Menak Sopal merupakan pahlawan asal Trenggalek yang telah menyejahterakan rakyat.

Menak Sopal telah berjasa dalam membuat irigasi persawahan dan mengeringkan rawa-rawa agar bisa menjadi pemukiman. Untuk mekakukan itu, Menak Sopal membuat Dam Bagong.

Gajah Putih

Selain Laskar Menak Sopal, Persiga Trenggalek juga memiliki julukan Gajah Putih. Yang mana Gajah Putih ini masih memiliki keterkaitan dengan Menak Sopal.

Julukan ini bersumber dari mitos antara Mbok Rondo Krandon asal Ponorogo dan Menak Sopal. Gajah putih adalah hewan yang dikorbankan Oleh Menak Sopal untuk kesejahteraan Kabupaten Trenggalek.

Julikan Gajah Putih memiliki dapat dimaknai sebagai semangat pengorbanan oleh tim Persiga Trenggalek untuk memajukan sepak bola Trenggalek.

Pengorbanan yang dimaksud ini memiliki bentuk. Seperti giat latihan di lapangan, berjuang sekuat tenaga, dan lain-lain.

Prestasi Persiga Trenggalek

Selama kiprahnya, Persiga Trenggalek telah menorehkan prestasi yang bisa membuat warga Trenggalek bangga dan terus memberikan dukungan. Prestasi tersebut yakni:

  • Divisi Tiga Liga Indonesia 2012: Juara 1
  • Liga 3 2018: Juara 1 Regional Jawa Timur

Suporter Galak Mania

Nama suporter Persiga Trenggalek adalah Galak Mania. Mereka selalu setia mendukung tim kebanggaannya. Dukungan Galak Mania tidak hanya ditunjukkan di kandang sendiri. Tapi, di kandang suporter Galak Mania juga selalu setia menemani tim kebanggaannya bermain.

Seperti suporter pada umumnya, Galak Mania mendukung Persiga Trenggalek dengan teriakan, nyanyian, maupun yel-l-yel yang bersemangat. Irama yel-yel yang disuarakan mampu membakar semangat pemain Laskar Gajah Putih.

Demikian ulasan profil singkat Persiga Trenggalek. Semoga artikel dari Kabar Trenggalek ini bermanfaat untuk Anda semua.

Kopi Jimat

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi ditandai dengan *

This site is protected by Honeypot.