Kabar TrenggalekKabar Trenggalek

Press ESC to close

Potret Goa Ngerit Trenggalek, Wisata Alam dengan Kemegahan Bebatuan Karst Eksotis

Omong-omong soal wisata paling terkenal dari Kabupaten Trenggalek, maka kebanyakan akan mengatakan wisata pantai. Namun, ada banyak wisata alam Trenggalek yang bisa menjadi tempat liburan Anda. Salah satu wisata alam Trenggalek itu adalah Goa Ngerit Trenggalek atau Ngerit Stone Park.

Goa Ngerit merupakan wisata alam Trenggalek yang menyuguhkan megahnya bebatuan karst dan goa. Lokasinya berada di balik perbukitan yang terletak di Desa Senden, Kecamatan Kampak, Kabupaten Trenggalek.

Ngerit Stone Park akan memberikan pengalaman wisata yang tak terlupakan kepada pengunjung. Sejauh mata memandang, Anda akan melihat megahnya bebatuan karst nan eksotis.

Bebatuan yang ada di Goa Ngerit tergolong bebatuan karst. Memiliki ukuran yang besar dan menjulang tinggi dengan lekukan alurnya unik ini adalah maha karya alam selama jutaan tahun.

Suara gemercik air sungai menemani Anda selama berlibur di Ngerit Stone Park. Airnya yang jernih seperti kaca begitu menyegarkan. Membuat siapapun ingin berendam karena kesejukan airnya.

Potret Goa Ngerit

Pengunjung sedang berfoto di dekat sungai Goa Ngerit/Foto: Att.muftika (Instagram)

Memasuki area Wisata Ngerit, pengunjung disambut batu besar yang menjulang tinggi dari kejahuan. Bak di negeri dongen, diantara bebatuan tersebut ada pohon dan tumbuhan yang memaksa untuk tumbuh.

Di celah batu paling besar, nampak pohon Pucung yang hidup di sela-selanya. Batang dan akarnya menembus masuk melalui celah bebatuan karst.

Setelah melewati gerbang loket, Anda akan diajak menyusuri jalan setapak. Sepanjang jalan akan ditemani batu-batu dan tumbuhan. Nampak juga pohon bambu dari kejahuan yang menari-nari terkena hempasan angin.

Jalan mulai menurun, beberapa saat kaki melangkah sudah ada gazebo dan bangku untuk tempat duduk. Tempat ini biasanya dijadikan rehat pengunjung sembari menikmati indahnya alam di Goa Ngerit.

Potret pengunjung sedang meleati celah di Goa Ngerit/Foto: Ikangkf (Instagram)

Pada jalanan yang turun ini, ada anak tangga yang melewatu celah sempit, namun cukup aman dan muat untuk dilalui. Saat melewati celah ini, pengunjung seolah dibawa melewati gerbang menuju negeri dongeng.

Cahaya merambat masuk dari depan. Nampak ujung dari celah ini dan suara gemercik air mulai terdengar.

Jembatan di Goa Ngerit yang melintas di atas sungai/Foto: Putri Aulia (Instagram)

Ada jembatan bambu yang melintas di atas sungai. Dari sini bisa terlihat air terjun dan sebuah cekungan sungai yang terkadang berwarna hijau.

Dari sini makin nampak kemegahan landscape dari Goa Ngerit. Batuan karst, tumbuhan yang hidup di celahnya, dan gemercik air sungai merupakan paduan keindahan alam.

Tampak dari bawah jembatan yang melintas di atas sungai/Foto: Adil

Biasanya pengunjung banyak menghabiskan waktu di sini. Meneruskan jalan untuk turun dari jembatan dan duduk di pinggiran sungai.

Jika ingin masuk ke dalam goa tinggal mengikuti petunjuk arah yang ada. Namun, kabanyakan memilih untuk menikmati keindahan luar Goa Ngerit.

Ada beberapa aktivitas yang bisa dilakukan di Goa Ngerit. Seperti mengambil video travel, foto instagramable, dan duduk-duduk di atas batu atau bangku yang tersedia.

Pengunjung sedang berfoto di kawasan Goa Ngerit/Foto: Airy Jean (Instagram)

Menikmati secangkir kopi atau minuman lainnya dan duduk-duduk menikmati indahnya alam merupakan pengalaman yang menyenangkan. Apalagi jika ditemanai teman, sahabat, keluarga atau pacar.

Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan ketika berada di Goa Ngerit ini. Yakni tetap berhati-hati jika berfoto di atas batu. Karena bebatuannya cukup terjal dan memiliki sudut-sudut yang runcing.

Selain itu, ada kepercayaan lokal, hampir bisa dipastikan di setiap tempat ada, yakni menjaga sopan santun dan tidak mengucapkan kalimat buruk.

Namun itu bukan suatu penghalang untuk menikmati indahnya alam di Goa Ngerit. Jadi, kapan Anda akan pergi ke Goa Ngerit? Jika belum tahu lokasinya ada di sini.

Terima kasih sudah membaca artikel di Kabar Trenggalek. Semoga ulasan tentang 'Potret Goa Ngerit' ini bisa bermanfaat untuk Anda semua.

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi ditandai dengan *