BerandaNewsWisataWisata Berbasis Konservasi Alam Kedung Gede, Satu Satunya di Trenggalek

Wisata Berbasis Konservasi Alam Kedung Gede, Satu Satunya di Trenggalek

Terbit:

advertisement

Kabar Trenggalek Tidak terlalu jauh dari kota untuk menuju Kedung Gede di Desa Sumurup, Kecamatan Bendungan, Kabupaten Trenggalek, Senin (15/08/2022).

Berkunjung ke wisata camping Kedung Gede, wisatawan hanya butuh waktu 35 menit dari Alun-Alun Trenggalek, untuk menuju lokasi yang langsung bersentuhan dengan air dan alam itu.

advertisement

Fikri Rohmanudin, salah satu koordinator wisata camping Kedung Gede, mengatakan untuk menghidupi daya tarik wisata rintisan anak desa, dirinya membuat kegiatan yang berbasis konservasi alam.

“Konsep kami adalah camping ceria jadi dalam kegiatan itu nantinya ada tanam pohon dan bersih bersih sungai di dekat area wisata camping kedung gede,” jelas Udin saat dikonfirmasi melalui sambungan telepon.

Udin mencatat, selama ini sudah 3 kali kegiatan konservasi alam dilakukan. Partisipasi dari masyarakat yang mengikuti camping ceria lumayan tinggi, sehingga kegiatan itu menjadi terobosan dari pengelola Kedung Gede.

Wisatawan bercengkrama di Kedung Gede Trenggalek
Wisatawan bercengkrama di Kedung Gede Trenggalek/Foto: Kabar Trenggalek
advertisement

Udin sudah menjalankan wisata camping Kedung Gede itu selama dua tahun. Dirinya mengungkapkan tidak akan membangun wujud fisik di sekitar tempat camping Kedung Gede.

“Alam itu sudah indah jadi tak perlu diperindah dengan bagunan permanen di sekitarnya, jadi konsep kedung gede, pure, murni alam,” tegasnya.

Udin berkomitmen untuk menjaga keseimbangan alam dan ekonomi tanpa harus mengubah bentuknya. Wisata camping Kedung Gede bisa berjalan dengan suguhan keindahan alam.

“Contohnya camping ceria, peserta tak harus merogoh kocek terlalu dalam alias biaya seikhlasnya dan setelah sampai disini kompensasinya adalah konservasi alam,” papar Udin.

advertisement

Tak hanya konservasi alam, Udin juga memperhatikan pertanian yang ada di sekitar Kedung Gede. Udin menegaskan bahwa dirinya saat ini sedang menggagas pertanian agroteknologi.

“Kami akan menggandeng pihak terkait untuk pertanian agroteknologi itu nantinya,” ujarnya.

Kabar penting, selain camping di Kedung Gede, saat ini wisatawan juga bisa menikmati arum jeram sungai di lereng wilis. Lantaran, ada dukungan fasilitas dari pihak Desa Sumurup.

advertisement

Berita Baru

Segera Hadir! Inilah Spesifikasi Vivo V25e HP Kamera Berkemampuan Unggul

Kabar Trenggalek - Vivo V25e dipastikan hadir di Indonesia pada 3 Oktober 2022 mendatang....

Atasi Tindak Pemalsuan, Korlantas Polri Akan Terbitkan BPKB Elektronik

Kabar Trenggalek - Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri akan segera menerbitkan Buku Pemilik Kendaraan...

Pemilik Motor 250cc Keatas Harus Membuat SIM CI dan CII, Ini Syaratnya

Kabar Trenggalek - Pemilik kendaraan bermotor roda 2 dengan kapasitas mesin 250 cc keatas...

Viral Hari ini

Khidmat, Peringatan Kemerdekaan Bancakan di Pinggir Jalan Trenggalek

Kabar Trenggalek - Tradisi yang melekat tak bisa begitu saja ditinggalkan dalam peringatan kemerdekaan...

Berita Terkait